Sinema bioskop (ilustrasi) | Unsplash/Denise Jans

Geni

Perjalanan Tahunan Melahirkan sebuah Tontonan

Beberapa film dengan produksi terlama ada yang ditonton banyak orang, tapi ada juga film yang batal diproduksi.

Untuk memproduksi sebuah film, terkadang membutuhkan waktu cukup lama untuk dibuat. Karena aktor, kru, alat peraga, set, dan tentu saja naskah harus dipersiapkan dulu sebelum pembuatan film dimulai.

Beberapa film dengan produksi terlama ada yang ditonton banyak orang, tapi ada juga film yang batal diproduksi karena terlalu rumit. Produksi yang relatif mulus biasanya bisa memakan waktu tiga tahun atau lebih untuk mendapatkan lampu hijau hingga garis finis. 

Seorang aktor pun tahu bahwa mereka dilahirkan untuk memainkan karakter tertentu, atau seorang sutradara memiliki visi yang jelas untuk menghidupkan ide di layar lebar. Dilansir Game Spot, Jumat (18/8/2023), berikut ini adalah 10 film yang memakan waktu terlama dalam produksinya.

 

  1. The Up Documentaries

Film ini pertama rilis pada 1964 dan terus berjalan hingga seri terakhir di 2019, membutuhkan waktu 55 tahun untuk merampungkannya. Mirip seperti Boyhood, inti dari film The Up Documentaries adalah melacak kehidupan seseorang secara real time. Sementara Boyhood adalah kehidupan fiksi yang berkembang bersamaan dengan kehidupan nyata.

Film The Up Documentaries yang difilmkan untuk BBC di Inggris, melacak kehidupan 20 anak saat mereka tumbuh dewasa. Film ini berhasil menangkap sebanyak mungkin peserta itu selama bertahun-tahun. Beberapa meminta untuk tidak berpartisipasi lebih lanjut, sementara yang lain meninggal dunia atau berhalangan.

Hanya 10 dari 20 anak yang tersisa untuk semua 10 episode. Seri terakhir, yang bertemu dengan anak-anak pada usia 63 tahun, difilmkan dan dirilis pada 2019. Saat ini tidak ada rencana untuk memfilmkan seri "70", setelah kematian sang sutradara, Michael Apted, pada 2021.

 

2. The Meg

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Westfield Century City (@westfieldcenturycity)

Berdasarkan novel “Meg: A Novel of Deep Terror” di 1997, film The Meg dikembangkan untuk waktu yang lama sebelum akhirnya dirilis dengan Jason Statham sebagai bintang utamanya. Disney memperoleh hak atas buku itu, segera setelah filmnya dirilis dan memiliki beberapa skrip yang dikembangkan sebelum hak tersebut dikembalikan kepada penulisnya, Steve Alten.

New Line Cinema kemudian mencoba melanjutkannya, tetapi akhirnya membatalkan produksi karena masalah anggaran dan hak, akhirnya itu kembali ke penulis lagi. The Meg yang awal dirilis pada 2018, telah mulai diproduksi sejak 2016. Artinya, sejak bukunya terbit dan rencana difilmkannya, memakan waktu hingga 22 tahun.

 

3. A.I. Artificial Intelligence

Stanley Kubrick terkenal sangat teliti dan tertutup tentang film-filmnya, dan dia rela meluangkan waktu untuk memproduksi filmnya. Kisah A.I. Artificial Intelligence adalah karya yang diambil dari buku “Supertoys Last All Summer Long” oleh Brian Aldiss ditulis pada 1969, dan Kubrick mulai mengembangkan film tersebut pada akhir 1970-an.

Setelah hampir 20 tahun, film tersebut baru mulai dikembangkan pada 1994. Setelah serangkaian penundaan, Kubrick lalu meminta Steven Spielberg untuk mengambil alih proyek tersebut, tetapi dia memilih untuk fokus pada proyek lain dan malah membujuk Kubrick untuk tetap di kursi sutradara. 

Kubrick akhirnya memfilmkan Eyes Wide Shut sebagai gantinya, mengikuti kekhawatiran tentang efek visual CGI yang dapat menceritakan kisah yang dia inginkan. Setelah Kubrick meninggal pada 1999, istrinya Christine meminta Spielberg untuk menjalankan proyek tersebut, dan pada saat itu dia menerimanya. Segalanya bergerak cepat dari sana, dengan pembuatan film dan rilis pada 2001.

 

4. Alita: Battle Angel

Hanya sedikit sutradara yang menyukai proyek besar, messy, dan digerakkan oleh teknologi seperti yang dilakukan James Cameron. Avatar dan satu sekuelnya, sejauh ini, adalah film yang paling sering dikaitkan dengan kegemaran Cameron akan proyek jangka panjang, tetapi ada film lain yang sering diabaikan, yakni Alita: Battle Angel.

Berdasarkan manga Yukito Kishiro, “Gunnm”, atau Alita: Battle Angel untuk versi rilis berbahasa Inggris, Cameron pertama kali mengumumkan niatnya untuk menyutradarai film Alita pada 2003. Yang menghalangi jalannya pada saat itu adalah seri Dark Angel yang dibintangi Jessica Alba di salah satu peran pelariannya.

Namun, pada 2005, Cameron mengumumkan bahwa dia memprioritaskan apa yang kemudian disebut Proyek 880 (judul pertama Avatar di tahun 2009). Avatar hanya membutuhkan waktu lima tahun untuk membuatnya, tetapi juga menghasilkan satu miliar dolar di box office, dan perhatian Cameron terus menjauh dari Alita.

Akhirnya, dia melepaskan tugas penyutradaraan film itu kepada Robert Rodriguez, dan pengambilan gambar akhirnya dimulai pada 2016. Setelah penundaan, Alita tayang di bioskop pada Januari 2019, hanya beberapa bulan kurang dari 16 tahun setelah Cameron mengumumkan niat untuk mengarahkan film itu.

 

5. Black Adam

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Black Adam (@blackadammovie)

Akhirnya Dwayne Johnson masuk dalam dunia superhero, menjadi Black Adam. Tapi sebenarnya, Johnson telah mengerjakan proyek ini bahkan sebelum MCU sepopuler sekaranf. Saat Black Adam diputar di bioskop pada 2022, Johnson membagikan tangkapan layar dari liputan pers pertama film itu pada November 2007, sekitar 15 tahun sebelum dirilis), bahkan sebelum Iron Man dirilis pada 2008.

 

Di unggahan yang sama, Johnson menyebut status Black Adam sebagai anti-hero, dan sesuatu yang membuatnya bersemangat tentang karakter tersebut sejak ia masih kecil. Sayangnya, Johnson terikat dengan film Shazam! pada 2014, dan kemudian menggarap film Black Adam yang berdiri sendiri.

Mereka memiliki naskah pada 2018 dan pengambilan gambar dimulai pada 2020 sebelum pandemi Covid-19 menundanya hingga 2021. Begitu film diputar, banyak hal bergerak cepat, dengan pengambilan gambar berlangsung dari April hingga Agustus 2021.

Film ini diputar di bioskop dengan sebuah ‘dentuman keras’, dan merupakan penampilan terakhir dari Superman oleh Henry Cavill, dan sinyal dari hubungannya yang akan lama dengan dunia perfilman DC.

 

6. Mad Max: Fury Road

Pertama kali disebut akan dibuat film pada 1987, mulai diproduksi 2012, dan dirilis pada 2015, yakni 15 tahun kemudian setelah rencana pembuatannya.

 

7. Boyhood

Pertama kali disebut akan dibuat film dan mulai diproduksi adalah di 2002, tetapi baru dirilis pada 2014, membutuhkan waktu 12 tahun untuk rilis.

 

8. Avatar: The Way of Water

 

Pertama kali disebut akan dibuat film pada 2010, mulai diproduksi 2017, dan baru dirilis pada 2022, yakni 12 tahun kemudian setelah rencana pembuatannya.

 

9. Schindler’s List

 

Pertama kali disebut akan dibuat film pada 1983, mulai produksi dan rilis pada tahun yang sama, yakni pada 1993, membutuhkan 10 tahun untuk berproses.

 

10. The Flash

 

Pertama kali disebut akan dibuat film pada 2013, mulai diproduksi 2021, dan dirilis pada 2023, yakni 10 tahun kemudian setelah rencana pembuatannya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mengapa Film-Film Pixar Berbiaya Besar?

Pixar Studio berhasil merilis film animasi setiap tahun sejak awal kehadirannya.

SELENGKAPNYA

2024 Banjir Film Superhero. Minat Nonton yang Mana?

Iron Man di 2008-lah yang memulai era modern sinema superhero.

SELENGKAPNYA

Barbie, Film Bernuansa Pink Penuh Kritik

Di saat yang bersamaan, Barbie Robbie mempertanyakan eksistensi dan pencarian jati diri.

SELENGKAPNYA