Berbelanja produk kosmetik (ilustrasi) | Edi Yusuf/Republika

Inovasi

Manfaatkan Teknologi Kecantikan untuk Makin Cerdas Berbelanja

Mindful shopping kini terus digaungkan untuk makin mengedukasi para penyuka belanja.

Saat berbelanja produk perawatan dan kecantikan secara daring, pembeli tentu tidak bisa mencoba dan merasakan langsung produk yang akan mereka beli. Akibatnya, pembeli sering kali mendapatkan produk yang tidak cocok atau sesuai dengan kebutuhan mereka. Pada akhirnya, produk yang mereka beli menjadi sia-sia dan tidak terpakai. 

Mendapatkan produk perawatan dan kecantikan yang cocok melalui belanja daring memang bukan hal yang mudah. Sering kali, pembeli melakukan berbagai riset yang panjang sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk secara daring.

Hal serupa juga diungkapkan oleh omnichannel-retailer kecantikan terkemuka di Indonesia, Sociolla. Berdasarkan data dan analisis internal terhadap perilaku pelanggan kecantikan, Sociolla menemukan bahwa pelanggan setidaknya melakukan 10 langkah eksplorasi sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan pembelian.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sociolla (@sociolla)

Ada beragam langkah eksplorasi yang biasanya dilakukan oleh para pelanggan. Sebagian di antaranya adalah pencarian produk, melihat ulasan dari berbagai sumber, bertanya kepada teman dan beauty advisor, hingga melakukan pembandingan harga.

Sociolla menyadari, beragam langkah eksplorasi ini dapat menyita banyak waktu pelanggan. Oleh karena itu, Sociolla menghadirkan sebuah fitur inovatif baru yang dapat membantu pelanggan menemukan produk yang tepat dengan lebih cepat dan mudah.

Fitur baru bernama 'Expert Review' ini melibatkan empat orang ahli dan profesional yang akan memberikan ulasan mendalam mengenai produk perawatan diri hingga kecantikan. Para ahli dan profesional yang terlibat tidak hanya memiliki pengetahuian yang mumpuni, tetapi juga pengalaman luar biasa yang telah teruji selama bertahun-tahun.

Tak hanya itu, para ahli dan profesional yang menjadi pengulas produk juga tidak terikat atau terafiliasi dengan brand mana pun. Mereka diberikan kebebasan untuk memberikan ulasan sejujur mungkin mengenai beragam produk yang mereka inginkan. "Para expert boleh me-review apa saja, termasuk (produk) yang pernah mereka coba," kata Co-Founder & CMO Social Bella, Chrisanti Indiana, di Jakarta.

Dua dari empat ahli yang akan memberikan ulasan produk melalui 'Expert Review' adalah makeup artist Ryan Ogilvy untuk produk riasan wajah dan hair stylist Rey Nathanael untuk produk perawatan rambut. Sedangkan dua ahli lainnya adalah medical doctor Claudia Christin MBBS PhD (Dermatology) dan dokter estetika dr Abelina Dini Fitria Dipl AAAM MM MARS untuk produk perawatan kulit dan tubuh. "Mereka pasti akan memberikan ulasan produk yang tepercaya, yang tidak hanya berlandaskan pada penggunana pribadi," kata Chrisanti.

Chrisanti mengungkapkan, fitur ini akan menjadi fitur permanen yang bisa diakses oleh para pelanggan Sociolla, baik melalui aplikasi SOCO by Sociolla maupun laman https://sociolla.app.link/expert-review. Ia berharap, ulasan mendalam dan berkualitas yang diberikan oleh para ahli dapat menjadi panduan yang berguna bagi pelanggan sebelum membeli sebuah produk perawatan atau kecantikan. Dengan begitu, pelanggan bisa mendapatkan produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka.

"Dari awal, Sociolla merasa mindful shopping itu penting banget. Kami ingin beauty enthusiast berbelanja dengan tidak wasteful, tetapi benar-benar mendapatkan produk yang cocok, tepat, dan bisa dipakai," kata Chrisanti.

Rey sebagai salah satu ahli merasa sangat antusias terlibat dalam 'Expert Review'. Rey merasa sangat senang karena dapat memberikan ulasan sejujur mungkin tanpa harus merasa dikekang oleh brand atau endorsement. "Ini game changer," kata Rey.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Claudia. Sebagai seorang dokter yang gemar mengulas produk perawatan, Claudia mengungkapkan bahwa dia kerap menerima banyak pertanyaan dari pengikutnya di media sosial.

Akan tetapi, Claudia merasa informasi yang dia bagikan melalui media sosial terdokumentasikan secara acak. Tak jarang, pengikut Claudia di media sosial harus men-scroll laman akunnya dengan cukup panjang hanya untuk menemukan ulasan lamanya mengenai suatu produk.

Dengan adanya fitur 'Expert Review, Claudia mengatakan para beauty enthusiast bisa menemukan semua ulasan produk yang dia buat di satu tempat. Selain itu, beragam ulasan yang Claudia buat juga bisa diakses dengan sangat mudah. "Dengan ulasan produk semoga teman-teman menjadi mindful berbelanjanya, dengan membeli produk yang cocok," kata Claudia.

Ryan juga mengungkapkan bahwa dia akan benar-benar memberikan ulasan yang jujur mengenai beragam produk riasan wajah atau makeup. Ryan mengatakan dia tak akan menutup-nutupi atau memberikan pujian untuk semua produk. Tak lupa, Ryan juga mengungkapkan, ia akan memberi tips dan trik untuk menggunakan produk yang diulas. 

 

 
Pelanggan setidaknya melakukan 10 langkah eksplorasi sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan pembelian. 
RISET SOCIOLLA 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat