Dekorasi pernikahan (ilustrasi) | Unsplash/Lanty

Gaya Hidup

Deretan Cara Merawat Pernikahan Sejak Awal

Tahun awal pernikahan bisa menjadi menyenangkan sekaligus sulit.

Tahun-tahun awal pernikahan sangat krusial untuk membangun fondasi kuat hubungan antara suami-istri. Pasalnya, dua orang dari latar belakang berbeda dan memasuki kemitraan seumur hidup yang disebut pernikahan adalah pengalaman unik. 


Saat menikah, segalanya bisa sangat berbeda dibandingkan masa pacaran. Butuh waktu untuk saling menyesuaikan diri dan memberi ruang satu sama lain, termasuk menangani konflik, menumbukan kesabaran, dan pada akhirnya mempererat ikatan.


"Pernikahan menyatukan dua orang untuk berbagi kehidupan, harapan, dan aspirasi mereka. Ini adalah petualangan yang indah. Namun, tahun-tahun awal pernikahan bisa menjadi menyenangkan sekaligus sulit," kata pakar hubungan Chandni Tugnait.

photo
Pernikahan di outdoor (ilustrasi) - (Unsplash/Drew Coffmann)


Dikutip dari laman Hindustan Times, Rabu (20/9/2023), Tugnait menyampaikan, mengembangkan hubungan emosional yang mendalam sangat penting agar pernikahan bisa langgeng dan bahagia. Dia membagikan tip berikut bagi pasangan yang baru menikah untuk memperkuat ikatan emosional.


1. Komunikasi

Diskusi terbuka serta mendengarkan secara aktif adalah prioritas, sebab setiap pernikahan yang sukses dibangun di atas komunikasi yang kuat. Bicaralah dengan pasangan tentang perasaan, pikiran, dan kekhawatiran yang dirasakan. Transparansi dalam komunikasi meningkatkan pemahaman dan kepercayaan. 


2. Menghabiskan waktu bersama

Sisihkan waktu khusus untuk kencan malam secara teratur, meski sesibuk apa pun. Menghabiskan waktu berkualitas bersama, seperti makan malam romantis, menonton film, atau sekadar berjalan-jalan di taman, akan meningkatkan kualitas hubungan.

photo
Pernikahan yang langgeng (ilustrasi) - (Unsplash/Sandy Millar)


3. Pengertian dan kesabaran

Setiap orang punya kepribadian berbeda dan perbedaan itu tentu melekat dalam semua hubungan. Terimalah variasi ini dan lihatlah sebagai peluang untuk berkembang. Ketika masalah muncul dalam pernikahan, kesabaran dan pengertian sangat penting.


4. Bantuan emosional

Ketika tantangan datang, jadilah tempat berlindung bagi pasangan. Dengarkan keluh-kesahnya dengan penuh empati, beri saran dengan hati-hati, serta rayakan momen gembira dengan tawa dan keceriaan. Ekspresikan penghargaan tulus atas kebaikan pasangan. 


5. Menumbuhkan kemandirian dalam interdependensi

Meskipun pernikahan menyatukan dua jiwa, sangat penting menghormati otonomi masing-masing. Berikan ruang pada pasangan untuk membina persahabatan dan mewujudkan pertumbuhan kariernya, juga upayakan saling menghormati keutuhan pribadi.

photo
Sejumlah pasangan suami istri menunjukkan buku nikah saat Itsbat Nikah Massal di ruangan Paseban Sri Baduga, Balaikota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (11/12/2021). Penyerahan buku nikah secara gratis yang diselenggarakan Kerukunan Warga Bogor (KWB) tersebut diikuti sebanyak 43 pasangan dengan tujuan memudahkan warga mendapatkan legalitas secara hukum tentang surat-surat administrasi pernikahan di masa pandemi Covid-19. - (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nym.)


6. Membangun masa depan bersama

Tetapkan tujuan bersama dan bicarakan aspirasi untuk masa depan. Rasa kebersamaan dan tujuan bersama tercipta ketika kedua pihak berpartisipasi dalam perencanaan masa depan. Terlebih, komponen utama kehidupan pernikahan adalah keamanan finansial. 


7. Kejutan dan romansa

Pertahankan romansa dan unsur kejutan dalam hubungan, supaya satu sama lain tetap bersemangat menghidupkan hubungan. Tindakan cinta yang tak terduga, kencan romantis, atau pujian dan kasih sayang secara teratur akan menjaga romansa tetap segar.


8. Berkonsultasi dengan konselor pernikahan

Jika pasangan mendapati sebuah masalah yang tampaknya tidak dapat diatasi berdua saja, pertimbangkan untuk mencari nasihat dari konselor pernikahan terlatih. Konselor dapat menawarkan panduan dan mekanisme penanggulangan dalam keadaan sulit.


Jangan Lupa Nge-date

photo
pasangan , suami istri, pendidikan, dialog jumat - (pixabay.com)


Merawat cinta antara suami istri sering kali diperlukan agar hubungan bertahan jangka panjang. Untuk mempererat hubungan, bisa dengan melakukan berbagai hal seru bersama, seperti mengunjungi museum, menjadi relawan, hingga mengikuti beragam kelas bersama, mulai dari seni, memasak, sampai meditasi.

Cobalah sesuatu yang baru bersama-sama untuk menciptakan landasan bagi ikatan yang kuat. Berikut setidaknya tujuh ide kencan agar hubungan terasa semakin menyenangkan, menarik, dan berkesan, seperti dilansir dari Insider, Rabu (4/10/2023). 

1. Jalan-jalan

Pelatih kencan Evin Rose sangat menyarankan untuk menikmati kopi, teh, atau smoothie dan berjalan-jalan bersama di taman, kebun raya, pantai, atau di tepi kota yang indah. Berjalan-jalan dapat membantu Anda bersantai dan mendukung pasangan untuk saling berbagi saat duduk berhadapan satu sama lain. “Selain itu, Anda bisa mengetahui bagaimana seseorang berinteraksi dengan lingkungannya,” kata Rose.

2. Melihat pertunjukan komedi

Pertunjukan komedi bisa menjadi ide sempurna. Hal ini dapat menjadi pengalaman ikatan yang menyenangkan dan memungkinkan pasangan melihat selera humor mereka sama atau tidak.

“Tertawa juga membantu untuk melembutkan saraf dan membuka diri, menciptakan ruang untuk percakapan yang lebih dalam," kata dia. Karena Anda mungkin tidak punya banyak waktu untuk mengobrol selama pertunjukan, Rose merekomendasikan untuk menikmati minuman atau makanan pembuka bersama. Sehingga Anda dapat merenungkan apa yang disukai dari pertunjukan tersebut dan belajar lebih banyak tentang satu sama lain.

 

photo
Sejumlah peserta berlari saat BNI UI Half Marathon 2023 di Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Ahad (16/7/2023). BNI UI Half Marathon 2023 bertema The Greenest and Most Sterile Route Half Marathon yang terbagi dari tiga kategori jarak 5K, 10K dan 21K tersebut diikuti oleh 6.000 peserta. Kegiatan tahunan yang diikuti oleh komunitas lari, atlet Ikatan Alumni Universitas Indonesia dan masyarakat umum dari daerah Jabodetabek tersebut menyajikan pengalaman berlari di kawasan kampus Universitas Indonesia yang dikelilingi hutan dan bebas dari kendaraan. - (Republika/Putra M. Akbar)

3. Berolahraga

Penelitian kecil pada 2011 terhadap mahasiswa sarjana menemukan adanya peningkatan tingkat ketertarikan antara mahasiswa pria dan wanita setelah mereka berpartisipasi dalam beberapa bentuk aktivitas fisik yang meningkatkan adrenalin. Semakin tinggi adrenalin peserta dalam mengikuti aktivitas, ketertarikannya pun semakin meningkat.

Hal ini mungkin sebagian disebabkan oleh fakta bahwa situasi yang menegangkan juga memicu pelepasan dopamin, hormon yang terkait dengan kesenangan dan motivasi untuk mencari imbalan.

 

4. Berbincang sambil minum kopi

photo
Geopark Gunung Batur: Kopi Luwak - (Republika/Aditya Pradana Putra )

Pertemuan minum kopi di akhir pekan, bisa terasa lebih santai dibandingkan makan malam. Agar percakapan tetap mengalir, Rose merekomendasikan untuk menyiapkan beberapa pertanyaan yang dapat ditanyakan secara bergiliran.

Pertanyaan itu seperti, "Hari apa yang "sempurna" bagimu?", “Apa kenanganmu yang paling berharga?”, "Kapan terakhir kali kamu menangis di depan orang lain?" dan sebagainya.

5. Piknik di taman

Berbagi makanan saat piknik adalah salah satu ide kencan favorit Rose karena dapat menciptakan suasana yang lebih santai dan nyaman dibandingkan makan malam di restoran. Ditambah lagi, alam bisa menciptakan lingkungan yang tenang dan menyejukkan. Agar lebih menarik, juga bisa sambil menyiapkan suatu permainan dan saling berbagi makanan.

6. Belanja

Rose mengatakan sebuah tempat perbelanjaan tidak hanya bisa menjadi pembuka percakapan yang tiada habisnya, tetapi juga memungkinkan untuk mempelajari selera satu sama lain sambil mengamati para penjualnya.

7. Makan hidangan cuci mulut

Meskipun makan malam mungkin merupakan ide yang lazim, penelitian menunjukkan bahwa menikmati makanan penutup mungkin merupakan pilihan yang lebih baik, baik itu membeli datri toko kue sederhana atapun menikmati dessert di restoran cukup mewah.  

Studi pada 2015 menemukan, mahasiswa yang mengonsumsi makanan manis selama survei lebih mungkin mengungkapkan ketertarikannya pada kencan mereka dan merasa lebih positif tentang hubungan romantis hipotetis dibandingkan mereka yang mengonsumsi camilan asin. 

 

 
Menonton pertunjukkan komedi, bersama dapat menjadi pengalaman ikatan yang menyenangkan. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Dusta dalam Rumah Tangga

Keluarga Rasulullah SAW dengan Aisyah Ra juga pernah diuji dengan kabar dusta yang beredar saat Aisyah tertinggal rombongan.

SELENGKAPNYA