Arti istilah Gwenchana (ilustrasi) | Canva

Geni

Hidup Lagi Capek-capeknya? Gwenchana

Dalam bahasa Korea, “gwenchana” adalah cara santai untuk mengatakan “tidak masalah”

Gwenchana, kata-kata ini sedang viral di Tiktok. Banyak anak muda yang menggunakan kata ini dalam pergaulannya. Namun, sebenarnya kata-kata ini sudah populer sejak beberapa tahun belakangan. Sebenarnya apa arti kata ini? Dari bahasa mana dan digunakan untuk apa?

Melansir laman I Love Language, Kamis (5/10/2023), dalam bahasa Korea, kata “gwenchana” berarti “tidak apa-apa” atau “jangan khawatir.” Ini adalah ungkapan yang sangat umum digunakan dalam budaya Korea dan digunakan untuk meyakinkan seseorang bahwa semuanya baik-baik saja atau untuk memberi tahu mereka agar tidak khawatir. 

Ungkapan tersebut dapat digunakan dalam berbagai situasi dan merupakan cara yang bagus untuk menunjukkan kepada seseorang bahwa Anda peduli padanya. Istilah “gwenchana” mengacu pada keadaan internet. (KWOW #9) adalah nama yang diberikan kepada gwenchana (genchana). Kata Korea untukmu adalah dangshin. Saya baik-baik saja/oke, kata terjemahannya.

Gwenchana bisa berarti 'baik', 'baiklah', atau 'baik'. Bisa juga digunakan untuk menanyakan perasaan seseorang. Daripada mengatakan ya, Anda sebaiknya mengatakan gwaenchanayo atau angwaenchanayo. Tidak apa-apa atau saya baik-baik saja, kedua kata tersebut digunakan dalam bahasa Korea yang berarti “Saya baik-baik saja.” 

Selain itu, dalam bahasa Korea, “gwenchana” adalah cara santai untuk mengatakan “tidak masalah” atau “tidak apa-apa”. “Gwenchana” dapat digunakan sebagai respons terhadap permintaan maaf seseorang atau sebagai cara untuk meremehkan suatu situasi.

Menggunakan gwenchana dengan orang dekat 

Saat berbicara dengan orang dekat, ada baiknya menggunakan gwenchana. Percakapan informal sering kali menggunakan istilah ini untuk menunjukkan bahwa mengekspresikan diri tidak masalah.

Saat berbicara dengan orang yang tidak terlalu Anda kenal, istilah “kinchana” sering digunakan. Ini sering digunakan sebagai ekspresi formal persetujuan dalam suasana formal.

Bagaimana Anda mengetik gwenchana dalam bahasa Korea? Tidak ada terjemahan langsung untuk “gwenchana” dalam bahasa Korea, tetapi maknanya dapat diperkirakan dengan kata lain. Misalnya, Anda bisa mengucapkan “gwaenchanha” (괜찮아) untuk menyatakan bahwa Anda baik-baik saja, atau “cheoeum” (처음) untuk menyatakan bahwa ini pertama kalinya.

Arti gwenchanayo dalam bahasa Inggris

Tidak ada arti pasti untuk kata “gwenchanayo” dalam bahasa Inggris, karena kata tersebut bukanlah sebuah kata dalam bahasa Inggris. Namun, beberapa orang mungkin menggunakan kata tersebut untuk berarti “halo” atau “selamat tinggal” dengan cara yang bersahabat, atau untuk menggambarkan sesuatu yang indah atau enak dilihat

Saya baik-baik saja dalam bahasa Inggris dan oke lang ako dalam bahasa Tagalog adalah istilah yang diterjemahkan ke dalam bahasa Korea. Jika Anda ingin menanyakan kesehatan Anda, lakukan sedikit perubahan pada intonasi Anda. 

Istilah Korea gwenchana, yang biasa digunakan untuk menggambarkan persahabatan atau hubungan cinta, sering digunakan. Ini mirip dengan “saya baik-baik saja” dalam bahasa Inggris. Bagaimana maksudmu aku baik-baik saja ketika kamu mengatakan itu adalah jawaban apakah kamu baik-baik saja atau tidak? Orang Korea menggunakan kata yo untuk mengucapkan “terima kasih” kepada seseorang yang lebih tua ketika berbicara dengan mereka dalam berbagai istilah. Aku baik-baik saja merupakan perkiraan dari kata gwenchanayo dalam bahasa Korea.

Oke lang ako dalam bahasa Tagalog. Saya baik-baik saja dalam bahasa Inggris. Ketika seseorang lebih tua dari Anda, itu adalah permintaan formal untuk menanyakan apakah mereka baik-baik saja atau baik-baik saja. Jadikan nada bicara Anda sebuah pernyataan.

 
Tidak ada arti pasti untuk kata “gwenchanayo” dalam bahasa Inggris,
 
 

 

Viral karena K-Drama

Gwenchana atau gwenchanayo (괜찮아, 괜찮아요 dalam bahasa Korea) adalah ungkapan slang Korea umum yang diterjemahkan menjadi "Apakah kamu baik-baik saja?" atau "Tidak apa-apa!" tergantung pada konteksnya. Ungkapan tersebut sering digunakan dalam serial K-Drama dan menjadi viral di Tikt

ok pada awal September 2023, dengan pengguna memposting meme ironis, sandiwara komedi, dan video lucu berdasarkan slogan Korea.

Melansir laman Know Your Meme, Kamis (5/10/2023), dipopulerkan serial TV drama Korea atau dikenal dengan K-Drama membuat ekspresi "gwenchana" mendapat pengakuan global. Salah satu contoh ekspresi paling awal yang menjadi mim viral berasal dari adegan serial "Selamat Datang di Waikiki" .

Pada 19 Juni 2020, pengguna Youtube @kdramamaniac2906 memposting adegan yang menampilkan karakter berulang kali mengatakan “gwenchana” sebagai “Tidak apa-apa” untuk menenangkan teman-temannya. Video tersebut mengumpulkan lebih dari 774 ribu penayangan dan 22 ribu suka dalam tiga tahun.

Pada 11 September 2023, pengguna Tiktok @grprm._ memposting video yang mengucapkan ekspresi tersebut dalam beberapa nada disertai dengan soundtrack emosional. Video tersebut dengan cepat menjadi viral di platform tersebut, diputar lebih dari 26 juta kali, tiga juta suka, dan lebih dari 96 ribu video lainnya yang menggunakan suara tersebut.

Misalnya, pada 15 September 2023, pengguna Tiktok @rydrayn mem-posting video kucing sedih yang dipadukan dengan suara viral, yang ditonton lebih dari 46 juta kali dan sembilan juta suka dalam dua minggu. Pada 23 September 2023, pengguna Youtube @piximilie mengunggah versi video layar hijau dari suara Tiktok yang viral. Postingan tersebut mengumpulkan sekitar 770 tampilan dan 18 suka dalam sepekan.

 


 

 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Korea dan Cina Ogah Makan Boga Bahari dari Jepang

Jepang memulai pembuangan air radioaktif kemarin.

SELENGKAPNYA

Ngeri-Ngeri Sedap, Wisata ke Zona Militer Korea

Perjalanan ke DMZ memberikan pengalaman tersendiri nan suram.

SELENGKAPNYA

Deretan Tontonan Korea Sepanjang Juni yang Siap Menemani

Juni diawali dengan libur panjang yang memerlukan daftar tontonan menarik,

SELENGKAPNYA