Tulisan-tulisan vintage (ilustrasi) | Unsplash/Pattrick Tomasso

Gaya Hidup

Memutar Waktu Lewat Surat Cinta 250 Tahun Lalu

Terdapat 102 surat lainnya yang ditulis dengan ejaan yang liar, tanpa tanda baca.

Lebih dari 100 surat yang dikirim kepada para pelaut Prancis oleh tunangan, istri, orang tua, dan saudara kandung mereka telah dibuka dan dipelajari untuk pertama kalinya sejak ditulis pada 1757-1758. Surat-surat itu tidak pernah tersampaikan kepada orang yang dituju. 

Dilansir Phys, Rabu (8/11/2023), pesan-pesan tersebut menawarkan wawasan yang sangat langka dan mengharuskan mengenai cinta, kehidupan, dan pertengkaran keluarga setiap orang, mulai dari petani lanjut usia hingga istri perwira kaya. Pesan-pesan tersebut disita oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris selama Perang Tujuh Tahun, lalu dibawa ke Angkatan Laut di London dan tidak pernah dibuka. 

Koleksinya kini disimpan di Arsip Nasional di Kew. Surat-surat tersebut memberikan bukti baru yang berharga tentang perempuan dan buruh Prancis serta berbagai bentuk literasi. Salah satu contoh isi surat tersebut adalah: 

photo
Tulisan retro (ilustrasi) - (Unsplash/Dim Hou)

“Saya bisa menghabiskan malam ini menulis surat kepada Anda… Saya adalah istri Anda yang setia selamanya. Selamat malam, temanku tersayang. Ini sudah tengah malam. Saya pikir sudah waktunya bagi saya untuk beristirahat,” tulis Marie Dubosc kepada suaminya, Letnan Satu Galatee, kapal perang Prancis, pada 1758. Dia tidak tahu di mana Louis Chambrelan berada, atau bahwa kapalnya ternyata telah ditangkap Inggris. 

Dia tidak akan pernah menerima suratnya dan mereka tidak akan pernah bertemu lagi. Dubosc meninggal pada tahun berikutnya di Le Havre, hampir pasti sebelum Chambrelan dibebaskan. Pada 1761, dia menikah lagi dan kembali dengan selamat ke Prancis. 

Profesor Renaud Morieux, dari Fakultas Sejarah Universitas Cambridge dan Pembroke College, menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk memecahkan kode surat-surat ini. Terdapat 102 surat lainnya yang ditulis dengan ejaan yang liar, tanpa tanda baca atau huruf besar, dan memenuhi setiap inci kertas mahal yang memuatnya.

Morieux telah memublikasikan temuannya di jurnal Annales Histoire Sciences Sociales. Ia mengatakan, dia memesan kotak itu hanya karena penasaran. Menurut dia, ada tiga tumpukan surat yang disatukan dengan pita. 

photo
Surat cinta pada masa lalu (ilustrasi) - (Unsplash/Joanna Kosinka )

Surat-surat itu sangat kecil dan tersegel, jadi Morieux bertanya kepada petugas arsip apakah surat-surat itu boleh dibuka dan dia melakukannya. Ia menyadari bahwa dia adalah orang pertama yang membaca pesan-pesan yang sangat pribadi ini sejak pesan itu ditulis. 

Penerima yang dituju tidak mendapatkan kesempatan itu. Itu sangat emosional. 

“Surat-surat ini berisi tentang pengalaman universal manusia, tidak hanya terjadi Prancis atau abad ke-18. Surat-surat ini mengungkapkan bagaimana kita semua menghadapi tantangan besar dalam hidup. Ketika kita terpisah dari orang-orang yang kita kasihi karena peristiwa di luar kendali kita seperti pandemi atau perang, kita harus mencari cara untuk tetap berhubungan, bagaimana meyakinkan, peduli terhadap orang lain, dan menjaga semangat tetap hidup. Saat ini kita memiliki Zoom dan Whatsapp. Pada abad ke-18, orang hanya memiliki surat, tetapi apa yang mereka tulis sangat familiar,” ujar Morieux. 

Pada abad ke-18, mengirim surat dari Prancis ke kapal, yang sasarannya terus bergerak, sangatlah sulit dan tidak dapat diandalkan. Kadang-kadang orang mengirim banyak salinan surat ke pelabuhan berbeda dengan harapan bisa sampai ke seorang pelaut.

