Sejumlah penonton menyaksikan konser grup band asal Inggris, Coldplay di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Rabu (15/11/2023). Konser grup band asal Inggris yang masuk dalam rangkaian tur dunia Music of the Spheres Tour 2023 di Jaka | ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Geni

Jangan Sepelekan Persiapan Fisik Sebelum Nonton Konser Musik

Untuk mengurangi dehidrasi bisa dengan minuman elektrolit.

Mayoritas orang yang menonton konser tentu berharap akan mendapat hiburan dan merasa nyaman selama acara. Namun, sering kali kurangnya persiapan fisik bisa mengganggu kenyamanan selama konser itu sendiri.

Salah satunya, penonton bisa mengalami dehidrasi ataupun kelelahan saat menonton konser. Saat konser Coldplay, 15 November 2023, jumlah penjual minuman di venue, ternyata tidak sebanding dengan angka pengunjung sehingga mengakibatkan antrean yang mengular. 

Pihak panitia memang juga menyiapkan water station atau titik pengisian air untuk pengunjung, tetapi banyaknya jumlah pengunjung tentu membuat ada saja orang yang akhirnya enggan mengantre dan memilih menahan rasa hausnya. Di satu sisi, penonton memang dibolehkan membawa botol air plastik untuk persiapan pribadi. 

Namun, sekali lagi masih banyak penonton yang merasa membawa botol air minum sendiri adalah hal yang merepotkan, tak praktis, atau memberatkan. Padahal, selama konser tentu kita tak akan diam saja, kita akan ikut bernyanyi bersama penyanyi idola kita, dalam kurun waktu yang tak sebentar. 

Alhasil, rasa haus pun pasti datang. Sementara, bisa saja ada faktor di luar kendali penonton yang membuat akses mendapatkan minuman menjadi bukan perkara mudah.  

Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Siloam TB Simatupang, dr Christopher Andrian, persiapan fisik ketika akan menonton pertunjukkan musik, tidak boleh dianggap remeh.

Persiapan ini penting, baik sebelum maupun selama acara. Upayakan persiapan fisik ini bahkan sudah dirancang setidaknya sejak satu minggu sebelum konser. “Dehidrasi bisa terjadi karena udah berangkat jauh, macet, jalan kaki, nyampe tempat event ternyata kurang penjual minum itu yang bikin dehidrasi,” kata dr Chris saat dihubungi Republika, Kamis (16/11/2023). Ia pun membagikan beberapa tips menjaga persiapan fisik untuk mengikuti konser:

photo
Berolahraga di pagi hari (ilustrasi) - (Unsplash/Bruno Nascimento )

1. Olahraga 

Kendati kegiatan menonton konser tidak selalu dilakukan dalam intensitas waktu yang sering, persiapan fisik tetap penting guna mencegah dari masalah kesehatan yang tidak diinginkan. Dokter Chris menyarankan setidaknya sepekan sebelum konser, bisa melakukan olahraha rutin, seperti kardio, jalan kaki, atau gerakan sederhana lainnya. Bagi yang belum terbiasa olahraga berat, bisa memilih olahraga yang ringan tersebut.

 

2. Istirahat cukup

Kemudian hindari aktivitas terlalu berat atau melelahkan pada hari digelarnya konser. Dehidrasi bisa dipicu karena kelelahan sebelum konser. 

Menurut dia, idealnya memang hindari menempuh jarak jauh sebelum nonton konser, jadi bisa memesan penginapan terdekat. Namun, bagi yang memiliki biaya terbatas, sebisa mungkin mengatur fisik agar tak kehabisan tenaga duluan. “Persiapan dari siang, malamnya gak lagsung bubaran pasti lemas, capek, dan pagi-pagi harus kerja lagi,” kata dia.

Karena itu, usahakan jangan kurang tidur sebelum konser. Sebaiknya istirahat yang cukup sebelum menuju tempat konser.

 

photo
Pekerja mengambil air dari dispenser Izifill Plastic Smart Cities di Jakarta, Selasa (15/8/2023).PT Blue Bird, Tbk bekerja sama dengan Yayasan WWF Indonesia dalam program Plastic Smart Cities dengan melakukan inisiatif mengganti air mineral kemasan dengan penggunaan botol minum guna ulang kepada 1.500 pengemudi taksi Bluebird di wilayah DKI Jakarta. Plastic Smart Cities merupakan inisiatif untuk mendorong kota-kota serta pusat-pusat kegiatan pesisir untuk mengurangi kebocoran sampah plastik ke alam hingga 30% pada tahun 2030 yang bekerja sama dengan pemangku kepentingan di seluruh dunia. - (Republika/ Tahta Aidilla)

3. Siapkan asupan cairan

Asupan cairan dan minum tentu sangat penting untuk mendukung tubuh yang prima. Dokter Chris mengatakan sebaiknya asupan cairan ini didapatkan tubuh, baik sebelum maupun selama konser. “Kalau bisa terus mimum, selama konser pun harus dapat asupan minuman, untuk mengurangi dehidrasi bisa dengan minuman elektrolit,” kata dokter yang juga praktik di klinik Dermaster, Menteng, Jakarta.

Apabila penyelenggara konser mengizinkan membawa botol ke dalam venue, sebaiknya memang membawa sendiri untuk diisi ulang dan berjaga-jaga dari kesulitan membeli minuman. Jika terbatas dalam membawa minuman, kembali pada menghindari aktivitas terlalu berat dan menyiapkan air secukupnya.

 

photo
Pola makan kaya serat (ilustrasi) - (Unsplash/Jannis Brandt)

4. Makanan bergizi dan kenyang lama

Sebaiknya penonton juga sudah makan dari rumah sebelum berangkat, dengan porsi bergizi atau sesuai prinsip ISI Piringku. Pola makan tersebut terdiri atas karbohidrat, protein, sayur, hingga buah.

Untuk pemilihan camilan agar memberikan rasa kenyang lebih lama, bisa memilih yang mengandung karbohidrat dan protein. Bisa pilih produk protein bar atau asupan makanan alami, seperti bubur kacang hijau, pisang rebus, atau kacang-kacang yang lain.

Gak makan dari siang juga bisa jadi masalah ditambah teriak-teriak pas konser, makan dari rumah, ada lemak, serat, boleh setidaknya ada karbohidrat, buah yang memiliki kandungan air tinggi seperti semangka boleh,” ujarnya.

5. Obat pribadi

Membawa obat-obatan pribadi juga penting untuk menghindari hal yang tidak diharapkan.  Selain barang-barang lain yang diperlukan, tentu obat pribadi ini juga menjadi hal wajib untuk disiapkan. 

 

 

 
Sebaiknya penonton juga sudah makan dari rumah sebelum berangkat. 
 
DR CHRISTOPHER ANDRIAN, Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Siloam TB Simatupang. 
 
 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Masa Depan Film Dunia, Konser Musik

Kini, tur musik tidak lagi dapat diakses dengan mudah oleh semua orang,

SELENGKAPNYA

Ragam Tren Wisata 2024, dari Destination Dupe Hingga Wisata Konser

Tayangan televisi dan film kini memberikan pengaruh lebih besar terhadap rencana liburan.

SELENGKAPNYA

Nonton Konser Pangkal Sehat, Kok Bisa?

Menghadiri konser itu menyenangkan, sehingga mengurangi tingkat stres.

SELENGKAPNYA