Lari anak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anak. Hasan menjadi salah satu peserta kategori Kids Run di Herbalife Run | Tangkapan Layar

Gaya Hidup

Mengulik Manfat Mengajak Anak Lari

Event lari saat ini juga banyak yang telah menyasar anak-anak.

Saat ini event lari banyak sekali diadakan di berbagai kota, di antaranya Jakarta, Tangerang, juga Bekasi. Tak hanya menyasar orang dewasa, event lari saat ini juga menyasar anak-anak.

Apa sebenarnya manfaat lari untuk anak? Nutrisionis Herbalife Indonesia, Aria Novitasari, menjelaskan manfaat lari untuk anak tentunya untuk meningkatkan kesehatan anak karena anak menjadi aktif bergerak. "Di mana hal ini dapat mendukung otot dan tulang anak menjadi kuat dan mencegah obesitas," ujarnya kepada Republika, Selasa (26/9/2023).

Kemudian manfaat lainnya adalah menumbuhkan motivasi diri dan kerja keras sehingga anak pantang menyerah dan memiliki upaya yang berkelanjutan, seperti latihan rutin untuk mencapai kesuksesan atau cita-citanya.

Lalu usia berapa anak sudah bisa ikut ajang lari? Menurutnya, anak-anak usia lima sampai sembilan tahun sudah boleh diajak lari dan mengikuti kompetisi lari anak. Tentunya ada berbagai hal yang harus dipersiapkan untuk lari anak.

 

photo
Orang tua bisa mengajarkan anak lari sejak umur lima tahun. Bahkan, lari bersama anak bisa menjadi aktivitas quality time bersama keluarga. - (Republika/ Desy Susilawati)

Menurut Aria, yang utama adalah latihan atau olahraga rutin, para orang tua dapat mengajak anak berjalan-jalan dan berlari setiap satu hingga tiga pekan agar anak terbiasa dengan aktivitas lari.

Selain itu, perhatikan dan pilihlah asupan nutrisi seimbang harian bagi anak, yaitu makanan sehat lengkap dengan asupan nutrisi. Mulai dari karbohidrat, protein, lemak dan serat yang menunjang tumbuh kembang anak hingga agar tubuh anak dapat menyediakan cadangan energi sebelum lari.

Aria menambahkan jangan lupa menjaga hidrasi atau kadar cairan tubuh bagi anak juga sangat penting. "Agar anak tidak bosan dengan minum air mineral, anak dapat diajak mengonsumsi susu, sup, serta buah-buahan yang tinggi air, seperti semangka, stroberi, jeruk dan anggur," ujarnya.

Untuk persiapan sebelum lomba, setelah rutin latihan dan memenuhi kecukupan asupan nutrisi seimbang. Orang tua juga jangan lupa untuk mempersiapkan waktu tidur bagi anak sehari sebelum lomba lari. "Ajak anak untuk tidur lebih cepat sehingga tubuh siap dan segar untuk lomba pada keesokan harinya," kata Aria. 

Kemudian yang juga penting adalah ajak anak untuk lakukan pemanasan ringan setidaknya 15 menit sebelum lomba. Hal ini bertujuan meningkatkan performa fisik dan mengurangi risiko cedera.

Setelah lari, juga penting bagi orang tua untuk menyiapkan hidrasi dan buah-buahan seperti pisang. Karena pisang mengandung nutrisi penting seperti karbohidrat dan protein yang dapat mendukung waktu pemulihan setelah berolahraga secara cepat.

Ajak Anak Bergerak

Salah satu event lari yang menyediakan kategori anak adalah Herbalife Run yang diselenggarakan di Pantai Aloha, Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Jakarta Utara, Sabtu (24/9/2023). Head of Corporate Communications Herbalife Nutrition Indonesia Intan Pratiwi Darmawanti menjelaskan, sesuai tagline kampanye Herbalife tahun ini yaitu Live Your Best Life, Herbalife mengajak semua golongan usia untuk menerapkan gaya hidup sehat dan aktif.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Herbalife Run Indonesia (@herbaliferun.indonesia)

Konsep ajang lari kali ini pada dasarnya adalah acara olahraga yang dapat diikuti oleh masyarakat dari berbagai usia. Intan mengatakan, peserta tentunya dapat mengajak teman dan keluarga, termasuk anak-anaknya. "Kategori Kids Run dari tahun ke tahun selalu diminati oleh peserta anak-anak, hal ini mendorong kami untuk terus membuka kategori Kids Run pada Herbalife Run," ujar Intan.

Kids Run memiliki jarak lari yang tidak terlalu jauh, yaitu hanya 800 meter dan anak-anak dapat didampingi oleh orang tuanya. Kategori Kids Run pada Herbalife Run diadakan untuk mengajak anak-anak aktif bergerak.

Ajang ini juga merupakan tempat dimana anak-anak dapat mengikuti kompetisi yang seru dan menyenangkan. Karena setelah finish, setiap peserta juga akan mendapat medali yang keren.

Sehingga dapat menumbuhkan kepercayaan diri dan rasa bangga atas pencapaian yang didapat oleh anak-anak. Selain itu, area Herbalife Run juga dilengkapi kids playground, di mana anak-anak dapat leluasa bermain seusai menyelesaikan target larinya.

 

 
Anak-anak usia lima sampai sembilan tahun sudah boleh diajak lari dan mengikuti kompetisi. 
 
ARIA NOVITASARI, Nutrisionis Herbalife Indonesia. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Jangan Dulu Mulai Lari, Sebelum Membaca Ini

Bra olahraga yang tepat diperlukan untuk memberikan dukungan ekstra pada payudara selama aktivitas berdampak tinggi.

SELENGKAPNYA

Agar Hobi Lari tak Berujung Cedera Lutut

Berlari sebenarnya tidak merusak lutut bila dilakukan dengan teknik dan porsi yang sesuai untuk masing-masing individu.

SELENGKAPNYA

Berlari Mendampingi Atlet Disabilitas Netra

Pelari pendamping menjadi mata bagi atlet disabilitas netra.

SELENGKAPNYA