Funscience, 6 November 2023 | KPM

Funscience

SCIENCE: Panah mengubah arah

 Adik-adik, sekarang kita bereksperimen yuk.

Pernahkah adik-adik berpikir apa yang akan terjadi jika cahaya mengalami pembelokan? Bagaimana kita dapat mengetahuinya? Tentunya membuat kalian penasaran, kan? Yuk, kita ikuti keseruan eksperimen Nala dan Ria berikut ini.

Apa tujuan dari eksperimen ini?

Adik-adik dapat mengetahui salah satu sifat cahaya.

Apa saja alat dan bahan yang disiapkan?

 

photo
Alat dan bahan eksperimen - (KPM)
 
 

Bagaimana cara melakukan eksperimen ini?

photo
Langkah Percobaan - (KPM)
 
 

Mungkin kalian penasaran dengan hasilnya, kan? Ayo perhatikan penjelasan berikut ini.

Konsep yang bekerja dalam percobaan ini disebut pembiasan (pembelokan cahaya). Pembiasan terjadi ketika cahaya merambat dari satu medium ke medium lainnya.

Selama percobaan, cahaya merambat dari gambar panah (di kertas) melalui udara, kemudian melalui gelas yang berisi air, dan kembali ke udara sebelum mencapai mata kita. Cahaya dibiaskan ketika berpindah dari satu medium ke medium lain karena kecepatannya berubah dalam medium tersebut. Cahaya merambat lebih cepat di udara, dibandingkan di gelas yang berisi air. Akibatnya, jalur cahaya berpotongan dan gambar tampak terbalik secara horizontal. Begitu penjelasannya, adik-adik.

Bagaimana adik-adik? Seru banget ya melakukan eksperimen ini? Sampai jumpa dengan eksperimen sains menarik lainnya.

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat