Menu olahan ikan (ilustrasi) | Unsplash/Mike Bergmann

Kuliner

Cerdas Mengolah Ikan, Enaknya Dapat Gizi Juga Banyak

Masalah sirkulasi air yang buruk dapat membuat ikan memiliki bau lumpur yang kuat.

Ikan adalah salah satu menu olahan favorit masyarakat Indonesia. Selain jenisnya yang beraneka ragam, ada banyak juga cara pengolahan ikan yang dapat dipilih, bergantung pada selera, keinginan, dan preferensi pribadi kita.

Chef Eddy Siswanto mengungkapkan fakta menarik seputar ikan patin yang sering diidentikkan dengan ikan dori. Chef Eddy memberikan kiat penting seputar memilih, membersihkan, dan memasak ikan patin.

"Sesungguhnya, ikan dori itu susah ditangkap. Kalau beli ikan dori yang frozen, itu bukan ikan dori, itu patin. Jadi, ikan, beda jenis ikan, beda aroma. Kita harus menerima itu dulu," kata Chef Eddy dalam acara “Kelas Memasak Ikan eFishery” di Almond Zucchini Cooking Studio, Jakarta Selatan, Rabu (22/11/2023).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Chef Terabal-abal (@eddysiswanto.official)

Chef Eddy menyampaikan pentingnya budi daya yang baik dan pemahaman teknologi dalam menghasilkan ikan yang sehat, bukan hanya sebagai sumber pangan, tetapi juga memperhatikan kualitas dan kebersihan. Dalam hal membersihkan ikan patin, Chef Eddy memberikan tips sederhana untuk mengatasi lendir yang biasa melekat pada ikan.

"Kalau patin kan gak punya sisik. Kalau ikan lele, setelah kita matiin ikannya, itu didinginkan, masukin ke freezer satu jam. Biar dia beku, kaku. Nanti dicuci, dikeruk aja tuh lendirnya udah hilang, keset," ujar dia.

Chef Eddy juga menegaskan, memarut kulit jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis pada ikan adalah mitos. "Jadi, kalau orang bilang kasih perasan jeruk nipis untuk hilangin bau amis ikan, itu adalah mitos gitu loh,” kata dia.

Dia lebih menekankan pada langkah bersihkan ikan secara menyeluruh setelah memotong sesuai selera, kemudian marinasi dengan bumbu yang kaya. "Setelah bersih ikannya, sudah kering, baru kita potong sesuai selera. Setelah di-filet, ikan sudah tidak boleh dibilas. Kalau misalnya masih ada darah, pakai kitchen paper,” ujar dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Chef Terabal-abal (@eddysiswanto.official)

Untuk mengatasi aroma ikan air tawar yang mungkin lebih pekat, Chef Eddy menyarankan penggunaan bumbu yang kaya rasa. “Itu yang nanti akan menutupi aroma ikannya," kata dia.

Chef Eddy memberikan contoh dengan resep pesmol yang menggunakan belimbing sayur atau belimbing wuluh untuk memberikan asam yang segar tanpa rasa getir. Ia berharap dapat memberikan panduan kepada penggemar kuliner untuk lebih memahami dan menikmati ikan dengan cara yang sehat dan lezat.

"Saya masak pesmol asamnya itu pakai belimbing sayur, belimbing wuluh. Nah, itu juga ada tipsnya supaya enggak getir," ujar dia.

Memasak ikan gurame

Chef Eddy juga mengungkapkan rahasia simpel dalam memasak ikan gurame yang bisa diolah menjadi beragam hidangan, seperti pesmol atau bahkan pempek. “Sebenernya, ikan gurame itu bahkan bisa dibikin pempek, loh. Bisa. Apa sih yang gak bisa?” katanya. 

Ia juga memberikan tips dalam mengolah ikan, khususnya untuk menghilangkan amisnya. "Ada yang kasih cuka, lebih frontal lagi. Sebenarnya gak perlu, ya," ujar Chef Eddy. Dia menjelaskan cara memarinasi ikan bisa menggunakan jeruk nipis sebelum dimasak untuk mengurangi amis.

photo
Kreasi menu ikan gurame pesmol. - (Dok.eFishery)

Pentingnya memilih ikan yang segar juga menjadi fokus Chef Eddy. "Harus bisa membedakan aroma ikan itu, ya, aroma ikan enggak akan pernah hilang. Ikan kalau baunya sudah muncul, menusuk banget, itu sudah lama. Kalau ikan segar itu, ya, aroma ikan, bukannya amis,” kata Chef Eddy.

Ketika berbicara tentang ikan air tawar, ia mengungkapkan masalah sirkulasi air yang buruk dapat membuat ikan memiliki bau lumpur yang kuat. Dia menyoroti pentingnya memperhatikan sirkulasi air dan kualitas pakan pada pembudidayaan ikan untuk memastikan ikan yang dihasilkan sehat dan aman dikonsumsi masyarakat.

“Bau lumpur itu sirkulasi air tidak bagus biasanya, sirkulasi kasih pakannya tidak sehat," ujar dia.

photo
Mengolah ikan dengan tepat (ilustrasi) - (Unsplash/Vladimir Gladkov)

Lebih jauh, Chef Eddy menyoroti pentingnya memilih sumber ikan yang terpercaya, seperti dari eFishery, untuk memastikan kualitas dan keamanan konsumsi ikan. "Kita butuh memakan dari sumber yang terpercaya," kata dia.

Chef Eddy juga menekankan, memasak tidak hanya tentang rasa yang enak, tetapi juga menekankan pentingnya tahu kandungan gizi dalam makanan. "Kita perlu memakan dari sumber yang terpercaya, eFishery," ujar dia.

Menurut dia, konsumsi ikan memiliki manfaat besar, terutama untuk menjaga kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan. Hal itu penting di tengah tren generasi Z yang rentan terhadap fast food dan makanan tinggi kalori.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Bersama Menjaga Pusaka Kuliner Bangsa

Hingga kini, Indonesia adalah satu-satunya negara yang memiliki kecap bercita rasa manis.

SELENGKAPNYA