Kebiasaan bangun pagi yang menyehatkan (ilustrasi) | Unsplash/David Mao

Gaya Hidup

Bangun Pagi dan Upaya Hidup Berbahagia

Cara lain untuk memulai pagi dengan baik adalah dengan menahan diri untuk tidak mengambil ponsel.

Cara seseorang memulai pagi hari dapat berdampak besar pada sisa hari mereka. Pakar kesehatan mental mengatakan bahwa banyak orang yang paling bahagia memiliki kebiasaan pagi yang hampir sama.

Penting juga untuk menetapkan rutinitas yang akan membantu seseorang untuk meraih kesuksesan. Ryan Sultan, MD seorang psikiater bersertifikat, terapis, dan profesor di Columbia University, merekomendasikan untuk memulai dengan menerapkan kebiasaan yang memberikan dampak terbesar pada kesehatan mental sendiri.

“Ingat, ini bukan tentang bersikeras pada semua praktik ini, tapi menemukan apa yang sesuai dengan diri dan menjadikannya bagian berharga dari rutinitas pagi Anda,” kata dia. Menurut dia, menerapkan satu atau dua kebiasaan ini dapat membuat perbedaan besar dalam pandangan dan kebahagiaan seseorang secara keseluruhan.

Berikut lima hal yang dilakukan orang paling bahagia setiap pagi untuk hari yang lebih bahagia dan sehat, seperti dilansir dari Best Life, Rabu (27/9/2023).

 

  1. Bangun tidur dengan lemah lembut
photo
Bangun pagi lebih baik tanpa memanfaatkan alarm (ilustrasi) - (Unsplash/Laura Chouette)

Jika bangun tidur dimulai dengan bunyi jam alarm yang keras, Anda mungkin akan menghadapi lebih banyak kecemasan daripada ketenangan. “Daripada membunyikan alarm, orang yang bahagia mempertimbangkan metode bangun yang lebih lembut seperti suara alam, musik yang pelan, bahkan alarm berbasis cahaya yang meniru matahari terbit,” kata Michelle Landeros, LMFT, terapis di Therapist Pages. 

Para ahli juga menyarankan untuk tidak menekan tombol snooze karena hal ini dapat membuat Anda merasa lebih pening, disorientasi, dan lesu. Dengan menjaga waktu tidur dan bangun secara konsisten serta menerapkan kebersihan tidur yang baik, Anda dapat melatih tubuh untuk bangun tanpa perlu tambahan waktu 10 atau 15 menit di tempat tidur.

 

2. Tidak langsung ambil gawai

Agar Mudah Terlelap - (Republika)

  ​

Cara lain untuk memulai pagi dengan baik adalah dengan menahan diri untuk tidak mengambil ponsel atau perangkat secara naluriah saat pertama kali bangun. “Daripada langsung membuka ponsel atau membuka e-mail, orang yang paling bahagia sering kali menjalani periode 'detoksifikasi digital' pada pagi hari,” kata Niloufar “Nilou” Esmaeilpour, konselor klinis terdaftar di Lotus Therapy & Counseling Center di Vancouver, Kanada. 

Hal ini memungkinkan mereka untuk memulai hari dengan cara mereka sendiri dibandingkan bersikap reaktif terhadap notifikasi dan tuntutan.

 

3. Kegiatan kreatif

Menghabiskan beberapa saat waktu untuk proyek kreatif dapat membantu menempatkan diri di jalur yang benar untuk menjalani hari yang lebih memuaskan, menurut para ahli. Sultan menyarankan untuk membuat sketsa, memainkan alat musik, berkebun, atau menghabiskan waktu melakukan aktivitas apa pun yang membuat gembira.

Meski hanya beberapa menit, tindakan ini bisa menjadi cara yang penuh perasaan untuk memulai hari. “Tidak peduli seberapa kecilnya, tindakan penciptaan ini menentukan sikap proaktif pada hari ini,” kata Landeros.

 

4. Melatih perhatian dan rasa syukur

photo
Bangun pagi (ilustrasi) - (Unsplash/Laura Chouette)

Penelitian menunjukkan bahwa melatih kesadaran dan rasa syukur dapat menghasilkan kesehatan mental yang lebih baik dan tingkat kepuasan hidup yang lebih tinggi. Itu sebabnya memulai pagi hari dengan latihan mindfulness positif dapat membuat lebih bahagia seiring berjalannya waktu.

"Sebelum kesibukan dimulai, banyak orang yang bahagia mengambil waktu sejenak untuk memusatkan diri. Ini mungkin melibatkan beberapa menit meditasi, bernapas dalam-dalam, atau sekadar merenungkan hal-hal yang mereka syukuri. Praktik-praktik seperti itu menenangkan mereka, menanamkan rasa perdamaian dan penghargaan atas momen saat ini,” kata Sultan.

 

5. Luangkan waktu untuk olahraga

photo
Berolahraga di pagi hari (ilustrasi) - (Unsplash/Bruno Nascimento )

Olahraga dapat membantu melepaskan endorfin dan dopamin, zat kimia otak yang menurunkan tingkat stres dan secara alami meningkatkan suasana hati. Faktanya, studi pada 2021 yang diterbitkan di Frontiers in Psychology menemukan bahwa kebiasaan olahraga adalah indikator kunci kebahagiaan, kepuasan hidup, dan harga diri.

Setelah empat pekan berolahraga, para pemula menunjukkan kepuasan hidup dan kebahagiaan yang lebih besar dibandingkan dengan para pemula. Baik itu olahraga ringanatau berat, banyak orang yakin dengan kekuatan gerakan pagi hari. Ini tidak hanya membangunkan tubuh tetapi juga pikiran, memberikan semangat dan amunisi sejak pagi hari. 

 

 
Daripada membunyikan alarm, orang yang bahagia mempertimbangkan metode bangun dengan suara alam.
 
RYAN SULTAN, Psikiater bersertifikat, terapis, dan profesor di Columbia University. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Taktik Menata Kamar Agar Sukses Tidur Cantik

Kamar tidur harus dibuat atau ditata dengan mengutamakan kesehatan serta kenyamanan penghuninya.

SELENGKAPNYA

Menggugat 'Kewajiban' Tidur Delapan Jam Sehari

Kebutuhan tidur seseorang selalu berubah di tiap fase hidup.

SELENGKAPNYA

Tidur Malam dan Seni Mengelola Depresi

Gen Z memiliki level kerentanan stres yang lebih tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

SELENGKAPNYA