Kerabat juga meminta keluarga awak kapal untuk menyisipkan pesan kepada orang yang mereka cintai di surat mereka. Morieux menemukan banyak bukti mengenai strategi ini dalam surat-surat Galatee, yang seperti banyak surat lainnya, tidak pernah sampai ke penerima yang dituju. 

Administrasi pos Prancis telah mencoba mengirimkan surat-surat tersebut ke kapal, mengirimkannya ke beberapa pelabuhan di Prancis, tetapi selalu datang terlambat. Ketika mereka mendengar bahwa kapal tersebut telah ditangkap, mereka meneruskan surat-surat tersebut ke Inggris, di mana surat-surat tersebut diserahkan kepada Angkatan Laut di London.

Morieux percaya bahwa para pejabat membuka dan membaca dua surat untuk melihat apakah surat-surat itu mempunyai nilai militer. Tetapi, kemudian memutuskan bahwa surat-surat itu hanya berisi "barang keluarga" menyerah dan menyimpannya.

Morieux mengidentifikasi setiap anggota awak Galatée yang beranggotakan 181 orang, mulai dari pelaut sederhana, tukang kayu, hingga perwira tinggi. Surat-surat itu ditujukan kepada seperempat dari mereka. Morieux melakukan penelitian silsilah terhadap orang-orang ini dan koresponden mereka untuk mempelajari lebih banyak tentang kehidupan mereka daripada yang diungkapkan hanya melalui surat-surat.

Literasi yang Inklusif 

photo
Surat cinta (ilustrasi) - (Unsplash/Debby Hudson)

Surat-surat tersebut menyampaikan cinta romantis dan lebih sering cinta keluarga, tetapi juga menawarkan wawasan langka mengenai ketegangan dan pertengkaran keluarga pada saat perang dan ketidakhadiran yang berkepanjangan. 

Selain itu, lebih dari setengah (59 persen) surat-surat tersebut ditandatangani oleh perempuan dan memberikan wawasan berharga mengenai literasi perempuan, jaringan sosial, dan pengalaman pada masa perang. 

“Surat-surat ini menghancurkan anggapan kuno bahwa perang adalah soal laki-laki,” kata Morieux. “Sementara laki-laki mereka tiada, perempuan menjalankan perekonomian rumah tangga dan mengambil keputusan penting di bidang ekonomi dan politik," ujarnya. 

Pada periode ini, angkatan laut Prancis mengawaki kapal perangnya dengan memaksa sebagian besar pria yang tinggal di dekat pantai untuk mengabdi selama satu tahun setiap tiga atau empat tahun. Sistem ini sama tidak populernya dengan papar paksa di Inggris dan banyak pelaut Prancis yang melarikan diri setelah tiba di pelabuhan atau mengajukan permohonan untuk dibebaskan karena cedera.

Adik perempuan Nicolas Godefroy, seorang pilot peserta pelatihan, menulis, "Yang akan membuat saya lebih kesakitan adalah jika Anda berangkat ke pulau-pulau tersebut." Yang dia maksud adalah Karibia, tempat ribuan pelaut Eropa meninggal karena penyakit pada periode ini. 

Meski demikian, saudara perempuan dan ibu Godefroy menolak mengajukan permohonan pembebasannya dari angkatan laut. Mereka takut bahwa strategi yang diusulkannya dapat menjadi bumerang dan memaksanya untuk tinggal di laut “lebih lama lagi”.

Di sisi lain, studi Morieux menyerukan definisi literasi yang lebih inklusif.  “Anda bisa mengikuti budaya menulis tanpa mengetahui cara menulis dan membaca,” ujar Morieux. 

Dia menjelaskan, sebagian orang yang mengirimkan surat-surat ini menceritakan kepada juru tulis apa yang ingin mereka katakan, dan mengandalkan orang lain untuk membacakan surat mereka dengan suara keras. “Ini adalah seseorang yang mereka kenal yang bisa menulis, bukan seorang profesional. Tetap berhubungan adalah upaya masyarakat,” katanya. 

 
Surat-surat ini menghancurkan anggapan kuno bahwa perang adalah soal laki-laki.
 
PROF RENAUD MORIEUX dari Fakultas Sejarah Universitas Cambridge dan Pembroke College, Inggris. 
 
   

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat