Desainer Feby Ayusta mendesain ulang sampah pakaian atau biasa disebut dengan gaya sustainable fashion di Studio Memossa, Malang, Jawa Timur, Rabu (1/12/2021). Rancangan busana karya Feby disukai konsumen mancanegara terutama di Jepang dan Korea Selatan k | ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/foc.

Gaya Hidup

Inspirasi Baju untuk Tampil Tetap Gaya Ketika Bekerja

Ada banyak gaya pakaian kantor wanita yang bisa dicoba atau dipadupadankan.

Fashion pakaian wanita terus mengalami banyak perkembangan dari masa ke masa, termasuk pakaian untuk ke kantor atau work outfit. Namun, bagi para wanita karier, sering kali bingung menentukan pakaian yang akan dikenakan saat ke kantor.

Tidak jarang, hal tersebut membuat setiap paginya harus berpikir lama untuk memilih pakaian yang akan dipakai agar bisa tetap terlihat berbeda setiap harinya. Seiring perkembangan tren saat ini, terdapat berbagai pilihan fashion item untuk para wanita untuk bisa dipakai ke kantor.

Di antaranya setelan blazer, blus, kemeja, rok, dress, ataupun celana panjang. Pada umumnya, pakaian kantoran yang digunakan harus sesuai dengan budaya kantor dan mencerminkan citra profesional.

photo
Pengunjung mengamati produk busana di pameran Halal Fair di Menara 165, TB Simatupang, Jakarta, Jumat (8/9/2023). Kegiatan halal fair tersebut diselenggarakan oleh PT Grha 165 untuk pertama kalinya dengan mengangkat tema Halal Way To Life yang berlangsung hingga Ahad 10 September 2023 mendatang. Halal fair menyajikan beragam kegiatan seperti talk show dengan tema seputar halal, serta menyuguhkan sebanyak 115 stan UMKM dari beragam produk halal mulai dari makanan, fashion, jasa layanan travel, pariwisata, layanan keuangan, hingga produk kecantikan. - (Republika/Thoudy Badai)

Penting untuk diperhatikan, saat memilih perlu diingat bahwa meskipun pakaian untuk pakaian kantor wanita harus terlihat rapi, tetap nyaman serta fleksibel untuk bergerak dan bekerja dengan mudah. Dalam memilih outfit untuk ke kantor, sebenarnya tidak perlu terlalu bingung jika kita bisa menyesuaikan dengan style yang diinginkan.

Ada banyak gaya pakaian kantor wanita yang bisa dicoba atau dipadupadankan untuk meningkatkan penampilan Anda setiap harinya serta bisa menjadi identitas dan bentuk ekspresi dirimu. Untuk mengatasi kebingungan tersebut, jenama pakaian lokal Executive yang terkenal dengan berbagai koleksi pakaian yang formal menghadirkan rekomendasi work outfit yang bisa jadi inspirasi untuk dikenakan ke kantor pada lima hari kerja.

1. Semangat kerja pada Senin dengan gaya klasik elegan

Busana dengan gaya klasik elegan memiliki kesan formal, rapi, sopan, dan terorganisasi. Gaya ini bisa membuat kamu terlihat berkelas. Style ini mengacu pada gaya berpakaian dengan warna-warna netral yang tidak mencolok sehingga terlihat sederhana dan tidak berlebihan. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by EXECUTIVE (@id_executive)

2. Feminim pada hari Selasa

Untuk Anda yang menyukai tampilan feminim, bisa coba kenakan dress dengan fit yang sesuai dengan bentuk tubuhmu.

3. All black outfit dengan effortlessly chic style pada hari Rabu

Untuk pilihan outfit ke kantor di hari Rabu, Anda bisa coba gaya yang sederhana alias effortlessly chic style dengan memakai blouse dan high-waist pants berwarna hitam atau all black outfit. Terakhir, jangan lupa juga membawa tas berwarna netral yang bisa memaksimalkan gaya Anda.

4. Tampil trendy style di hari Kamis

Trendy style merupakan gaya berpakaian yang mengikuti tren terkini. Gaya ini biasanya menggunakan pakaian dengan potongan yang unik atau motif yang menarik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by EXECUTIVE (@id_executive)

5. Outfit lebih santai pada Jumat

Seiring perkembangan tren, outfit smart casual style bisa menjadi alternatif yang modis untuk dipakai saat bekerja di kantor. Gaya berpakaian ini menggabungkan elemen-elemen formal dan kasual untuk menciptakan tampilan yang terlihat cerdas namun santai.

Untuk mendapatkan gaya smart casual, kamu bisa memadukan pakaian formal seperti blazer atau kemeja dengan pakaian kasual seperti celana jeans atau rok mini. Brand Manager Executive, Caroline Parengkuan, mengatakan, pihaknya menyadari bahwa gaya berpakaian di tempat kerja tidak hanya mencerminkan profesionalisme, tetapi juga membangun identitas. Dengan tampilan yang tepat, kata dia, seseorang pun dapat mengekspresikan kepercayaan diri dan sikap positif.

Intip Tren Jeans

photo
Desainer Feby Ayusta mendesain ulang sampah pakaian atau biasa disebut dengan gaya sustainable fashion di Studio Memossa, Malang, Jawa Timur, Rabu (1/12/2021). Rancangan busana karya Feby disukai konsumen mancanegara terutama di Jepang dan Korea Selatan karena ramah lingkungan serta memakai sampah fashion berbahan dril atau jeans yang dikenal kuat. - (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/foc.)

Jeans adalah celana favorit banyak orang. Tren celana jeans berganti dari waktu ke waktu, misalnya ketika skinny jeans digandrungi selama bertahun-tahun. Ada banyak jenis celana jeans yang berbeda, dengan beragam potongan, panjang, dan warna. 

Misalnya, ada jeans dengan potongan lurus dan longgar, atau yang cukup formal untuk dipadukan dengan kemeja dan blazer. Berikut tren jeans teratas pada 2024 yang diprediksi akan mengemuka, dikutip dari laman Who What Wear, Senin (4/12/2023).

1. Puddle jeans

Jeans ini memiliki panjang ekstra di bagian bawahnya. Puddle jeans agak riskan jika dikenakan saat cuaca diperkirakan akan hujan. Namun, pada hari-hari kering, tidak dapat disangkal bahwa puddle jeans terlihat keren, apalagi ditambah sepatu dengan sol tinggi.

2. Ecru jeans 

Tak hanya untuk musim panas, ecru jeans dengan warna krem ​​​​lembut ini dapat digunakan sepanjang tahun. Untuk kombinasi kontras, coba kenakan jeans ini dengan jaket kulit hitam. Selain itu, ecru jeans cocok saja dipadukan dengan atasan apa pun.

photo
Pemandangan jeans denim merek Levis, di Paris, Prancis, 23 Juni 2018. Tarif balasan UE terhadap barang-barang AS senilai 2,8 miliar euro mulai berlaku pada 22 Juni, untuk melawan inisiatif Presiden AS Donald J. Trump yang mengenakan tarif 25 persen pada baja Eropa dan tarif 10 persen pada aluminium. Tarif balasan yang dikenakan UE terhadap produk-produk AS meliputi sepeda motor, bourbon, jagung, tekstil, jeans, dan jus jeruk. - (EPA-EFE/IAN LANGSDON)

3. Turn-up jeans 

Semakin banyak desainer yang menghadirkan turn-up jeans, dan jenis jeans ini juga cukup populer di kalangan influencer. Bagian bawah turn-up jeans bisa dilipat ke atas, baik dilipat secara manual atau memang sudah menjadi lipatan permanen yang dijahit.

4. Flare jeans

Flare jeans memancarkan daya tarik dan estetika busana tahun 1970-an yang telah menjadi inti mode selama beberapa musim sekarang. Yang dimaksud flare jeans adalah celana jeans yang bagian bawahnya melebar seperti terompet dan dahulu banyak dikenakan oleh para koboi.

5. Indigo-blue jeans

Jeans warna biru pucat dan bergaya vintage telah mendominasi selama beberapa waktu, tetapi tahun depan desainer memprediksi celana jeans berwarna biru indigo yang bakal lebih mengemuka. Jeans ini paling oke jika dipilih dalam siluet longgar dan santai.

6. Ripped jeans

Suka atau tidak suka, nyatanya ripped jeans alias celana jeans dengan model robek-robek dalam berbagai tingkatan terlihat dipakai di mana-mana. Pengamat mode memprediksi ripped jeans masih akan disukai sepanjang 2024, terutama dengan robekan di bagian lutut.

7. Seamed jeans 

Jeans dengan detail aksen jahitan yang kentara atau seamed jeans juga diduga bakal cukup populer di 2024. Ada model seamed jeans yang jahitannya memanjang ke bawah di bagian depan, ada pula yang di bagian belakang celana, atau yang lebih menonjolkan gaya klasik.

 

 
Gaya berpakaian di tempat kerja tidak hanya mencerminkan profesionalisme, tetapi juga membangun identitas.
 
CAROLINE PARENGKUAN, Brand Manager Executive. 
 
 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Fashion Show di Gang Kampung Batik Kauman

Acara ini bagian acara Pre Event Solo Batik Show XV di Kampung Batik Kauman.

SELENGKAPNYA