FILE - Dalam file foto tanggal 9 Juli 2015 ini, botol Pepsi dipajang di supermarket di Haverhill, Mass. Stok bahan pokok konsumen naik tajam pada tahun 2015. (AP Photo/Elise Amendola, File) | AP

Gaya Hidup

Minuman yang Sempat Hilang Itu akan Kembali

Pada Juni 1931, merek dagang dan hak paten dibeli oleh Charles Guth yang merupakan pemilik bisnis pembuatan sirup.

PepsiCo akhirnya kembali ke Indonesia dan dikabarkan bakal mendirikan pabrik pertamanya di Karawang, Jawa Barat, dalam waktu dekat. Langkah ini pun diklaim sebagai komitmen perusahaan untuk kembali berinvestasi di Indonesia, setelah pada 2019 lalu hengkang dan pecah kongsi dengan Indofood.

Banyak cerita yang mengiringi perjalanan minuman berkarbonasi yang satu ini. Dilansir Companies History, Selasa (29/3/2023), resep Pepsi pertama kali dikembangkan pada 1880-an oleh seorang apoteker dan industrialis dari New Bern, North Carolina, Amerika Serikat (AS), bernama Caleb Bradham. Ia menamai minuman racikannya dengan sebutan "Pepsi-Cola" pada 1898.

Karena Pepsi pada awalnya dimaksudkan untuk menyembuhkan sakit perut, banyak yang percaya Bradham menciptakan nama Pepsi dari kondisi dispepsia atau nama lain untuk sakit perut dan gangguan pencernaan. Nama Pepsi juga dikaitkan dengan kemungkinan penggunaan akar pepsin sebagai bahan yang sering digunakan untuk mengobati sakit perut.

photo
Botol Coca Cola dan Pepsi dipajang di sebuah supermarket di Moskow, Rusia, 09 Maret 2022. Akibat sanksi yang dijatuhkan Barat terhadap Rusia, sejumlah perusahaan, seperti McDonalds, Coca-Cola, PepsiCo, Starbucks, Louis Vuitton, Chanel, Prada, Gucci, Apple, Master Card Visa, dan lainnya, telah mengumumkan penangguhan atau pembatasan bisnis mereka di Rusia. Pasukan Rusia memasuki Ukraina pada 24 Februari 2022, memicu serangkaian sanksi ekonomi berat yang diberlakukan oleh negara-negara Barat terhadap Rusia. - (EPA-EFE/MAXIM SHIPENKOV)

 

Minuman ini terbuat dari air berkarbonasi, gula, vanili, minyak langka, dan kacang kola. Sementara itu, apakah resep aslinya mengandung enzim pepsin, hingga kini masih diperdebatkan.

Pada 1905, Pepsi menerima desain ulang logo pertamanya sejak desain asli yang hadir di 1898. Pada 1906, logo tersebut diubah lagi. Popularitas Pepsi kala itu semakin meroket setelah pelopor balap mobil Barney Oldfield menjadi bintang iklan Pepsi-Cola dalam sebuah surat kabar. “Minuman menyegarkan, pemacu semangat sebelum balapan,” kata dia dalam iklan surat kabar yang dirilis 1905.

Pada 1923, Pepsico bangkrut karena harga gula yang tinggi sebagai akibat dari Perang Dunia I. Kemudian, aset-asetnya dijual dan Roy C Megargel membeli merek dagang Pepsi.

