Funscience, 23 Oktober 2023 | Republika

Funscience

MATH: Renzoku

Kolom ini diasuh oleh: Ridwan Hasan Saputra

Adik-adik, yuk sekarang kita bermain Renzoku !

Apa itu Renzoku?

Renzoku adalah permainan puzzle yang merupakan modifikasi dari Futoshiki. Jika Futoshiki menggunakan tanda > dan < sebagai petunjuk besaran angka yang di tempatinya. Renzoku hanya menggunakan titik hitam sebagai penanda angka yang berdekatan nilainya atau berurutan.

Bagaimana Cara Bermainnya?

Cara bermain Renzoku adalah dengan mengisi kotak-kotak kecil dengan bilangan 1 - 4 yang memenuhi aturan sebagai berikut:

1.   Setiap baris dan kolom pada kotak besar yang berisi 4 blok berisi bilangan berbeda dari 1-4.

2.   Setiap blok hanya memuat angka 1-4 satu kali baik dari baris atau kolom nya.

3.   Tanda titik hitam yang terhubung antar kotak berarti menandakan bilangan satu dan bilangan yang lain di sebelahnya saling berurutan atau nilainya berdekatan selisih 1.

photo
Contoh Renzoku - (KPM)
 
 

Adik-adik, perhatikan kotak yang sisinya memiliki tanda lebih besar paling banyak. Kemungkinan kotak tersebut adalah tempat dari bilangan paling besar. Kotak yang sisinya memiliki tanda kurang dari paling banyak, kemungkinan kotak tersebut adalah tempat dari bilangan paling kecil. Adik-adik juga harus memperhatikan baris dan kolom karena setiap satu baris harus berisi bilangan yang berbeda begitu pula dengan kolom.

Yuk, Coba kerjakan berikut ini!

 

photo
Soal Renzoku - (KPM)
 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat