Spotify dan BTS mempersembahkan pengalaman spesial bagi para pendengarnya lewat fitur My Top 5: BTS Songs. | Dok Spotify

Geni

Army Setia Menanti Member BTS Wamil Hingga 2025

Sebagian Army merasa sedih karena empat orang member BTS berbarengan pergi wamil.

Empat anggota grup idola K-Pop Bangtan Sonyeondan (BTS) bersiap melakukan wajib militer (wamil). Menyusul Jin, J-Hope, dan Suga yang sudah wamil, kini RM, Jimin, V, dan Jung-kook sedang bersiap untuk memulai proses pendaftarannya.

Hal tersebut diumumkan oleh Big Hit Music, manajemen yang menaungi mereka. "Kami meminta cinta dan dukungan kalian untuk RM, Jimin, V, dan Jung-kook hingga mereka menyelesaikan wajib militer dan kembali dengan selamat," ujar perusahaan, yang ditujukan kepada para penggemar.

Seiring kabar itu, tagar #WeWillWaitForYouIn2025 menjadi trending di media sosial X (dulu disebut Twitter). Pada Rabu (22/11/2023) sore, sudah ada 182 ribu unggahan di X yang memuat tagar tersebut. Penggemar BTS yang dijuluki Army membagikannya dalam berbagai postingan.

Sebagian Army merasa sedih karena empat orang member BTS berbarengan pergi wamil. Ada juga yang mendoakan keselamatan mereka. Namun, semuanya menyatakan setia menunggu semua member BTS bersatu kembali sebagai grup pada 2025.

"Namjoon, Jimin, Taehyung, dan Jungkook akan wamil pada waktu yang sama. Aku tidak siap untuk ini! Semoga kalian semua sehat dan bisa kembali bersama secepatnya. Apobangpo. Kami akan menunggu kalian pada 2025," ujar pemilik akun X @ikra_b***.

Istilah Apobangpo merujuk pada singkatan "Army forever, Bangtan forever" atau Army dan Bangtan selamanya. "Kami mencintaimu BTS, RM dan para maknae," kata @BTSOT7_TAE****. Istilah maknae berarti anggota muda. Di BTS, RM alias Namjoon merupakan leader BTS, sementara Jimin, Taehyung, dan Jung Kook adalah para "adik" atau maknae yang lebih muda dalam grup.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Calvin Klein (@calvinklein)

"Kembalilah dengan aman, kesayangan kami," ujar @btstanni***. "Ini akan segera terjadi, tapi aku berharap Taehyung masuk wamil setelah ulang tahunnya pada 30 Desember. Kami mencintaimu Taehyung, kami akan menunggu Taehyung, kami akan menunggu kalian semua pada 2025," ujar pengguna akun X @jeffte***.

Member BTS pertama yang menjalani wamil adalah Jin, anggota tertua, tepatnya pada 13 Desember 2022. Lantas, disusul J-Hope pada 18 April 2023 dan Suga pada 22 September 2023. Masa wamil Jin dijadwalkan rampung pada Juni 2024.

Sementara itu, wamil J-Hope dijadwalkan selesai pada Oktober 2024 dan Suga pada Juni 2025. Masa wamil Suga tercatat lebih lama, sebab dia menjalani wamil pelayanan publik dan bukan menjadi tentara aktif, akibat cedera yang pernah dia alami.

Kegiatan Sembari Menanti

photo
Personel grup band asal Korea Selatan BTS. Mereka adalah V, Suga, Jin, Jung Kook, RM, Jimin, dan j-hope. - (AP Photo/Lee Jin-man, File)

Tahun 2025 menjadi tahun yang ditunggu-tunggu oleh para Army, penggemar grup musik K-Pop Bangtan Sonyeondan (BTS). Sebab, di tahun tersebut, semua member BTS akan kembali bersatu sebagai grup usai merampungkan wajib militer (wamil). 

Meski para idola sedang wamil, bukan berarti Army tidak bisa melakukan apa pun. Ada sejumlah hal yang bisa dilakukan Army untuk tetap mendukung BTS, sampai mereka kembali aktif bermusik pada 2025, dikutip dari laman Koreaboo, Kamis (23/11/2023).

1. Menonton ulang konten BTS

Ada banyak episode "Run BTS!" yang bisa dilihat kembali. Menonton aksi para anggota BTS dengan tingkah ajaib mereka akan membuat hari penuh tawa dan lebih menyenangkan. Banyak juga tayangan livestream yang bisa ditonton ulang untuk mengobati kerinduan kepada ketujuh bujang Bangtan.

2. Mendengarkan lagu-lagu BTS

Musik BTS selalu ada untuk para Army. Lagu-lagu BTS sebagai grup maupun karya solo masing-masing anggota bisa menemani dalam segala suasana. Tembang dengan nuansa ceria maupun sendu bisa masuk dalam daftar putar dan menjadi penyemangat saat aktivitas sehari-hari.

3. Belajar bahasa Korea

Sekarang adalah waktu yang sempurna untuk belajar bahasa Korea. Hingga 2025, sangat cukup waktunya untuk mempelajari bahasa Negeri Ginseng tersebut. Dengan menguasai bahasa ini, Army tidak harus menunggu terjemahan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dari konten-konten BTS.

4. Hang out dengan sesama Army

Secara daring maupun bertemu secara langsung, selalu menyenangkan terkoneksi dengan sesama Army. Sambil nongkrong bersama, Army bisa berbagi cerita soal bias atau anggota favorit masing-masing, atau ikut kegiatan penggemar bersama yang biasanya digagas berkala oleh klub penggemar.

5. Menabung

Tidak dimungkiri bahwa dalam menikmati karya musik dan mendukung BTS, Army butuh uang. Tidak sedikit Army yang mengoleksi berbagai merchandise resmi BTS, dan untuk membeli tiket konser BTS juga perlu dana yang lumayan.

Sampai 2025 tiba, ada baiknya membuat tabungan khusus untuk itu. Siapa tahu, setelah comeback sebagai grup, BTS bakal langsung menggelar konser di Indonesia, seperti janji Suga saat konser Agust D.

 

 
Ada banyak hal yang bisa dilakukan para army sembari menunggu kembalinya keempat personel dari wamil.  
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat