Pengunjung memerhatikan poster film pendek karya sineas lokal Lombok di bioskop CGV, Mataram, NTB, Selasa (5/7/2022). Sebanyak empat film pendek karya sineas lokal Lombok diantaranya film berjudul Jamal dan Sepiring Bersama karya Muhamad Heri Fadli, Junai | ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Geni

Proses Syuting tak Selamanya Aman, Kadang Justru Menimbulkan Korban Jiwa

Film The Dark Knight tak Hanya Mengakibatkan Kematian Heath Ledger.

Lokasi syuting film bisa menjadi tempat yang berbahaya meskipun ada pedoman dan peraturan keselamatan. Beberapa bencana tragis pernah menjadi mimpi buruk dalam film-film besar, bahkan banyak di antaranya yang berakibat fatal.

Semua orang mungkin berasumsi, studio film modern telah menyempurnakan standar keselamatan selama bertahun-tahun dan secara efektif meminimalkan kecelakaan. Hal ini mungkin sebagian besar benar, tapi kecelakaan kerja selama syuting tidak bisa dihindari.

Tidak peduli seberapa matang pembuat film dan pemainnya mempersiapkan diri, kecelakaan bisa saja terjadi. Berikut ini sembilan bencana terburuk yang terjadi selama produksi film, dilansir Screenrant, Rabu (11/10/2023).

1. Deadpool 2

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by @deadpoolmovie



Pengendara sepeda motor Joi Harris meninggal saat melakukan aksi di lokasi syuting Deadpool 2, berperan sebagai karakter Zazie Beetz, Domino. Setelah berhasil melatih adegan aksinya, Harris melakukan aksinya dengan berpakaian seperti Domino.

Namun, karena keterbatasan waktu, perlengkapan keselamatan yang memadai belum diproduksi agar sesuai dengan pakaian karakter tersebut. Akibatnya, Harris tidak memakai helm saat kehilangan kendali atas sepeda motornya.

Saat menabrak tepi jalan, Harris terlempar melalui jendela Menara Rogers di Vancouver dan dinyatakan meninggal di tempat kejadian. Ini adalah salah satu bencana terbaru dan tragis yang pernah terjadi di lokasi syuting film besar.

2. The Conquerer



Film The Conquerer yang rilis pada 1956 paling dikenang karena kesalahan pemilihan John Wayne sebagai Genghis Khan Mongol. Namun, film ini masih memiliki warisan yang lebih mematikan akibat lokasi syutingnya. Di beberapa lokasi di Utah, The Conquerer difilmkan melawan arah angin dari lokasi uji coba senjata nuklir Amerika, Situs Keamanan Nasional Nevada.

Meskipun keselamatan mereka terjamin, 91 anggota kru menderita kanker pada kemudian hari. Dari jumlah tersebut, 46 orang meninggal karena penyakit yang mereka derita, termasuk Wayne sendiri, yang meninggal karena kanker perut pada usia 72 tahun.

3. Harry Potter And The Deathly Hallows - Part One



David Holmes berperan sebagai pemeran pengganti bintang Daniel Radcliffe untuk enam film Harry Potter pertama. Holmes sedang menguji rangkaian aksi di Harry Potter And The Deathly Hallows - Part One, yang disebut "jerk-back", atau aksi yang dirancang untuk meniru efek ledakan eksplosif. Berdasarkan wawancara Holmes di 2014 dengan The Mirror, dia terbanting ke dinding, mendarat di matras di bawahnya.

Tragisnya, leher Holmes patah akibat percobaan tersebut, dan dia menjadi lumpuh. Sekarang sebagai pengguna kursi roda, Holmes telah memulai podcast dengan Radcliffe berjudul Cunning Stunts, di mana pasangan tersebut mewawancarai para pemeran pengganti dari industri film.

4. Top Gun

Film thriller aksi klasik Tom Cruise, Top Gun, terkenal karena penggunaan aksi aerobatik dan urutan penerbangan, banyak di antaranya yang dilakukan sendiri oleh Cruise di Top Gun: Maverick sekuel film aslinya. Di antara pilot pemeran pengganti yang dipekerjakan oleh Top Gun adalah Art Scholl yang sangat dihormati.

