Pengembangan Wisata Yogyakarta. Pengunjung menikmati pemandangan Embung Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta, Senin (15/7/2019). Kawasan wisata Gunung Nglanggeran berbenah menjadi ikon wisata baru Yogyakarta. Seperti penambahan ampitheathre baru, dan perb | Republika/ Wihdan

Geni

Mengajak Orang Jatuh Cinta dengan Indonesia Lewat Sinema

Pelancong tidak cuma menikmati pemandangan alam, tetapi juga menikmati hal lain dari destinasi wisata.

Mendengar penggalan lagu "Laskar Pelangi", hampir pasti para penikmat film Indonesia bakal terkenang sinema berjudul sama. Sinema menyentuh hati tentang perjuangan mengenyam pendidikan ini, menceritakan tokoh Ikal dan kawan-kawan di Pulau Belitung.

Begitu mengingat lagi film Laskar Pelangi, penggemar sinema bisa otomatis menyebutkan di mana latar lokasi kisahnya. Hamparan pantai indah dan bentang alam di Belitung tempat Ikal dan Laskar Pelangi bermain-main segera muncul di benak.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat memberikan contoh betapa film merupakan sarana efektif untuk mempromosikan tempat wisata. Masih banyak kasus lain di mana suatu film membuat lokasi syutingnya menjadi populer.

"Sangat efektif dan luar biasa sekali untuk mempromosikan tempat wisata. Ketika saya menyebutkan Laskar Pelangi, tidak usah dikasih tahu lagi, orang akan mengingat Belitung, meski film itu sudah tayang bertahun-tahun lalu," kata Sandiaga kepada Republika, Senin (11/12/2023).

photo
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia mengumumkan kerja sama dengan Prime Video pada rangkaian konferensi pers The Weekly Brief with Sandi Uno (WBSU) di Sapta Pesona Building, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2023). - (Republika/Shelbi Asrianti)

Pria 54 tahun kelahiran Pekanbaru itu mencontohkan judul film berikutnya, yakni tayangan drama komedi Onde Mande! yang dibintangi Shenina Cinnamon dan Jajang C Noer. Sandiaga mengatakan, film itu pun meningkatkan minat kunjungan ke Danau Maninjau, Sumatra Barat.

Jika minat kunjungan meningkat, berbagai aspek, disebutkan Sandi, turut terdampak positif. Sebab, pelancong tidak cuma menikmati pemandangan alam, tetapi juga menikmati hal lain dari destinasi wisata, seperti berburu kuliner dan berbagai industri hospitality.

Pada rangkaian konferensi pers "The Weekly Brief with Sandi Uno (WBSU)" di Sapta Pesona Building, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2023), tersebut, Sandiaga juga menyampaikan proyeksi wisata 2024. Tujuan wisata yang diunggulkan tahun depan di antaranya Bali serta lima destinasi super prioritas (DSP).

Data Wisatawan RI ke Negara Tetangga Rekan Israel - (Republika)

  ​

Lima DSP yang dimaksud, antara lain Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Danau Toba di Sumatra Utara, dan Likupang di Sulawesi Utara. Sandiaga mengatakan, pihaknya telah menyiapkan program insentif untuk sineas yang melakukan syuting film di destinasi wisata, utamanya destinasi super prioritas.

"Mudah-mudahan program ini disetujui Kemenkeu. Sineas yang syuting film di destinasi wisata, terutama DSP, atau yang mengangkat promosi pariwisata, akan mendapat insentif," ujar Sandiaga.

Kolaborasi dengan Platform Streaming

photo
Kerja sama Kemenpar dan Prime Video dalam mempromosikan wisata Indonesia melalui film. - (Dok Prime Video)
 

Kemenparekraf kini juga berkolaborasi dengan layanan video streaming global Prime Video dalam mempromosikan pariwisata, ekonomi kreatif, cerita, dan talenta Indonesia ke audiens global. Deretan film, serial, dan konten karya anak bangsa akan ditayangkan melalui layanan streaming Prime Video yang hadir di lebih dari 240 negara dan wilayah di seluruh dunia.

