epa10817447Seorang pria membawa bunga dan bendera pada peringatan informal di sebelah bekas | EPA-EFE/ANTON MATROSOV

Internasional

Pemakaman Diam-Diam Prigozhin di St Petersburg

Ketidakpastian kini menyelimuti nasib kerajaan bisnis besar Prigozhin.

Pendiri kelompok tentara bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin, dimakamkan secara diam-diam di sebuah permakaman di pinggir St Petersburg. Pemakaman digelar enam hari setelah pesawat yang ditumpanginya kecelakaan.


Pemakamannya pun jauh dari sorotan media. Hal ini, sangat bertolak belakang dengan gaya hidupnya yang sangat senang menonjolkan diri. Di Rusia dan seluruh dunia, ia memublikasikan dirinya sebagai orang kejam dan ambisius.


"Perpisahan pada Yevgeny Viktorovich berlangsung dengan format tertutup. Siapa yang ingin mengucapkan salam perpisahan terakhir dapat mengunjungi pemakaman Porokhovskoye," kata kantor hubungan masyarakat Prigozhin dalam unggahan singkat di Telegram, Selasa (29/8/2023).


Prigozhin, dua letnan grup Wagner, dan empat pengawalnya tewas saat pesawat pribadinya, Embraer Legacy 600, jatuh di utara Moskow pada 23 Agustus lalu. Ia tewas dua bulan setelah pemberontakan singkat Wagner terhadap petinggi pertahanan Rusia.

photo
epa10817441 Bunga dan tempelan berlogo PMC Wagner diletakkan pada peringatan informal di sebelah bekas PMC Wagner Center di St. Petersburg, Rusia, 24 Agustus 2023. Investigasi diluncurkan atas jatuhnya sebuah pesawat di wilayah Tver di Rusia pada 23 Agustus 2023, Badan Transportasi Udara Federal Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan. Di antara penumpang tersebut terdapat kepala Wagner, Yevgeny Prigozhin, lapor agensi tersebut. -
 
(EPA-EFE/ANTON MATROSOV)


Pemberontakan itu menjadi tantangan terbesar kekuasaan Presiden Rusia Vladimir Putin sejak 1999. Foto dan video menunjukkan Prigozhin dimakamkan di permakaman berhutan. Terlihat banyak petugas polisi dan anggota garda nasional Rosgvardiya di dekatnya.


Media independen Agentstvo mengutip seorang pegawai permakaman yang mengatakan upacara pemakaman ini hanya dihadiri 20 hingga 30 teman serta keluarga dan hanya berlangsung selama 40 menit. Di Washington, sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre memberikan pernyataan terkuatnya tentang kemungkinan Presiden Rusia Vladimir Putin mengarahkan pembunuhan Prigozhin. “Kita semua tahu Kremlin memiliki sejarah panjang dalam membunuh lawannya, sangat jelas apa yang terjadi di sini,” katanya.


Karena kerahasiaannya, pemakaman Prigozhin tidak dapat dijadikan pertunjukan untuk memperlihatkan dukungan publik pada Prigozhin. Tokoh brutal yang dikagumi beberapa orang di Rusia karena mengirim pasukannya ke medan pertempuran paling sengit di Ukraina dan berbicara terang-terangan tentang kekurangan militer Rusia dan pemimpinnya.

photo
Sebuah truk yang membawa bagian dari jet pribadi jatuh di dekat desa Kuzhenkino, wilayah Tver, Rusia, Jumat, 25 Agustus 2023. Penilaian awal intelijen AS menemukan bahwa kecelakaan pesawat yang diduga menewaskan pemimpin Wagner Yevgeny Prigozhin itu disengaja. disebabkan oleh ledakan.- (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)


Beberapa hari terakhir, para pendukungnya pun tampak menumpuk bunga untuk mengenang Prigozhin di Moskow, St Petersburg, dan tempat lain. Kremlin membantah tuduhan Putin memerintahkan pembunuhan Prigozhin sebagai balas dendam atas pemberontakan bulan Juni lalu, yang menurut sebagian orang hanya sandiwara. Kremlin mengatakan presiden tidak akan menghadiri pemakaman Prigozhin.


