Tips jitu memilih parfum (ilustrasi) | Unsplash/Eve Maier

Gaya Hidup

Serba-serbi Mengakali Wangi Agar Awet Sepanjang Hari

Parfum beraroma paling harum dan bertahan paling lama jika mampu menyatu dengan minyak alami tubuh.

Banyak orang ingin tetap wangi sepanjang hari. Mengenakan wewangian favorit tentu bisa membantu, tetapi sering kali wangi parfum mulai hilang, tak lama setelah digunakan. 

Penyebabnya bisa beraneka rupa. Bisa karena kita terlalu banyak beraktivitas di luar ruang atau bisa juga karena kita tidak mengaplikasikan parfum dengan cara yang benar.

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa ada praktik terbaik dalam mengaplikasikan parfum bisa membuatnya lebih tahan lebih lama. Berikut tip agar mendapatkan hasil maksimal dari parfum Anda, baik untuk memakainya maupun menyimpannya, seperti dilansir Fragrancex, Senin (6/11/2023).

1. Aplikasikan segera setelah mandi

Memulai dengan pengaplikasian yang tepat membantu memastikan wangi parfum bertahan sepanjang hari. Untuk hasil terbaik, gunakan parfum segera setelah mandi dan keringkan.

2. Pastikan kulit dilembapkan sebelum diaplikasikan

Mengoleskan losion tanpa pewangi sebelum menyemprotkan parfum akan melembapkan kulit dan mengunci wewangian dengan lebih baik.

photo
Agar parfum awet seharian (ilustrasi) - (Unsplash/Elena Popova)

3. Semprotkan atau oleskan langsung ke kulit

Jaga agar kain dan pakaian tidak menghalangi wangi parfum. Parfum beraroma paling harum dan bertahan paling lama jika mampu menyatu dengan minyak alami tubuh.

4. Oleskan di titik nadi 

Wangi parfum bereaksi terhadap panas, dan mengoleskannya pada titik nadi dapat membantu melepaskan aroma sepanjang hari. Semprotkan wewangian ke pergelangan tangan, tengkuk, bagian dalam siku, dan bagian belakang lutut.

5. Jangan menggosok cairannya

Menggosok kedua pergelangan tangan akan memecah bahan kimia lebih cepat daripada seharusnya. Jika tidak bisa menyemprotkan parfum, oleskan dengan lembut pada kulit.

6. Semprotkan ke sisir rambut

Jika ingin aroma ekstra pada rambut, Anda bisa menyemprotkannya ke sisir dan mengoleskannya ke rambut kering. Jangan menyemprotkannya langsung ke rambut, karena alkohol dalam banyak parfum dapat menyebabkan kerusakan.

photo
Botol wewangian (ilustrasi) - (Unsplash/Marsha Kotliarenko)

7.Gunakan losion beraroma serasi dan produk lainnya

Cara lain untuk memaksimalkan wewangian adalah dengan membeli losion, sabun mandi, dan produk lain yang menawarkan wangi serasi untuk melengkapi sensasi harumnya.

8. Semprotkan parfum pada kapas 

Untuk meningkatkan aroma saat bepergian, semprotkan parfum pada beberapa kapas atau dan selagi basah, masukkan ke dalam kantong plastik dan peras udaranya. Bahan-bahan tersebut harus tetap cukup lembab untuk diaplikasikan di kemudian hari.

9. Tuangkan sisa parfum bekas ke dalam botol lotion tanpa pewangi

Manfaatkan setiap tetes terakhir parfum Anda. Tambahkan sisa aroma ke botol pelembab tanpa pewangi untuk membuat lotion berbau seperti parfum Anda.

10. Oleskan di dekat kain pakaian

Jika Anda memiliki wewangian khas, Anda juga bisa membuat pakaian memiliki wangi yang sama. Semprotkan ke tisu beberapa kali dan biarkan aromanya meresap ke dalam kain.

Sejumlah tip lainnya adalah menyimpan parfum di tempat yang sejuk dan gelap, simpan parfum di botol aslinya, jangan kocok botol parfum dan belilah parfum dengan tingkat kekuatan aroma yang tepat.

photo
Cara tepat menyimpan parfum (ilustrasi) - (Unsplash/Dagmara Dombrovska)

Beberapa parfum secara alami akan bertahan lebih lama dibandingkan yang lain, baik di kulit maupun di dalam botol. Parfum dan cologne dijual dalam konsentrasi yang berbeda, artinya terdapat perbedaan rasio minyak wangi dan alkohol.

Tingkat kekuatan bau parfum yang dibeli akan menentukan berapa lama parfum tersebut bertahan di kulit. Bentuk yang lebih pekat, seperti parfum murni, harganya paling mahal, sedangkan versi yang kurang pekat dari wewangian yang sama, seperti eau de toilette, biasa ditawarkan dengan harga lebih terjangkau. 

Namun, Anda juga bisa membeli parfum yang umur simpannya lebih lama. Parfum dengan aroma dasar yang lebih menonjol akan memiliki umur simpan yang lebih lama dibandingkan parfum dengan aroma awal yang menonjol.

Wangi dasar biasanya mengandung aroma wood atau balsamic serta aroma yang lebih pedas. Jika parfum mengandung wewangian oriental seperti nilam dan amber, kemungkinan umur simpannya lebih lama.

Parfum dengan aroma dasar yang lebih terang lebih mudah menguap. Semakin mudah menguap aromanya, semakin cepat pula masa berlakunya. Ini termasuk aroma jeruk, bunga, dan teh hijau.

Jika tidak yakin aroma mana yang paling kuat dalam parfum pilihan, Anda dapat melihat informasi kelompok aromanya. Ini biasanya dapat ditemukan secara online atau di deskripsi produk. Jika baru mengenal parfum, Anda juga dapat mengikuti kuis parfum untuk menentukan aroma mana yang terbaik. 

Mulailah dengan membeli jenis parfum yang sesuai dengan kebutuhan. Kemudian simpanlah dengan benar dan hindari melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan wanginya terurai.

Jika menggunakan praktik terbaik pengaplikasian parfum, seseorang bisa mendapatkan hasil maksimal dari aroma khas parfum tersebut. Namun, ketika wewangian tersebut mungkin terasa terlalu menyengat atau tidak menyenangkan bagi orang lain, ada cara sederhana tapi efektif untuk menghilangkan bau menyengat, yaitu dengan alkohol.

Celupkan kapas ke dalam alkohol gosok, dan oleskan pada area yang terlalu banyak diolesi parfum. Perbaikan cepat ini akan langsung mengurangi aroma beberapa tingkat. Pilihan lain untuk meredakan bau, adalah menggunakan losion tanpa pewangi atau tisu bayi. 

 

 
Parfum yang mengandung wewangian oriental seperti nilam dan amber, kemungkinan umur simpannya lebih lama.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Transformasi Kulit Jadi Lebih Muda dengan Perawatan 4D

Perawatan dengan menggunakan collagen stimulator dapat memberikan hasil jangka panjang.

SELENGKAPNYA

Bisnis Salon Kecantikan, Bagaimana Tuntunannya?

Bagaimana tuntunan berbisnis salon kecantikan khusus wanita?

SELENGKAPNYA