Director Prime Video Southeast Asia, David Simonsen, mengatakan kemitraan tersebut memperkuat komitmen Prime Video untuk menghadirkan cerita dan talenta Indonesia melalui konten eksklusif dan Original asal Indonesia pada audiens global. Selain itu, Prime Video juga akan memberikan serangkaian pelatihan pengembangan kapasitas untuk memberdayakan sineas Indonesia. 

Simonsen menyampaikan, Prime Video selalu berupaya untuk menjadi pendukung dan penggerak industri kreatif. Ada ruang untuk setiap cerita, yang bisa terus diperkaya jika lebih banyak pembuat cerita bersemangat menemukan pelatihan, platform, dan sumber daya yang dibutuhkan untuk membantu mereka menelurkan karya-karya terbaik.

"Kami sangat bersemangat untuk menjalin lebih banyak kerja sama dengan talenta-talenta Indonesia dan membagikan kisah mereka ke seluruh dunia. Film juga sangat mampu untuk memperkenalkan budaya dan keberagaman," ujar Simonsen.

photo
Foto udara Jembatan Kuning yang menghubungkan Pulau Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan di Klungkung, Bali, Minggu (29/8/2021). Jembatan Kuning merupakan satu-satunya jembatan yang menjadi akses penghubung masyarakat antar dua pulau itu sekaligus menjadi salah satu ikon pariwisata di kawasan tersebut. - (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Selain memperkenalkan lokasi wisata lewat film, kerja sama antara Kemenparekraf dan Prime Video juga bertujuan memberdayakan pelaku industri perfilman dan memajukan ekonomi kreatif. Prime Video terus mencari kreator muda dan membantu mereka melalui mentorship dan workshop.  

Senior Development Executive Prime Video, Tina Arwin, menyampaikan bahwa terdapat sejumlah proyek yang digagas Prime Video bersama sineas Indonesia. Sebagian sudah berlangsung dan telah dirilis, sementara sebagian lain akan dihadirkan ke publik secara bertahap.

"Tantangan yang kami hadapi, juga dihadapi oleh pelaku industri secara meluas, yakni bagaimana mendapatkan lebih banyak talent. Bukan hanya orang-orang di depan layar, tetapi juga di balik layar," ujar Tina.

Pada September 2023, Prime Video mengumumkan daftar konten lokal yang ditayangkan hingga pengujung 2023. Daftar itu terdiri atas 13 judul baru konten Indonesia eksklusif dan orisinal yang diluncurkan setiap pekan antara 5 Oktober dan 28 Desember 2023. 

Termasuk di antaranya serial Original Indonesia pertama dari Prime Video, "Comedy Island Indonesia", yang digarap melalui kolaborasi dengan Base Entertainment. Serial itu memadukan format scripted dan unscripted, lantas disajikan dalam enam episode.

Tayangan itu menawarkan tantangan komedi situasional yang unik dan kreatif. Serial dibintangi sejumlah aktor dan komedian Indonesia ternama, seperti Tora Sudiro, Asri Welas, Cinta Laura Kiehl, Nirina Zubir, Aming, Tretan Muslim, Dustin Tiffani, Mamang Osa, Uus, Onadio Leonardo, dan Muzakki Ramdhan.

Selain "Comedy Island Indonesia", Prime Video menghadirkan reboot acara game show Jepang ikonik Takeshi’s Castle yang melibatkan para aktor pengisi suara lokal. Proses pengisian suara dipimpin oleh Fluxcup, serta menggandeng sejumlah komedian, seperti Wendy Cagur, Kiky Saputri, Imam Darto, Dimas Danang, Soleh Solihun, dan Abdel Achrian.

 

 
13 judul baru konten Indonesia eksklusif siap diluncurkan setiap pekan antara 5 Oktober dan 28 Desember 2023.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Deretan Cerita yang Hampir Mustahil Bertransformasi Menjadi Film

Buku anak-anak bisa jadi genre yang paling sulit untuk diadaptasi menjadi film.

SELENGKAPNYA

Memulai Hidup di Negara Baru Akibat Nonton Film

Banyak orang yang tertarik dengan negara lain dan memutuskan pindah akibat sebuah film.

SELENGKAPNYA

Masa Depan Film Dunia, Konser Musik

Kini, tur musik tidak lagi dapat diakses dengan mudah oleh semua orang,

SELENGKAPNYA