photo
Sebuah papan iklan Pepsi-Cola terlihat di samping sebuah apartemen perumahan di Yangon, Myanmar, 10 Agustus 2012. PepsiCo, salah satu produsen minuman terbesar di dunia, mengumumkan akan memulai kembali operasinya di Myanmar. Myanmar, yang merupakan salah satu negara termiskin di dunia, baru-baru ini mengalami pencabutan sanksi ekonomi yang dikenakan oleh negara-negara demokrasi Barat setelah tindakan keras militer terhadap gerakan pro-demokrasi pada 1988, yang menyebabkan sekitar 3.000 orang tewas. Amerika Serikat dan Uni Eropa tahun ini mencabut sebagian sanksi mereka terhadap Myanmar sebagai respons terhadap reformasi politik dan ekonomi yang didorong oleh Presiden Thein Sein. Myanmar berada di bawah pemerintahan sipil sejak pemilu November 2010 yang mengakhiri kekuasaan junta militer, yang berkuasa pada 1988. - (EPA/NYEIN CHAN NAING)

Delapan tahun kemudian, perusahaan ini kembali bangkrut, sehingga menghasilkan formulasi ulang formula sirup Pepsi-Cola. Sampai akhirnya pada Juni 1931, merek dagang dan hak paten dibeli oleh Charles Guth yang merupakan pemilik bisnis pembuatan sirup di Baltimore, Maryland, AS.

Guth juga merupakan presiden Loft Inc, produsen permen terkemuka. Karena itu, dia dapat memanfaatkan laboratorium dan ahli kimia perusahaan untuk memformulasikan ulang sirup tersebut.

Dia kemudian mendirikan fasilitas manufaktur khusus untuk memasok soda di jaringan besar toko permen dan restoran Loft, menggunakan sumber daya Loft untuk mempromosikan Pepsi, dan memindahkan perusahaan soda tersebut ke lokasi yang dekat dengan fasilitas Loft di New York City. Pada 1935, para pemegang saham Loft menggugat Guth atas 91 persen sahamnya di Pepsi-Cola Company dalam kasus penting Guth VS Loft Inc.

Akhirnya, Loft memenangkan gugatan tersebut dan Pepsi secara resmi melebur ke dalam Loft pada tanggal 29 Mei 1941, yang kemudian diganti mereknya menjadi Pepsi-Cola Company pada tahun yang sama. Pada awal 1960-an, lini produk perusahaan diperluas dengan produksi Diet Pepsi dan pembelian Mountain Dew.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pepsi Indonesia (@pepsi_id)

 

Pada 1965, Pepsi-Cola Company bergabung dengan Frito-Lay Inc menjadi PepsiCo Inc, perusahaan yang dikenal saat ini. Pada saat pendiriannya, PepsiCo didirikan di negara bagian Delaware dan berkantor pusat di Manhattan, New York, AS. Kantor pusat perusahaan dipindahkan ke lokasi yang masih digunakan sampai sekarang di Purchase, New York pada tahun 1970, dan pada tahun 1986 PepsiCo didirikan kembali di negara bagian North Carolina.

Divestasi yang berakhir pada 1997 diikuti oleh beberapa akuisisi berskala besar, karena PepsiCo mulai memperluas operasinya di luar minuman ringan dan makanan ringan ke lini makanan dan minuman lainnya. PepsiCo membeli perusahaan jus jeruk Tropicana Products pada 1998, dan bergabung dengan Quaker Oats Company pada 2001.

Penggabungan Pepsi dengan nama-nama besar ini, kemudian menambahkan lini minuman olahraga Gatorade dan merek-merek Quaker Oats lainnya, seperti Chewy Granola Bars dan Aunt Jemima. Kini PepsiCo semakin memperluas produksi makanan dan minumannya. Merek yang saat ini diproduksi PepsiCo, antara lain, Lay’s, Doritos, Cheetos, Pepsi-Cola, Mountain Dew, SodaStream, dan lain sebagainya.

Dengan lebih dari 265 ribu karyawan, PepsiCo Inc dianggap sebagai salah satu bisnis makanan dan minuman terbesar di dunia. Menurut Forbes, PepsiCo pun dianggap sebagai salah satu perusahaan publik terbesar di dunia.

 

 
Resep Pepsi pertama kali dikembangkan pada 1880-an oleh seorang apoteker dan industrialis. 
 
   

 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat