Pemain Persija Jakarta Resky Fandi (kiri) berebut bola dengan pemain PSS Sleman K Hamisi (tengah) pada pertandingan Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Sabtu (16/12/2023). | ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

Olahraga

Tiga Pemain Absen, Persija Tetap Pede Hadapi Arema

Arema menyiapkan strategi menyerang melawan Persija.

GIANYAR -- Persija Jakarta meyakini akan tetap solid di lapangan meski beberapa pemain andalannya absen menghadapi Arema FC pada laga ke-26 Liga 1 Indonesia di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali, Senin (26/2).

"Kami tidak masalah karena kami mempercayai tim yang ada," kata Pelatih Kepala Persija Jakarta Thomas Doll dalam jumpa pers untuk pertandingan menghadapi Arema FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta Kabupaten Gianyar, Bali, Ahad (25/2/2024).

Ia mengungkapkan ada tiga pemain absen yakni Gustavo Almeida yang terpaksa istirahat sementara karena akumulasi tujuh kartu kuning. Striker asal Brasil itu merupakan pemain Arema FC yang saat ini berstatus pinjaman di Persija Jakarta.

photo
Pesepak bola Persija Jakarta Maciej Jacek Gajos berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Persita Tangerang dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Ahad (3/12/2023). Pertandingan berakhir imbang dengan skor 1-1. - (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Pemain kedua adalah Resky Fandi yang juga mengoleksi tujuh kartu kuning. Selain itu, ada juga Hansamu Yama Pranata yang absen karena cedera lutut kiri saat melawan Borneo FC Samarinda pada pekan ke-24 Liga 1 2023/2024 pada 6 Februari 2024.

Doll menyebutkan ia memprioritaskan pemain yang ada saat ini, di antaranya Marko Simic yang juga banyak mencetak gol bagi tim dengan julukan Macan Kemayoran itu.

Sementara itu, jelang laga ke-26 menghadapi tim tuan rumah Arema FC, Doll mengakui timnya tidak memiliki banyak persiapan. Macan Kemayoran hanya melakukan regenerasi pemain yang lama tidak merumput dan latihan tim kecil karena jeda yang mepet setelah tiga hari lalu melawan Madura United dengan hasil minor.

Ia pun menyebut Persija Jakarta tidak layak untuk kalah 0-1 dari lawannya Madura United pada laga ke-25 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali pada Kamis (22/2).

"Tidak banyak persiapan hanya regenerasi menjadi dua grup. Satu grup latihan dengan 10 pemain karena mereka lama tidak main dan sisanya yang kemarin berlaga, jadi lebih regenerasi, tidak ada hal khusus," ucapnya.

Senada dengan sang pelatih, pemain Persija Marko Simic juga mengakui tidak banyak persiapan. "Kami tetap melakukan kerja keras untuk hasil positif," ucap stiker asal Kroasia itu.

Baik Arema FC dan Persija Jakarta untuk sementara menggunakan Stadion Kapten I Wayan Dipta Kabupaten Gianyar, Bali sebagai markas sementara mereka.

photo
Pesepak bola Arema FC Flabio Soares (kiri) berusaha melewati pesepak bola PSIS Semarang Alfeandra Dewangga (tengah) dan Haykal Alhafiz (kanan) pada pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (5/2/2024). - (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Arema menjadikan Bali sebagai kandang sementara karena Stadion Gajayana Malang dalam tahap renovasi. Sedangkan Persija untuk sementara belum dapat mengadakan pertandingan kandang di Jakarta karena situasi belum memungkinkan setelah pelaksanaan Pemilu 2024, sedangkan stadion terdekat masih dalam renovasi.

Arema FC dijadwalkan menjamu Persija Jakarta pada Senin (26/2) pukul 16.00 Wita di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali. Saat ini, Persija berada di peringkat ke-12 dengan 32 poin klasemen sementara Liga 1 Indonesia.
Sedangkan, Arema berada di posisi ke-16 dengan mengoleksi 24 poin dan masih berada di zona merah degradasi.

Arema FC menyatakan bakal menjalankan siasat menyerang dan ritme permainan yang lepas untuk bisa mengamankan tiga poin kemenangan melawan Persija Jakarta.
"Saya harap pertandingan besok akan lebih menghibur, terjadi jual beli serangan," kata Pelatih Kepala Arema FC Widodo Cahyono Putro.

Widodo juga mengarahkan para pemain untuk lebih jeli memanfaatkan peluang meski peluang tersebut kecil agar bisa dikonversi menjadi gol. Untuk itu, ia meminta kepada pemain untuk bermain lepas di lapangan karena bermain di kandang sendiri.

"Saya harap pemain tidak takut kalah, main lepas saja apalagi ini main di kandang, jadi tiga poin adalah wajib buat kami," imbuhnya.

Ia memprediksi melawan Persija akan berlangsung ketat karena kedua tim mengejar poin baik Arema yang ingin segera keluar zona degradasi dan Persija yang kebobolan poin pada beberapa pertandingan sebelumnya melawan Borneo dan Madura United.

photo
Pesepak bola Arema FC Charles Almeida (ketiga kanan) bersama rekan setim berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Persis Solo pada pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (9/12/2023). - (Antara/Nyoman Hendra Wibowo)

Meski begitu, Widodo mengaku mengantongi ciri khas permainan lawannya dengan julukan Macan Kemayoran itu di antaranya dari segi penempatan pemain.

"Persija punya cara bermain ciri khas mereka lebar dari dua full bek karena terbiasa mereka dengan lima bek di belakang, dua bek full. Bukan hanya Persija, kami akan mempertahankan supaya Persija tidak bisa ambil poin tapi pemain kami sudah siap," ucapnya.

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat