Film The Nun II, rilis 6 September 2023. | Instagram/The Nun Movie

Geni

Berkenalan dengan Pemeran Asli Valak, Aslinya Menyenangkan

Ketika sudah memakai kostum dan riasan Valak, Aarons disebut seolah sudah menjadi karakter tersebut sepenuhnya.

Aktris dan penulis AS Bonnie Aarons dikenal berkat peran ikoniknya sebagai biarawati setan ‘Valak’ dalam waralaba The Conjuring. Namun, kali ini karakter aslinya di balik layar telah diungkap oleh sutradara The Nun II, Michael Chaves.

“Bonnie adalah ikon horor dan dia telah bermain di banyak film horor hebat. Ini jelas merupakan perannya yang menentukan, inilah peran yang semua orang mengenalnya,” kata Chaves, seperti dilansir dari People, Sabtu (9/9/2023).

Aarons pertama kali memerankan Valak di The Conjuring 2 pada 2016. Di film tersebut, dia menghantui Patrick Wilson dan Ed dan Lorainne Warren dari Vera Farmiga. Aktris berusia 63 tahun itu muncul di entri Conjuring lainnya, dan spin-off Nun dari karakternya pada 2018 yang juga dibintangi oleh saudara perempuan Vera di kehidupan nyata, Taissa Farmiga sebagai Sister Irene.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bonnie Aarons (@bonnieaarons1)

Ia pun menjadi pemain box office terbesar dari waralaba tersebut. Lima tahun kemudian, dia kembali ke The Nun II, dan menghayati peran seram seperti biasanya. "Dia punya energi menakutkan yang besar di lokasi syuting," kata Chaves tentang Aarons. 

Ketika sudah memakai kostum dan riasan Valak, Aarons disebut seolah sudah menjadi karakter tersebut sepenuhnya. Menurut Chaves, ada aktor yang merupakan penggemar film aslinya, ada kualitas yang menakutkan, juga sangat takut pada film tersebut.

Dia pun mengaku memiliki perasaan sama saat pertama kali Aarons datang ke lokasi syuting. Chaves, yang juga menyutradarai The Conjuring: The Devil Made Me Do It di 2021, menyebutkan bahwa karakter asli Aarons sebetulnya sangat menyenangkan.

"Harus dikatakan, dia adalah orang yang menyenangkan di luar. Dia sangat menyenangkan, bersemangat, dan mudah diajak bicara. Benar-benar orang yang hebat," kata dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bonnie Aarons (@bonnieaarons1)

Aarons juga manusia biasa, tetapi harus diakui ia hebat untuk diajak bekerja sama. Chaves melihat kapasitas serupa juga ada pada Vera dan Taissa, yakni mereka mampu menghidupkan suasana dan sepenuhnya terlibat dalam momen ataupun karakternya. 

“Ini adalah tingkat profesionalisme. Hanya aktor-aktor tertentu yang benar-benar dapat melakukan itu. Sangat sulit untuk dapat beralih ke zona itu dan kemudian kembali ke dunia nyata. Mereka melakukan tugasnya dengan baik,” ujar dia.

Dalam beberapa pekan terakhir, Aarons telah mendokumentasikan kegiatannya di Instagram soal aksi mogok kerja selama pemogokan aktor SAG-AFTRA yang dimulai pada 14 Juli 2023. Ia menggugat Warner Bros dan New Line Cinema, studio di balik film Nun, pada bulan Agustus dengan tuduhan tidak ada kompensasi yang layak atas keuntungan yang didapat dari menggunakan kemiripannya sebagai Valak.

Namun sampai saat ini, Warner Bros, sejauh ini belum memberikan komentar. Aarons juga pernah menyebut bahwa ia menyukai karakternya. Dia menyukai semua karakter yang ia mainkan. “Dan saya sangat menikmati melepaskan diri ke dalam karakter tersebut,” kata dia. Di Indonesia, The Nun 2 tayang di bioskop mulai 6 September 2023.

 

Berdasarkan Kisah Nyata?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by The Nun (@thenunmovie)

Berbagai kejadian di waralaba The Conjuring diketahui terinspirasi oleh kisah nyata. Kini muncul pula spekulasi tentang apakah The Nun 2 juga berdasar kisah nyata? 

Menyusul peristiwa di film pertamanya, The Nun 2 kembali menampilkan Sister Irene (Taissa Farmiga) sebagai protagonis utamanya. Sekuelnya menampilkan Suster Irene yang terseret ke dalam rangkaian peristiwa menyeramkan hingga mempertemukannya dengan Valak, biarawati mengerikan yang kembali untuk membalas dendam.

Karena The Nun 2 mengambil latar waktu The Conjuring, beberapa koneksi kehidupan nyata dan inspirasi kisah nyata diharapkan terjadi. Faktanya, ketiga film The Conjuring terinspirasi dari kisah nyata karena Lorraine dan Ed Warren didasarkan pada penyelidik paranormal yang memang benar-benar ada.  

Boneka yang dirasuki dalam waralaba, Annabelle, juga mewakili boneka Raggedy Ann asli yang dimiliki oleh keluarga Warren. Hal itu pun meningkatkan rasa ingin tahu penonton tentang apakah akhir yang mengerikan dari The Nun 2 juga didasarkan pada kisah nyata?

Berikut ulasannya, seperti dilansir dari Screen Rant, Sabtu (9/9/2023).

The Nun 2 tidak Berdasarkan Kisah Nyata

 

photo
Cuplikan film horor, The Nun II yang tayang mulai 6 September 2023. - (dok. Warner Bros)

The Nun 2 tidak didasarkan pada kisah nyata apa pun di dunia paranormal yang melibatkan biarawati setan, pengusiran setan, dan kerasukan, karena plotnya sepenuhnya fiksi. Meskipun ini mungkin mengecewakan mengingat masa lalu The Conjuring, bukan berarti The Nun 2 kurang efektif sebagai film horor.

Tidak didasarkan pada kisah nyata mencerminkan pembuat film memiliki lebih banyak kebebasan dalam narasi. Kemudian juga meningkatkan faktor ketakutan dan membangun pengembangan karakter The Nun 2 melalui Sister Irene dan rekan-rekannya.

 

Koneksi dengan Setan dan Manusia di Kehidupan Nyata

 

photo
Cuplikan film horor, The Nun II yang tayang mulai 6 September 2023. - (dok. Warner Bros)

Meski The Nun 2 tidak berdasarkan kisah nyata, ada beberapa elemen nyata yang terkait dengan kasus yang pernah dialami Ed dan Lorraine Warren sebelumnya, termasuk kepemilikan Maurice Theriault. Maurice, juga dikenal sebagai "Frenchie".

Dia sebenarnya ada dalam kehidupan nyata dan merupakan bagian dari kasus pengusiran setan yang misterius, tetapi kejadiannya dipertanyakan dengan sangat skeptis. Koneksi lain dengan orang-orang di kehidupan nyata termasuk Saint Lucy, santo pelindung orang buta yang tidak akan terbakar karena api dan matanya pulih setelah dicungkil.

Meskipun karakter-karakter ini dapat dikaitkan dengan kisah kehidupan nyata, ada tokoh terkemuka lainnya yang aspek nyatanya diambil dari versi mitologisnya. Mitologi merupakan campuran asal usul faktual dan fiksi yang tidak dapat dipastikan kebenarannya, tetapi bukan berarti Valak sepenuhnya dibuat-buat.

Valak digambarkan dalam buku goetic grimoire di pertengahan abad ke-17, The Lesser Key of Solomon, sebagai seorang anak laki-laki bertanduk yang menunggangi seekor naga. Meskipun nama dan sifat iblis berasal dari manuskrip ini, penampilan biarawati Valak adalah pilihan kreatif yang diputuskan untuk The Conjuring 2, karena tidak ada peristiwa kehidupan nyata yang terkait dengan biarawati iblis ini.

Meskipun ada beberapa elemen realistis pada karakter ini dalam The Nun 2 dan film horor lainnya berdasarkan kasus Ed dan Lorraine Warren, konten film tersebut sangat bersifat fiksi.

 

 
Valak digambarkan dalam buku goetic grimoire di pertengahan abad ke-17.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Deretan Film untuk Menggugah Rasa Cinta Indonesia

SELENGKAPNYA

Suksesnya Cerita Horor Penjaga Warkop di Sidoarjo

Konten horror memicu sensasi berbeda yang lebih menegangkan.

SELENGKAPNYA

2024 Banjir Film Superhero. Minat Nonton yang Mana?

Iron Man di 2008-lah yang memulai era modern sinema superhero.

SELENGKAPNYA

Barbie, Film Bernuansa Pink Penuh Kritik

Di saat yang bersamaan, Barbie Robbie mempertanyakan eksistensi dan pencarian jati diri.

SELENGKAPNYA