Kemeriahan acara Brightspot Market 2022,Selasa (12/9/2023). | Dok Brightspot Market

Gaya Hidup

Masa Depan Manusia, Alam, dan Teknologi dalam Industri Kreatif

Brightspot Market tahun ini menghadirkan jenama lokal dari berbagai kota di seluruh Indonesia.

Selama beberapa tahun terakhir, Brightspot Market telah menjadi wadah bagi para kreatif untuk memamerkan karyanya. Dengan tema "The Future is Human" pada Brightspot Market 2023, acara ini menyediakan platform bagi merek lokal untuk berkolaborasi dan mengintegrasikan kecerdasan buatan dengan bijaksana.

Brightspot Market juga mengajak semua pemangku kepentingan untuk memastikan bahwa manusia tetap menjadi fokus utama dalam setiap esensi dan strategi bisnis. Sembari, menggunakan inovasi teknologi untuk menciptakan nilai tambah bagi pengalaman konsumen.

Perubahan selalu membawa dampak pada berbagai aspek, termasuk alam. Brightspot Market 2023 dengan tema "The Future is Human" mengusung konsep Solarpunk, atau sebuah gerakan menuju masa depan berkelanjutan yang mendukung kolaborasi antara manusia, alam, dan teknologi.

photo
Kemeriahan acara Brightspot Market 2022,Selasa (12/9/2023). - (Dok Brightspot Market)

BCA Goodlife X Brightspot Market 2023 pun menjadi tempat konvergensi ketiganya. Sehingga menciptakan lingkungan yang lebih berkelanjutan, memungkinkan manusia hidup berdampingan dengan alam dan teknologi, serta mendukung peran masing-masing.

Pendiri Brightspot Market dan Future 10, Anton Wirjono, mengatakan setelah hidup dalam dunia daring yang begitu mendominasi, BCA Goodlife X Brightspot Market 2023 “The Future is Human” ingin mengingatkan industri kreatif untuk merasakan setiap momen dalam hidup dan menghidupkan kembali interaksi tatap muka yang telah terlupakan.

"Pergeseran dari strategi daring ke luring, atau kombinasi keduanya, membawa tantangan baru bagi pelaku industri kreatif. Dalam tema ini, kami mengajak merek lokal untuk mengintegrasikan strategi daring dan luring guna menjangkau lebih banyak audiens,” kata Anton dalam jumpa pers BCA Goodlife X Brightspot Market 2023 di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (12/9/2023).

photo
(kiri-kanan) Founder Brightspot Market dan Future 10 Anton Wirjono, Founder dari LTD  & Brightspot Market dan Direktur Utama LLP-KUKM Leonard Theosabrata, dan EVP Transaction Banking Business Development BCA I Ketut Alam Wangsawijaya dalam jumpa pers BCA Goodlife X Brightspot Market 2023 di XXI Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (12/9/2023). - (Republika/Umi Nur Fadhilah)

Plaza Senayan kembali dipilih sebagai lokasi untuk Brightspot Market 2023. Anton menyebut Plaza Senayan merupakan lokasi strategis untuk berkumpulnya para kreatif yang berinteraksi, bersosialisasi, dan berkolaborasi dalam menciptakan karya bersama.

Plaza Senayan, lanjut dia, telah membuktikan ketangguhannya dalam menghadapi perubahan, terus berinovasi dan beradaptasi untuk tetap bersaing dengan pesaing baru. Lokasi ini tetap menjadi daya tarik bagi pelaku industri kreatif dan mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Perkuat Lokal

photo
Kemeriahan acara Brightspot Market 2022,Selasa (12/9/2023). - (Dok Brightspot Market)

Dalam upayanya untuk mendorong jenama lokal Indonesia agar lebih kompetitif dan mendukung pertumbuhan industri kreatif, Brightspot Market tahun ini menghadirkan jenama lokal dari berbagai kota di seluruh Indonesia. Hal ini diharapkan akan membantu merek lokal untuk lebih responsif terhadap perubahan teknologi dan memiliki pandangan yang lebih tepat mengenai konsep "lokal", tanpa harus terkait dengan harga murah atau keterikatan dengan tradisional.

Signature Time hadir di Brightspot sebagai inspirasi untuk mengajak individu menjalani hidup sesuai dengan passion mereka. Termasuk juga, mengejar apa yang mereka sukai, dan menentukan standar kesuksesan sesuai keinginan pribadi.

Anton menjelaskan Brightspot adalah tempat yang tepat untuk menampilkan contoh nyata bahwa orang telah merasakan nikmatnya hidup, meraih kesuksesan sesuai dengan passion mereka, dan menentukan definisi sukses sesuai dengan passion mereka, tanpa terpengaruh oleh tekanan sosial.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by brightspotMRKT (@brightspotmrkt)

Selama 14 tahun perjalanannya, Brightspot Market mencatat pencapaian baru dengan lebih dari 800 merek lokal yang mendaftar, termasuk banyak dari luar Pulau Jawa. Angka ini mencerminkan semakin tingginya antusiasme pelaku merek lokal setiap tahun, yang menyebar ke seluruh Indonesia, serta dorongan kuat untuk terus berinovasi dan berkembang.

Brightspot Market 2023 diselenggarakan selama dua pekan yang berbeda, mulai dari 27 September hingga 1 Oktober 2023, dan dilanjutkan pada 6 hingga 8 Oktober 2023. Dengan jadwal ganda ini, Brightspot Market 2023 memberikan kesempatan lebih besar bagi pengunjung dan pelaku industri untuk terlibat dalam perayaan yang meriah, serta memperluas koneksi. 

 

 
Pergeseran dari strategi daring ke luring, membawa tantangan baru bagi pelaku industri kreatif.
 
ANTON WIRJONO, Pendiri Brightspot Market dan Future 10. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Manfaatkan Teknologi Kecantikan untuk Makin Cerdas Berbelanja

Mindful shopping kini terus digaungkan untuk makin mengedukasi para penyuka belanja.

SELENGKAPNYA

Mengenali Tingkah-Polah Penggila Belanja Daring

Beda tipe belanja, beda pula cara memikat hatinya.

SELENGKAPNYA

Cerdas Belanja Perlengkapan Rumah Tangga

Fitur, kebutuhan, dan desain tampilan adalah faktor penentu.

SELENGKAPNYA

Belanja Kosmetik Lebih Mudah dengan Augmented Reality

Sekitar 80 persen konsumen digital di Indonesia akan meningkat pada 2023.

SELENGKAPNYA