Seorang pejalan kaki berjalan menyeberang jalan di tengah hujan pada Jumat, 29 September 2023 di New York. | AP Photo/Andres Kudacki

Internasional

Dunia Kepanasan, New York Justru Diterpa Hujan Dahsyat

Banjir terjadi dua tahun setelah Badai Ida menyebabkan hujan dengan rekor tertinggi di timur laut AS.

Saat banyak wilayah di dunia mengalami kemarau panjang, hujan justru mengguyur wilayah metropolitan New York dengan dahsyat pada Jumat (29/9/2023) waktu setempat. Cuaca paling basah dalam beberapa dekade ini melumpuhkan beberapa jalur kereta bawah tanah dan kereta komuter, membuat pengemudi terlantar di jalan raya, membanjiri ruang bawah tanah, dan menutup terminal di Bandara LaGuardia selama berjam-jam.

Curah hujan lebih dari 18,41 sentimeter telah turun di beberapa bagian Brooklyn saat malam tiba. Menurut laporan cuaca dan pejabat New York, dalam satu waktu mengalami curah hujan enam sentimeter dalam satu jam.

Menurut Badan Cuaca Nasional, curah hujan mencapai 21,97 sentimeter di Bandara John F. Kennedy melampaui rekor hari lain selama September. Rekor terakhir dicapai saat Badai Donna pada 1960. Diperkirakan akan terjadi lebih banyak hujan lebat.

Banjir ini terjadi dua tahun setelah sisa-sisa Badai Ida menyebabkan hujan dengan rekor tertinggi di Northeast dan menewaskan sedikitnya 13 orang di New York City, sebagian besar di apartemen bawah tanah yang kebanjiran. Meskipun sejauh ini tidak ada korban jiwa atau cedera parah yang dilaporkan sejak badai mulai, hal ini menimbulkan kenangan yang menakutkan.

Ida membunuh tiga tetangga Joy Wong, termasuk seorang balita. Pada Jumat, air mulai menggenangi pintu depan gedungnya di Woodside, Queens. “Saya sangat khawatir,” katanya. Gedung tempat tinggal Wong terlalu berbahaya untuk ditinggali. “Di luar seperti danau, seperti lautan," ujarnya.

Dalam beberapa menit, air memenuhi ruang bawah tanah gedung hingga hampir mencapai langit-langit. Setelah kematian keluarga tersebut pada 2021, ruang bawah tanah diubah menjadi ruang rekreasi dan sekarang sudah hancur.

Sedangkan di Crown Heights Brooklyn, Jessie Lawrence terbangun karena suara hujan yang menetes dari langit-langit apartemennya di lantai empat dan mendengar suara aneh di luar pintu depan rumahnya. Dia membukanya dan menemukan air masuk lebih kencang dan deras mengalir ke lorong dan menuruni tangga. Hujan menggenang di atap dan merembes melalui jendela atap.

Pejabat New York mengatakan, telah mendapat laporan mengenai enam apartemen bawah tanah yang kebanjiran pada Jumat. Namun dipastikan semua penghuni gedung-gedung itu berhasil keluar dengan selamat.

photo
Warga menyaksikan para pekerja berupaya membersihkan saluran air di perairan banjir, Jumat, 29 September 2023, di wilayah Brooklyn, New York. - (AP Photo/Jake Offenhartz)

Gubernur New York Kathy Hochul dan Walikota New York City Eric Adams mengumumkan keadaan darurat dan mendesak masyarakat untuk tetap tinggal jika memungkinkan. Namun sekolah dibuka, siswa masuk kelas dan banyak orang dewasa berangkat kerja, hanya bertanya-tanya cara bisa kembali pulang.

Hampir setiap jalur kereta bawah tanah setidaknya ditangguhkan sebagian, dialihkan, atau berjalan dengan penundaan. Layanan kereta komuter Metro-North dari Manhattan ditangguhkan hampir sepanjang hari tetapi mulai dilanjutkan pada malam hari.

Jalan Rel Long Island rusak, 44 dari 3.500 bus kota terdampar dan layanan bus terganggu di seluruh kota. “Ketika bus berhenti, Anda tahu itu buruk,” kata Malachi Clark, siswa sekolah menengah Brooklyn, setelah mencoba pulang dengan bus, lalu kereta bawah tanah.

Bus sekolah tetap beroperasi, hanya saja fasilitas ini mengangkut sebagian kecil siswa sekolah negeri. Banyak di antara penumpang yang menggunakannya adalah penyandang disabilitas.

photo
Responden pertama menyeberangi air banjir di dasar Jembatan Williamsburg, Jumat, 29 September 2023, di New York. - (AP Photo/Jake Offenhartz)

Antrean panjang orang mengular dari loket tiket pada sore hari di Terminal Grand Central, Mike Tag termasuk di antara penumpang yang keretanya dibatalkan. Pegawai kereta api telah menyarankan solusi yang mungkin dilakukan, tetapi dia bertanya-tanya solusi tersebut akan berhasil atau gagal. “Jadi saya akan duduk di sini, menunggunya, sampai mereka terbuka,” kata Tag.

Di sebuah jalan di lingkungan South Williamsburg di Brooklyn, para pekerja berlutut di dalam air ketika mencoba membuka sumbatan saluran air sementara kardus dan puing-puing lainnya melayang. Beberapa orang menyusun peti susu dan papan kayu untuk melintasi trotoar yang terendam banjir.

Penerbangan ke LaGuardia dihentikan sebentar di pagi hari, dan kemudian ditunda, karena air di area pengisian bahan bakar. Banjir juga memaksa penutupan salah satu dari tiga terminal bandara selama beberapa jam. Terminal A kembali beroperasi normal sekitar pukul 20.00.

Banjir ini terjadi kurang dari tiga bulan setelah badai menyebabkan banjir mematikan di Lembah Hudson di New York dan membanjiri ibu kota Vermont, Montpelier. Saat planet ini memanas, badai terbentuk di atmosfer yang lebih panas yang dapat menampung lebih banyak kelembapan, sehingga membuat curah hujan ekstrem lebih sering terjadi. 

Ancaman Krisis Iklim - (republika)  ​

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Perubahan Iklim Ancam Produksi Beras dalam Jangka Panjang

Pemerintah harus menggencarkan program diversifikasi pangan.

SELENGKAPNYA

Libya, Korban Terkini Perubahan Iklim?

Korban jiwa banjir Libya melampaui 5.000 jiwa.

SELENGKAPNYA

Mayoritas Manusia Kepanasan Akibat Perubahan Iklim

Indonesia jadi salah satu yang paling parah terdampak perubahan iklim.

SELENGKAPNYA