Warga menghadiri upacara peringatan bagi para korban bom atom di Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima di Hiroshima, Prefektur Hiroshima, Jepang, Ahad (6/8/2023). | EPA-EFE/JIJI PRESS

Kisah Mancanegara

Setelah 78 Tahun, Ancaman Nuklir Masih Menghantui

Sekjen PBB tak sebut nama AS dalam peringatan bom atom Hiroshima.

Film besutan sutradara Christopher Nolan, Oppenheimer (2023), memukau banyak penonton di dunia. namun tepat 78 tahun silam, apa yang dikisahkan dalam film itu, yakni pembuatan bom atom oleh Robert Oppenheimer dan rekan-rekan ilmuwan di Amerika Serikat, membunuh ratusan ribu jiwa di Jepang. Pada 6 Agustus 1945 pukul 08.15 waktu setempat,...

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Hubungan Indonesia-Jepang dari Kaca Mata Suzuki

Dengan bekerja di sebuah perusahaan milik Indonesia, Suzuki pun merasakan nilai-nilai dari kedua negara yang ternyata dapat berkelindan.

SELENGKAPNYA

Kiprah Oppenheimer tak Hanya tentang Bom Atom

Oppenheimer mengusulkan model keruntuhan pertama untuk menggambarkan bagaimana bintang bisa runtuh menjadi lubang hitam.

SELENGKAPNYA

Adakah Rasa Bersalah di Hati Oppenheimer?

Bom nuklir masih mengancam dunia hingga saat ini.

SELENGKAPNYA