Sejumlah warga mencari korban gempa di Marrakesh, Maroko, Sabtu (9/9/2023). | EPA-EFE/JALAL MORCHIDI
Pengungsi berteduh di bawah tenda pascagempa bumi di Marrakesh, Maroko, Sabtu (9/9/2023) | EPA-EFE/JALAL MORCHIDI
Seorang warga berjalan di antara reruntuhan gedung yang rusak akibat gempa di Kota Marrakesh, Maroko, Sabtu (9/9/2023) | EPA-EFE/JALAL MORCHIDI
Warga berjalan di antara reruntuhan gedung yang rusak akibat gempa di Kota Marrakesh, Maroko, Sabtu (9/9/2023) | EPA-EFE/JALAL MORCHIDI
Gempa bumi dahsyat melanda Maroko pada Jumat malam, yang menyebabkan sebanyak 800 orang meninggal dunia | EPA-EFE/JALAL MORCHIDI
BMKG memaparkan analisis gempa magnitudo (M) 6,9 di Maroko pada Sabtu terekam pada pukul 05.10 WIB. | EPA-EFE/JALAL MORCHIDI

Kabar Utama

Gempa Bumi Dahsyat di Maroko, Akibatkan 800 Korban Jiwa

Gempa bumi dengan magnitudo 6.9 tercatat gempat terbesar di Maroko.

MARRAKECH — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Indonesia memaparkan analisis gempa magnitudo (M) 6,9 di Maroko pada Sabtu terekam pada pukul 05.10 WIB, merupakan yang terbesar sepanjang sejarah negara tersebut.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangannya disiarkan di Jakarta, Sabtu, menyebut gempa tersebut merupakan merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas sesar aktif di Zona Pegunungan Atlas, Maroko.

Episenter gempa ini terletak pada koordinat 31.01° lintang utara dan 8.46° bujur barat, tepatnya di darat dengan kedalaman hiposenter sangat dangkal, yakni pada 28 kilometer.

Gempa bumi dahsyat melanda Maroko pada Jumat malam, yang menyebabkan sebanyak 800 orang meninggal dunia dan merusak bangunan dari desa-desa di Pegunungan Atlas hingga kota bersejarah Marrakech. Korban diperkirakan akan meningkat karena tim penyelamat masih berjuang untuk mencapai daerah terpencil yang paling terpukul.

Dilansir dari AP News, Sabtu (9/9/2023), orang-orang yang dibangunkan oleh gempa berlari ke jalan-jalan dengan teror dan ketidakpercayaan. Televisi pemerintah menunjukkan orang-orang berkerumun di jalan-jalan Marrakech larut malam, takut untuk kembali ke rumah mereka karena khawatir gempa susulan dan bangunan yang tidak stabil.

Seorang pria mengatakan dia sedang mengunjungi apartemen terdekat ketika piring dan hiasan dinding mulai berjatuhan, dan orang-orang terlempar dari kaki dan kursi mereka. Seorang wanita terlihat lari menyelamatkan diri dari rumahnya setelah terjadi getaran yang intens. Seorang pria yang menggendong seorang anak mengatakan dia tersentak terjaga di tempat tidur akibat guncangan itu.

Pekerja tanggap darurat terus mencari korban-korban lain yang masih tertimbun dalam reruntuhan puing-puing bangunan. Sebuah lubang menganga di sisi rumah, dan sebuah mobil hampir terkubur oleh potongan-potongan bangunan yang runtuh dalam gambar lain yang disiarkan oleh media lokal.

  ';

Timnas U-23 Menang 9-0 Atas Timnas Taiwan U23

Garuda Muda menang 9 gol di Hari Olahrga Nasional pada tanggal 9 bulan 9.

SELENGKAPNYA

Kirab Pancasila di Jalan Asia Afrika Bandung

Kirab Pancasila digelar menyusul menyusul pemberian penghargaan Ikon Prestasi Pancasila dan Insan Pancasila 2023.

SELENGKAPNYA

Festival Payung Indonesia 2023 Solo

Fespin 2023 ini mengangkat tema Sepayung Bumi, Alam Adalah Kita.

SELENGKAPNYA

FIFA Matchday: Timnas Indonesia Taklukkan Turkmenistan 2-0

Kemenangan atas Turkmenistan menambah catatan positif timnas sepak bola Indonesia di segala jenjang.

SELENGKAPNYA