Kebersihan kamar hotel (ilustrasi) | Unsplash/Steven Ungerman

Gaya Hidup

Berdayakan Rumah Jadi Penginapan, Begini Trik Agar Cuan

Penting juga bagi pemilik rumah untuk memberikan beragam deskripsi mengenai tempat yang mereka sewakan.

Saat ini, banyak orang membutuhkan pemasukan sampingan untuk menunjang kehidupan. Pemasukan sampingan ini bisa datang dari mana saja, termasuk rumah. Cara yang paling umum untuk mendapatkan pemasukan sampingan dari rumah adalah dengan menyewakan rumah atau kamar kosong sebagai tempat menginap.

Menyewakan rumah atau kamar sebagai penginapan ini bisa dilakukan melalui beragam platform daring, seperti Airbnb. Dengan menyewakan rumah atau kamar melalui platform daring seperti Airbnb, pemilik rumah bisa mendapatkan pemasukan yang cukup besar.

Menurut laporan dari Earnest, host Airbnb rata-rata bisa mendapatkan pemasukan sekitar 924 dolar AS atau sekitar Rp 14,35 juta per bulan.


Namun, pemasukan yang bisa diperoleh dari menyewakan rumah tentu akan dipengaruhi oleh beragam faktor. Sebagian di antaranya adalah frekuensi penyewaan, kualitas rumah, serta layanan yang disediakan.

photo
Kamar hotel (ilustrasi) - (Unsplash/Gabriel Alenius)


Meski ingin memberikan yang terbaik, pemilik rumah sebaiknya tidak terbawa suasana dan menghabiskan terlalu banyak uang untuk melakukan renovasi atau remodeling dan berharap langsung mendapatkan banyak pemasukan. Ada kalanya, rumah atau kamar yang disewakan secara daring dipasarkan dengan biaya sewa yang relatif rendah. "Ini bukanlah model bisnis yang cerdas," ungkap pembawa acara "Cash Pad", Jojo Fletcher, seperti dilansir CNBC pada Kamis (14/12/23).


Untuk bisa mengoptimalkan rumah sebagai tempat menginap, ada tujuh hal yang perlu dilakukan. Berikut ini adalah ketujuh hal tersebut.


Persiapan


Lakukan perbaikan pada area rumah yang akan disewakan sebagai tempat menginap. Selain itu, urus beragam perizinan yang diperlukan agar rumah bisa secara sah dioperasikan sebagai tempat menginap. "Sering kali, Anda perlu memberitahu pemerintah daerah bahwa Anda menyewakan rumah Anda," ungkap pendiri Airbnb Hell, Dan Weber.


Rapikan

photo
ILUSTRASI Petugas housekeeping membersihkan salah satu kamar di sebuah hotel syariah di Tebet, Jakarta. - (Republika/Rakhmawaty L)


Setiap tamu tentu menginginkan kenyamanan saat menginap di sebuah kamar atau rumah. Oleh karena itu, pemilik rumah perlu merapikan area rumah yang akan disewakan agar terasa lebih nyaman.


Pemilik rumah yang hanya menyewakan kamar sebaiknya melakukan investasi dengan membeli kasur baru. Pastikan semua fasilitas yang tersedia di kamar tersebut adalah perabotan yang relatif baru dan bersih, sehingga bisa bersaing dengan pengusaha penginapan lain.


Foto Menarik


Promosikan rumah atau kamar yang ingin disewakan dengan foto-foto yang menarik. Bila perlu, gunakan jasa fotografer profesional untuk memotret berbagai area rumah dan kamar yang akan disewakan. Pastikan foto yang ditampilkan dalam platform daring menonjolkan aspek-aspek unik yang ditawarkan oleh penginapan.


Beri Deskripsi


Selain menyediakan foto yang menarik, penting juga bagi pemilik rumah untuk memberikan beragam deskripsi mengenai tempat yang mereka sewakan. Deskripsi ini bisa berupa fasilitas-fasilitas spesifik yang tersedia tanpa melebih-lebihkan, sehingga ekspektasi tamu tidak jauh lebih tinggi dari kenyataan.


Beri Pengalaman Baik Saat Check In

photo
ILUSTRASI Hotel syariah - (Republika, Agung Supriyanto)


Proses Check in sebenarnya dimulai sejak sebelum tamu tiba di penginapan. Sesaat setelah tamu melakukan transaksi sewa rumah atau kamar secara daring, pemilik rumah sebaiknya melakukan kontak secara personal dengan tamu. Melalui kontak ini, pemilik rumah dapat memberikan informasi-informasi penting bagi tamu, seperti rute menuju tempat penginapan hingga lokasi stasiun kereta terdekat dari tempat penginapan.


Perlengkapan Berkualitas dan Lindungi Investasi


Sediakan perlengkapan menginap yang berkualitas baik untuk tamu, mulai dari seprai, handuk, sabun dan sampo, hingga garam dan lada di area dapur bersama. Bila memungkinkan, sediakan pula fasilitas smart TV sekaligus instruksi lengkap mengenai cara mengoperasikan televisi.


Di sisi lain, pemilik rumah juga sebaiknya memiliki perlindungan terhadap rumah atau kamar yang mereka investasikan sebagai penginapan. Salah satunya dengan memiliki asuransi.


Jaga Kebersihan


Kenyamanan tak akan tercipta tanpa kebersihan. Karena itu, selalu jaga kebersihan area-area rumah dan kamar yang disewakan kepada tamu. Bila perlu, pemilik rumah bisa menyewa jasa pembersih untuk melakukan pembersihan yang relatif sulit. 

 

 
Bila perlu, gunakan jasa fotografer profesional untuk memfoto area kamar yang disewakan
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Rekomendasi Film Horor untuk Mengisi Liburan Akhir Tahun

Desember 2023 ini, ada sejumlah katalog tayangan horor terbaru yang berdekatan dengan musim liburan.

SELENGKAPNYA

Carbon Passport, Siap Merevolusi Bagaimana Kita Liburan pada Masa Depan

Gagasan paspor karbon berfokus pada jatah karbon tahunan yang harus dipatuhi oleh semua wisatawan.

SELENGKAPNYA

Panduan Nyaman Liburan Bersama Keluarga Besar

Untuk mencapai liburan keluarga yang memuaskan semua pihak, perbedaan itu perlu disadari.

SELENGKAPNYA