Sayangnya, saat syuting adegan aksi, Scholl gagal pulih dari putaran dan kehilangan kendali atas pesawatnya setelahnya. Scholl jatuh di Samudra Pasifik, di lepas pantai Kalifornia Selatan. Baik Scholl maupun pesawatnya tidak pernah ditemukan, dan akibatnya, penyebab kecelakaan itu tidak pernah diketahui sepenuhnya. Top Gun pun didedikasikan untuk mengenang Scholl.

5. Midnight Rider

Midnight Rider adalah film biografi yang belum selesai tentang musisi blues Gregg Allman. Film ini hanya berhasil syuting satu hari pada 2014 sebelum tragedi terjadi, dan mengakhiri produksi tanpa batas waktu. Para pemain dan kru mulai syuting adegan mimpi yang menampilkan aktor William Hurt berbaring di tempat tidur logam di atas jembatan kereta api di atas Sungai Altamaha di Negara Bagian Georgia.

Tanpa sepengetahuan awak kapal, sebuah kereta barang mendekat dengan cepat, dan mereka terlambat bertindak untuk mencapai tempat aman. Beberapa kru terluka, tetapi ketika kereta menabrak ranjang logam, asisten kamera Sarah Jones terlempar ke arah kereta dengan pecahan peluru, dan membunuhnya seketika.

6. The Dark Knight



Meskipun The Dark Knight sering dikaitkan dengan kematian mendadak aktor Heath Ledger, film tersebut juga merenggut nyawa lain. Pemeran pengganti Conway Wickliffe meninggal saat berlatih salah satu adegan kejar-kejaran mobil di film tersebut.

Untuk adegan saat Batmobile diledakkan, Wickliffe sedang mencondongkan tubuh ke luar jendela mobil di sisi penumpang, sambil merekam mobil lain yang sedang berjalan paralel. Sayangnya, rekan pengemudi akrobatnya ketinggalan belokan di ujung trek dan kendaraan mereka bertabrakan dengan pohon. Wickliffe meninggal secara tragis di tempat kejadian dan The Dark Knight didedikasikan untuk mengenangnya dan Ledger.

7. Rust

Tragedi senjata api lainnya terjadi pada 2021 di lokasi syuting film Rust. Saat aktor Alec Baldwin sedang berlatih adegan di mana karakternya menodongkan pistol ke arah kamera, pistol tersebut secara tidak sengaja ditembakkan.

Dari tiga orang yang berdiri di belakang kamera, dua orang tertembak. Sinematografer Halyna Hutchins terkena tembakan di bagian dada dan meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit

Sedangkan sutradara Joel Souza terluka di bagian bahu. Perinciannya masih belum jelas, namun Baldwin dengan keras membantah telah melakukan serangan itu dengan sengaja, dan kemudian dibebaskan dari tuduhan pembunuhan tidak disengaja. 

8. Twilight Zone: The Movie

Salah satu bencana paling tragis terjadi selama Twilight Zone: The Movie. "Twilight Zone" memiliki banyak episode hebat dan popularitas yang luar biasa sepanjang penayangannya, yang mengarah pada produksi film antologi berdurasi panjang pada 1986.

Saat syuting segmen pertama film itu, aktor Vic Morrow dan dua anaknya (Myca Dinh Le dan Renee Shin-Yi Chen) semuanya tewas karena helikopter yang jatuh. Helikopter yang terbang rendah itu dikejutkan oleh kembang api di darat, yang dilaporkan jauh lebih besar dari perkiraan pilot atau kru film. Helikopter itu berputar di luar kendali, mendarat di Morrow dan langsung membunuh mereka.

9. The Crow

Mungkin bencana set film paling terkenal terjadi saat syuting The Crow di 1994, yang mengakibatkan kematian bintang Brandon Lee. Menjelang akhir produksi, Lee sedang syuting pembukaan film, di mana karakternya, Eric Draven, ditembak oleh preman.

Setelah menggunakan peluru tiruan (peluru tanpa bubuk mesiu-Red) untuk adegan sebelumnya, ada sebuah peluru asli bersarang di laras senapan. Tidak ada yang memeriksa larasnya, dan pistol yang dikira diisi dengan peluru kosong untuk adegan Lee, justru secara efektif menjadi peluru hidup sepenuhnya. Lee pun terluka parah dan akhirnya meninggal di lokasi syuting.

 
Salah satu bencana paling tragis terjadi selama Twilight Zone: The Movie.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat