Kumpulan logo-logo aplikasi populer di dunia. | AP Photo/File

Inovasi

Deretan 20 Aplikasi Paling Populer di Dunia, Mana Favorit Anda?

Saat ini ada lebih dari 8,93 juta aplikasi untuk ponsel pintar di dunia.

Seiring dengan makin berkembangnya teknologi ponsel pintar, aplikasi yang dihadirkan untuk ponsel pintar pun makin beragam. Aplikasi-aplikasi ini muncul dengan kategori yang sangat luas, mulai dari media sosial, berkirim pesan, hiburan, produktivitas, hingga belanja.


Menurut BankMyCell, saat ini ada lebih dari 8,93 juta aplikasi untuk ponsel pintar di dunia. Sebanyak 3,55 juta aplikasi tersedia di Google Play Store dan 1,64 juta aplikasi di Apple App Store. Rata-rata, satu pengguna memasang sekitar 40 aplikasi di dalam ponsel pintar mereka.


Dari jutaan aplikasi yang tersedia saat ini, ada 20 aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna ponsel pintar. Berikut ini adalah 20 aplikasi ponsel pintar yang paling populer dan terbanyak digunakan di dunia, seperti dilansir GadgetsNow.

  1. Tiktok
photo
FILE -  Logo Tiktok terlihat di ponsel di depan layar komputer yang menampilkan layar beranda Tiktok, 18 Maret 2023, di Boston. Platform media sosial sering kali mengandalkan label untuk memberi tahu pengguna bahwa suatu akun dioperasikan oleh badan propaganda negara Rusia. Namun, penelitian baru menunjukkan bahwa setidaknya di Tiktok, label tersebut tidak terlalu efektif meskipun diterapkan secara konsisten. (AP Photo/Michael Dwyer)

Selama tiga kali berturut-turut Tiktok berhasil merajai daftar aplikasi ponsel pintar paling populer di dunia. Meski diblokir di India, pasar ponsel pintar terbesar di dunia, Tiktok tetap melenggang sebagai aplikasi yang paling populer dan banyak digunakan di dunia.


2. Instagram

photo
Menjadi akun terverfikasi di Instagram (ilustrasi) - (Pixabay)


Meski bersaing ketat dengan TikTok, Instagram masih mendapatkan tempat istimewa di hati banyak pengguna. Dengan inovasi fitur menarik seperti reels dan stories, posisi Instagram sulit untuk tergantikan.


3. Facebook

photo
Gambar close-up yang menampilkan aplikasi Facebook di iPhone di Kaarst, Jerman, 08 November 2017 (diterbitkan ulang 07 Januari 2021). CEO Facebook Mark Zuckerberg pada 07 Januari 2021 mengumumkan di platformnya bahwa pemblokiran yang dilakukan terhadap Presiden AS Donald J Trump pada 06 Januari 2021 diperpanjang untuk akun Facebook dan Instagramnya tanpa batas waktu dan setidaknya selama dua pekan ke depan hingga transisi damai dari daya telah selesai. Langkah tersebut dilakukan setelah berbagai kelompok pendukung Presiden Trump menerobos masuk ke US Capitol di Washington DC dan melakukan kerusuhan saat Kongres bertemu untuk mengesahkan hasil Pemilihan Presiden AS Tahun 2020. - (EPA-EFE/SASCHA STEINBACH)


Banyak orang mengira bahwa media sosial Facebook mulai ditinggalkan oleh pengguna. Faktanya, aplikasi media sosial Facebook masih digunakan oleh banyak pengguna hingga saat ini.


4. Whatsapp

photo
ilustrasi foto menunjukkan logo aplikasi perpesanan media sosial Whatsapp di layar komputer dan ponsel, di Paris, Prancis, 27 Januari 2021. Aplikasi populer Whatsapp menghadapi reaksi keras setelah pada 04 Januari mengumumkan perubahan kebijakan privasinya di mana pengguna secara luas menafsirkan bahwa informasi pribadi akan dibagikan dengan perusahaan induk aplikasi, Facebook. Meskipun perubahan kebijakan tersebut diduga hanya berdampak pada interaksi dengan akun bisnis, hal itu mendorong jutaan pengguna untuk bermigrasi ke aplikasi perpesanan saingannya, seperti Signal dan Telegram. - (EPA-EFE/IAN LANGSDON)


Aplikasi berkirim pesan ini digunakan secara luas di berbagai belahan dunia. Whatsapp banyak disukai karena memudahkan pengguna dalam berbagi pesan, foto, video, hingga pesan suara.


5. Capcut


Popularitas Tiktok tampaknya turut berimbas pada meningkatnya pengguna Capcut. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengedit dan membuat video yang cocok untuk diunggah di Tiktok atau platform media sosial lain.


6. Telegram

photo
Ilustrasi foto menunjukkan logo aplikasi perpesanan media sosial Telegram di layar komputer, di Paris, Prancis, 27 Januari 2021. Aplikasi populer Whatsapp menghadapi reaksi balik setelah pada 04 Januari mengumumkan perubahan kebijakan privasinya yang mengatur pengguna ditafsirkan secara luas bahwa informasi pribadi akan dibagikan dengan perusahaan induk aplikasi, Facebook. Meskipun perubahan kebijakan tersebut diduga hanya berdampak pada interaksi dengan akun bisnis, hal itu mendorong jutaan pengguna untuk bermigrasi ke aplikasi perpesanan saingannya, seperti Signal dan Telegram. - (EPA-EFE/IAN LANGSDON)


Aplikasi berkirim pesan ini berfokus pada privasi pengguna. Dalam beberapa tahun ini, popularitas Telegram tampak mengalami peningkatan pesat.


7. Snapchat


Meski Instagram menghadirkan fitur yang mirip, Snapchat tampaknya masih dicintai banyak pengguna. Aplikasi ini juga unggul dengan fitur berkirim pesan yang bisa menghilang dan fitur augmented reality atau AR.


8. Spotify


Aplikasi streaming musik Spotify menjadi pemimpin di antara aplikasi serupa. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mencari, mendengarkan, hingga membuat playlist lagu kesukaan mereka.


9. Temu


Aplikasi belanja berbasis di Cina ini memiliki daya tarik yang tak terelakkan. Selain menghadirkan produk yang sangat beragam, Temu juga kerap memberikan penawaran dan diskon yang menggoda.


10. Messenger


Aplikasi berpesan dari Meta ini terintegrasi dengan Facebook. Hingga saat ini, ada banyak pengguna Messenger di berbagai belahan dunia.


11. JioCinema


Indian Premier League (IPL) tampaknya memberikan dampak besar bagi JioCinema selaku pemegang hak siar digital. Meski IPL telah usai, JioCinema tampaknya berhasil menjaga portofolio konten yang sehat dan menarik perhatian pengguna.


12. Shein


Aplikasi belanja Shein juga tampak dicintai oleh banyak penggemar fesyen. Dengan produk yang menarik, Shein berhasil memikat pengguna dari berbagai belahan dunia.


13. Whatsapp Business


Whatsapp Business merupakan aplikasi berkirim pesan seperti Whatsapp. Akan tetapi, Whatsapp Business menawarkan solusi yang dapat membantu pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis sekaligus merangkul konsumen.


14. Pinterest


Platform media sosial ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan berbagi board berisi gambar dan video. Pinterest banyak disukai karena sering kali menjadi tempat untuk menemukan inspirasi dan ide menarik bagi para pengguna.


15. X (Twitter)

photo
Seorang pekerja mencopot logo di gedung pusat Twitter di San Francisco, Selasa, (24/7/2023)WIB. - (AP Photo/Godofredo A. Vásquez)


Platform microblogging ini kerap dihujani oleh kontroversi setelah Elon Musk mengambil alih. Meski begitu, media sosial yang berganti nama dari Twitter menjadi X ini masih digunakan oleh banyak orang di berbagai belahan dunia.


16. Youtube


Saat ini, Youtube masih menjadi platform untuk menonton video nomor satu di dunia. Tak mengherankan bila aplikasi Youtube turut bertengger sebagai salah satu aplikasi paling populer.


17. Netflix


Meski menghadapi persaingan ketat, Netflix masih menjadi platform streaming film dan serial yang paling populer. Popularitas tersebut membawa aplikasi Netflix menjadi salah satu aplikasi paling populer di dunia.


18. Amazon


Amazon merupakan platform belanja daring yang sangat populer di banyak negara. Bahkan, kata Amazon pun kerap digunakan sebagai kata kerja untuk mengganti istilah berbelanja daring.


19. Picsart AI


Aplikasi editing foto berbasis AI ini mampu menarik perhatian banyak orang dengan fitur menariknya. Dengan memanfaatkan teknologi AI, proses pembuatan dan pengeditan foto menjadi lebih mudah.


20. Canva

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Canva (@canva)


Platform desain grafis ini sangat disukai oleh banyak pengguna karena kemudahannya. Para pengguna dapat menggunakan aplikasi Canva untuk membuat desain yang tampak profesional meski tak memiliki pengalaman dalam menciptakan desain. Platform ini bisa dimanfaatkan untuk membuat presentasi, grafis media sosial, hingga materi pemasaran.

 

 

 
Youtube masih menjadi platform untuk menonton video nomor satu di dunia.
 
 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Waspadai Aplikasi-Aplikasi Penguras Baterai

Threads dikeluhkan sangat menguras baterai oleh para penggunanya.

SELENGKAPNYA

Serba-serbi Threads, Aplikasi yang Bikin Elon Musk Panas Dingin

Threads tertarik dengan data pribadi Anda, sama seperti Instagram,

SELENGKAPNYA