Setelah berbulan-bulan, Prigozhin menghina pejabat pertahanan Rusia dengan berbagai umpatan kasar dan bahasa penjara atas kegagalan mereka dalam perang di Ukraina. Prigozhin menguasai Kota Rostov di selatan Rusia pada akhir Juni 2023.


Pesawat tempurnya menembak jatuh sejumlah pesawat Rusia, membunuh pilotnya, dan maju menuju Moskow sebelum mundur 200 km dari ibu kota. Awalnya, Putin menyebut Prigozhin sebagai pengkhianat yang pemberontakannya dapat menyebabkan Rusia terlibat dalam perang saudara.


Namun, ia kemudian membuat kesepakatan dengannya untuk meredakan krisis tersebut. Satu hari setelah pesawat Prigozhin jatuh, Putin menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban tewas dan mengatakan ia sudah mengenal Prigozhin cukup lama, sejak tahun-tahun kekacauan pada awal tahun 1990-an. “Ia seorang pria dengan nasib yang sulit, dan dia membuat kesalahan serius dalam hidup,” kata Putin, seraya menggambarkannya sebagai seorang pengusaha berbakat.


Sebelum pemberontakan, Prigozhin menyindir bahwa julukannya seharusnya adalah "tukang jagal Putin" dan bukan "koki Putin"--sebuah julukan yang didapat setelah perusahaan kateringnya memenangkan kontrak di Kremlin. Ia selalu menyatakan kesetiaannya kepada Putin, meski dia mengatakan menteri pertahanannya, Sergei Shoigu, sangat tidak kompeten sehingga harus dieksekusi karena pengkhianatannya.

photo
Potret pemilik perusahaan militer swasta Wagner Group Yevgeny Prigozhin dipasang di sebuah peringatan informal di sebuah kafe milik perusahaan Prigozhins di St. Petersburg, Rusia, Jumat, 25 Agustus 2023. Penilaian awal intelijen AS menemukan bahwa kecelakaan pesawat yang diduga menewaskan pemimpin Wagner Yevgeny Prigozhin sengaja disebabkan oleh ledakan.- (AP Photo/Dmitri Lovetsky)


Setelah kematian Prigozhin, Putin memerintahkan para pejuang Wagner untuk menandatangani sumpah setia kepada negara Rusia. Sebuah langkah yang ditentang Prigozhin karena menurutnya kementerian pertahanan berisiko kalah dalam perang Ukraina.


Pada Ahad (29/8/2023), penyelidik mengatakan tes genetik mengonfirmasi identitas 10 orang yang tewas dalam kecelakaan itu, termasuk dua pilot dan seorang pramugari. Valery Chekalov, kepala logistik Wagner, dimakamkan di permakaman lain di St Petersburg.

Puluhan orang bergabung dengan keluarganya, beberapa di antaranya diidentifikasi sebagai tentara bayaran Wagner dan karyawan dari kerajaan bisnis Prigozhin. Seorang pendeta Ortodoks Rusia berdoa dan mengayunkan duba di depan peti mati Chekalov, dan para pelayat melangkah maju untuk menciumnya.


Tangan kanan Prigozhin, Dmitry Utkin, salah satu pendiri Wagner dan komandan militer tertinggi kelompok tersebut juga tewas dalam kecelakaan itu. Ketidakpastian kini menyelimuti nasib kerajaan bisnis besar Prigozhin.

Termasuk, operasi tentara bayaran di beberapa negara Afrika, tempat ia melakukan kesepakatan penambangan emas dan berlian dalam jumlah besar yang berguna bagi Kremlin, dalam memajukan kepentingan keamanan Rusia dalam persaingan dengan kekuatan saingannya, seperti Prancis dan Amerika Serikat. 

 

 
Kremlin membantah tuduhan Putin memerintahkan pembunuhan Prigozhin sebagai balas dendam. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Kecelakaan Pesawat Bos Wagner ‘Mencurigakan’

Grup Wagner berperan penting dalam serangan Rusia ke Ukraina.

SELENGKAPNYA

Perang Rusia-Ukraina Melebar ke Belarusia?

Amerika Serikat menginstruksikan warganya tinggalkan Belarusia

SELENGKAPNYA

Rusia Wanti-Wanti Bantuan F-16 untuk Ukraina

Denmark disebut mendorong perang berlangsung lebih lama.

SELENGKAPNYA