Pelajar menjalani pemeriksaan mata saat skrining penyakit tidak menular (PTM) di SMPN 21 Bandung, Babakan Ciparay, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Rabu (1/3/2023). Skrining penyakit tidak menular yang diprioritaskan untuk penyakit diabetes melitus, hip | ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA

Gaya Hidup

Memilih Kacamata Terbaik Sesuai Bentuk Wajah

Jenis kacamata terbaik bagi wajah oval, adalah kacamata persegi karena garisnya yang kuat.

Seiring perkembangan tren dan beragam model yang ditawarkan, saat ini kacamata juga menjadi salah satu aksesori untuk menunjang dan meningkatkan gaya fashion. Memilih kacamata yang sesuai memang bergantung preferensi masing-masing individu karena gaya adalah hal yang subjektif.

Setiap orang tentu memiliki preferensi dan estetika tersendiri. Hal terpenting saat memilih kacamata adalah menemukan kacamata yang membuat penggunanya merasa nyaman dan percaya diri. Namun, terdapat serba-serbi untuk mencari desain frame yang paling sesuai.

Salah satunya dengan mengidentifikasi bentuk wajah sebelum memilih frame yang paling sesuai sehingga dapat membantu menyeimbangkan penampilan wajah. Untuk menemukan frame yang paling sesuai dengan bentuk wajah, berikut beberapa tipnya dari jenama lokal kacamata Mollucas Eyewear:

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mollucas Eyewear (@mollucas.id)

1. Frame persegi untuk bentuk wajah oval dan bulat

Bentuk wajah oval pada dasarnya proporsional secara merata. Wajah ini sedikit menyempit pada bagian dahi dan dagu, serta paling lebar pada bagian tulang pipi. Wajah oval cocok menggunakan hampir semua jenis kacamata.

Namun, kadang bingkai yang terlalu besar dapat menyebabkan ketidakseimbangan proporsi untuk bentuk wajah oval. Kacamata yang ukurannya terlalu besar dan kacamata yang terlalu kecil dapat mengganggu keseimbangan alami wajah oval.

Maka dari itu, jenis kacamata terbaik bagi wajah oval yang bisa kamu coba adalah kacamata persegi karena garisnya yang kuat dan sudut tegak lurusnya memberikan kontras. Selain itu, bentuk wajah bulat yang memiliki proporsi merata dengan dahi, rahang, dan pipi membulat juga cocok menggunakan kacamata model persegi yang akan membuat wajah Anda kelihatan lebih panjang.

 

2. Kacamata dengan frame geometris untuk wajah persegi

Wajah persegi memiliki ciri-ciri dahi lebar dengan tulang pipi kuat dan garis rahang bersudut. Untuk mengimbangi bentuk wajah persegi, kacamata dengan bentuk yang lebar akan lebih sesuai dibandingkan kacamata berbingkai kecil. Kacamata geometris dapat menjadi salah satu jenis kacamata terbaik bagi orang berwajah persegi.

photo
Pelajar menjalani pemeriksaan mata saat skrining penyakit tidak menular (PTM) di SMPN 21 Bandung, Babakan Ciparay, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Rabu (1/3/2023). Skrining penyakit tidak menular yang diprioritaskan untuk penyakit diabetes melitus, hipertensi, dan mata tersebut bertujuan untuk deteksi dini serta pemantauan faktor risiko penyakit tidak menular pada kelompok umur 15-19 tahun. - (ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA)

 

3. Bentuk wajah diamond terlihat lebih proporsional dengan frame cat eye

Bentuk wajah diamond merupakan salah satu yang paling jarang dimiliki, di mana dahi yang sempit dengan tulang pipi tinggi dan dagu lancip. Salah satu frame kacamata yang dapat membuat bentuk wajah diamond terlihat lebih proporsional, di antaranya adalah kacamata cat eye atau mata kucing. Sebab, frame kacamata ini menonjolkan garis alis yang mengarah ke atas dan lancip, serasi dengan fitur sudut wajah diamond.

 

4. Frame kacamata aviator klasik terbaik untuk bentuk wajah hati (heart)

Wajah berbentuk hati terkadang sulit dibedakan dengan wajah bulat karena keduanya memiliki bentuk yang hampir mirip. Namun, wajah berbentuk hati biasanya memiliki dahi yang lebih lebar dengan garis rahang sempit dan dagu meruncing.

Wajah hati bisa mencoba kacamata dengan bentuk frame aviator untuk memberikan tampilan terbaik. Sebab, kacamata bergaya aviator sering kali memiliki frame kawat tipis dan lensa besar sehingga mata dapat terlihat jelas sebagai titik fokus yang menarik. Kacamata model aviator memang klasik, tapi selalu timeless dan populer di tengah masyarakat.

photo
Memilih kaca mata ssuai bentuk wajah (ilustrasi) - (Unsplash/John Petalcurin )

CEO Mollucas Eyewear, Alfonsus Hasnianka, mengatakan, tren kacamata terus berkembang di Indonesia. Saat ini, tidak hanya individu yang memang membutuhkan kacamata sebagai alat yang membantu melihat atau membaca lebih jelas, tetapi juga kacamat sudah dikategorikan sebagai salah satu aksesori fashion yang dapat mendukung penampilan yang stylish.

Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia Daniel Minardi mengatakan, kacamata yang telah mendukung aktivitas sehari-hari bagi individu yang memerlukan. Selain itu, saat ini kaca mata juga telah berkembang menjadi salah satu aksesori yang kerap digunakan bagi masyarakat untuk meningkatkan gaya sehari-hari masyarakat.

Melalui berbagai jenis desain, kacamata menjadi pelengkap outfit yang tidak lekang oleh waktu. Dari frame persegi, bulat, hingga berbagai model lain hadir untuk menambah nilai estetika penampilan, baik untuk pria maupun wanita.

 

 

 

Wajah hati bisa mencoba kacamata dengan bentuk frame aviator untuk memberikan tampilan terbaik.

 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Manfaatkan Teknologi Kecantikan untuk Makin Cerdas Berbelanja

Mindful shopping kini terus digaungkan untuk makin mengedukasi para penyuka belanja.

SELENGKAPNYA

Mengenali Tingkah-Polah Penggila Belanja Daring

Beda tipe belanja, beda pula cara memikat hatinya.

SELENGKAPNYA

Jangan Gengsi, Ini Tanda Kamu Harus Pakai Kacamata

Melihat lingkaran cahaya di sekitar lampu adalah tanda lain bahwa Anda mungkin memerlukan kacamata.

SELENGKAPNYA