Asap mengepul dari gedung-gedung dalam pemandangan udara Bakhmut, di wilayah Donetsk, Ukraina, Rabu (26/4/2023). | AP Photo/Libkos

Internasional

Sepak Terjang Rusia Mempropaganda Perang di Layar Lebar

Film adalah media penting yang digunakan pemerintah untuk membentuk pesan-pesan patriotik.

Sebuah film bercerita pada seorang pemain biola terkenal dari Belgia yang tiba di Kiev untuk tampil. Latar waktu film tersebut adalah Februari 2022 dan perjalanannya harus dibatalkan ketika Rusia mulai mengebom Ukraina.

Dalam ringkasan cerita film dengan judul The Witness itu, musisi tersebut selamat dari serangkaian kejahatan tidak manusiawi dan provokasi berdarah yang dilakukan oleh kaum nasionalis Ukraina. Dia ingin memberi tahu dunia kondisi yang sebenarnya terjadi.

Film drama ini disponsori oleh pemerintahan Rusia dan tayang perdana di Rusia pada 17 Agustus. Tontonan layar lebar itu merupakan yang pertama tentang invasi yang telah berlangsung selama 18 bulan.

photo
Dalam foto yang disediakan oleh Administrasi Regional Donetsk Ukraina ini, seorang pria berdiri di jalan di depan toko dan restoran RIA Pizza yang dihancurkan oleh serangan Rusia di Kramatorsk, Ukraina, Selasa, 27 Juni 2023. - (Administrasi Daerah Donetsk Ukraina melalui A)

Dalam cerita yang digambarkan film tersebut, pasukan Ukraina sebagai neo-Nazi yang kejam, yang menyiksa dan membunuh rakyatnya sendiri. Bahkan, ada yang memakai kaus bergambar Hitler dengan yang lain ditampilkan menggunakan narkoba. Anak laki-laki dari karakter utama juga bertanya-tanya: “Bukankah Ukraina adalah Rusia?”

Anggapan itu adalah narasi yang dipromosikan Istana Kremlin sejak hari-hari pertama perang. Semua ide itu kini dikemas dalam sebuah film.

Perilisan film The Witness terjadi setelah pihak berwenang Rusia mengumumkan rencana untuk meningkatkan produksi film yang mengagung-agungkan tindakannya di Ukraina. Program ini merupakan bagian dari semakin banyak film propaganda.

photo
Tentara Ukraina menembak ke arah Rusia dari parit di garis depan di wilayah Zaporizhzhia, Ukraina, Jumat, 23 Juni 2023. - (AP Photo/Efrem Lukatsky)

Namun, dalam era informasi dan disinformasi yang begitu cepat pada masa perang dan masa lainnya, ada dua pertanyaan yang muncul: Apakah film propaganda benar-benar efektif? Dan apakah itu bagus?

Film serupa The Witness telah menjadi bencana box-office. Ditambah lagi, para sosiolog mengatakan, minat masyarakat untuk mengikuti perang telah berkurang dan masyarakat saat ini, terutama ingin melarikan diri dari kesuraman serta malapetaka berita dari Ukraina.

“Kami sering mendengar dari para responden bahwa ini adalah sebuah stres yang sangat besar, sebuah penderitaan yang sangat besar,” kata direktur lembaga jajak pendapat Rusia Levada Center, Denis Volkov.

Menurut Volkov, beberapa warga Rusia bersikeras bahwa tidak berdiskusi, tidak menonton, tidak mendengarkan berita tentang Ukraina. Tindakan ini dalam upaya untuk mengatasi tekanan tersebut.

Media Signifikan

photo
Tanda Zona larangan terbang terlihat di Lapangan Merah kosong yang ditutup untuk persiapan Parade Kemenangan, di sebelah Kremlin Moskow, di Moskow, Rusia, Rabu, 3 Mei 2023. Pihak berwenang Rusia menuduh Ukraina berusaha menyerang Kremlin dengan dua drone dalam semalam. - (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)

Namun, film adalah media penting yang digunakan pemerintah untuk membentuk pesan-pesan patriotik, tidak hanya di Rusia. Kebiasaan ini mulai dari masa awal Uni Soviet hingga penggunaan masa perang oleh Nazi Jerman dan Italia, bahkan oleh Amerika Serikat selama dan segera setelah Perang Dunia II.

Pada zaman yang lebih modern, pendiri Korea Utara Kim Il-sung dan putra serta penerusnya Kim Jong-il, memimpin produksi film propaganda secara rutin. Film propaganda yang disponsori negara juga telah digunakan di Timur Tengah dengan tingkat keberhasilan yang berbeda-beda.

Perang saudara di Suriah menjadi titik fokus sinetron serial televisi Ramadhan dalam satu dekade terakhir, termasuk beberapa sinetron yang mendukung Presiden Suriah Bashar Assad. Iran secara teratur mendanai film-film yang mengagung-agungkan kelompok garis keras dan kekuatan paramiliter yang didukungnya di seluruh wilayah.

photo
Seorang anak bermain di dekat rumah yang hancur akibat serangan udara di kota Idlib, Suriah. (AP Photo/Felipe Dana) - (AP)

Sedangkan di Rusia saat ini, propaganda sebagai fiksi bukanlah upaya yang sembarangan. Pihak berwenang Rusia berbicara secara terbuka tentang niatnya untuk membawa narasi Rusia seputar perang Ukraina ke layar lebar.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah memerintahkan Kementerian Kebudayaan untuk memastikan bioskop memutar film dokumenter tentang operasi militer khusus. Lembaga negara itu juga telah memprioritaskan tema-tema yang diminta ketika mengalokasikan dana negara untuk film.

Ide-ide cerita yang didorong termasuk kepahlawanan dan sikap tidak mementingkan diri sendiri yang dilakukan para pejuang Rusia di Ukraina. Tentu saja ide melawan manifestasi modern dari ideologi Nazi dan fasis yang merupakan tuduhan Putin terhadap para pemimpin Kiev juga menjadi fokus film yang diproduksi.

Pendanaan negara yang dapat dimanfaatkan oleh para pembuat film Rusia tahun ini lebih besar dari sebelumnya. Pemerintah mengucurkan 30 miliar rubel yang ditawarkan oleh dua badan pemerintah dan sebuah organisasi nirlaba yang dikelola negara. Hal ini merupakan bagian penting dari industri saat ini yang sangat bergantung pada pendanaan negara selama bertahun-tahun.

Kritikus film Rusia, Anton Dolin, menggambarkan fenomena itu sebagai sistem yang kejam. Negara menjadi produser utama dan terkaya di negara tersebut.

Dolin mencatat, semua film harus mendapat izin pemutaran dari Kementerian Kebudayaan. Mekanisme sensor pun berhasil menyaring, bahkan bagi kelompok yang tidak mengambil uang dari pemerintah. 

 

 
Minat masyarakat untuk mengikuti perang telah berkurang. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Perang Rusia-Ukraina Melebar ke Belarusia?

Amerika Serikat menginstruksikan warganya tinggalkan Belarusia

SELENGKAPNYA

Misi Rusia, Luna-25, Sampai di Orbit Bulan

Misi Rusia bisa jadi yang pertama mencapai kutub selatan bulan.

SELENGKAPNYA

Masjid Berusia 150 Tahun Ambruk, Tujuh Jamaah Wafat

Gubernur memerintahkan penyelidikan atas bencana ini

SELENGKAPNYA

Rusia Kembali Ikuti Lomba Antariksa

Roket Rusia Soyuz-2.1b telah berhasil meluncur membawa pendarat bulan Luna 25.

SELENGKAPNYA