Petugas kelurahan menunjukkan alat terbaru bernama Lodong Sisa Dapur (Losida) untuk pengolahan sampah organik rumah tangga di Panggungharjo, Bantul, Yogyakarta, Rabu (2/5/2023). Ditutupnya TPST Piyungan oleh Pemda DIY tidak berpengaruh bagi warga Panggung | Republika/Wihdan Hidayat

Gaya Hidup

Siasat Cerdas Kurangi Sampah

Sebisa mungkin, cobalah untuk menghindari cangkir kopi sekali pakai.

Berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), volume timbulan sampah di Indonesia pada 2022 mencapai 19,45 juta ton. Angka tersebut menurun 37,52 persen dari tahun 2021 yang sebanyak 31,13 juta ton.

Dari jumlah tersebut, mayoritas atau 39,63 persen di antaranya berasal dari timbulan sampah rumah tangga. Berdasarkan jenisnya, mayoritas timbulan sampah nasional pad 2022 berupa sampah sisa makanan dengan proporsi 41,55 persen. 

Kemudian plastik sampah berada diurutan kedua dengan proporsi 18,55 persen. Sementara, sebanyak 13,27 persen sampah di Indonesia pada 2022 berupa kayu/ranting, 11,04 persen sampah kertas/karton, dan sampah logam 2,86 persen. Ada pula 2,54 perssn sampah kain, sampah kaca 1,96 persen, sampah karet/kulit 1,68 persen, dan 6,55 persen sampah jenis lainnya.

Berdasarkan provinsinya, timbunan sampah terbanyak pada 2022 berasal dari Jawa Tengah, yakni 4,25 juta ton nasional atau 21,85 perssn dari total timbulan sampah. Posisinya dikuti oleh DKI Jakarta dengan total timbulan sampah 3,11 juta ton, Jawa Timur 1,63 juta ton, dan Jawa Barat 1,11 juta ton.

Sebagai upaya untuk mengurangi timbunan sampah yang menjadi ancaman kelestarian lingkungan, berikut ini tip untuk mengetahui cara membuat perubahan kecil yang ramah lingkungan dan akan berdampak jangka panjang, seperti dilansir dari laman Nature, Kamis (3/8/2023).

1. Gunakan botol atau cangkir yang dapat digunakan kembali 

Anda mungkin sudah memiliki botol air yang dapat digunakan kembali, tetapi apakah Anda selalu menggunakannya? Anda dapat menggunakan botol yang dapat digunakan kembali itu, menghemat uang, dan mengurangi limbah. 

Dengan membawa air sendiri, Anda juga akan mengurangi peluang untuk membeli minuman yang lebih mahal saat bepergian. Ini akan menghilangkan wadah sekali pakai yang mereka gunakan. Meskipun sebagian besar kaleng dan botol dapat didaur ulang, mereka membutuhkan banyak energi untuk diproduksi, dikirim ke fasilitas pembotolan dan kemudian ke toko untuk dibeli.

 

2. Gunakan tas belanjaan yang dapat digunakan kembali 

Sama seperti botol air yang dapat digunakan kembali, Anda mungkin sudah memiliki tas belanjaan yang dapat digunakan kembali, meski sering terlupakan di rumah. Cobalah menulis TAS di bagian atas daftar belanjaan Anda untuk membantu Anda mengingat atau simpan di kursi belakang agar tidak mudah dilupakan. Banyak toko kelontong akan memberikan pengembalian uang per kantong sehingga Anda akan menghemat beberapa sen sambil mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai.

 

3. Beli dengan bijak dan daur ulang

Anda dapat mengurangi jumlah sampah yang Anda hasilkan dengan membeli produk yang kemasannya lebih sedikit dan/atau kemasan yang dapat didaur ulang. Tidak semua plastik dapat didaur ulang, jadi periksalah label sebelum membeli. 

Menurut Divisi Limbah dan Zat Berbahaya Delaware, kontainer berlabel 1 atau 2 hampir selalu diterima karena merupakan resin dengan nilai tertinggi. Resin 4, 5 dan 7 sekarang diterima di sebagian besar program di Delaware.

Plastik berlabel 3/PVC dan 6/PS umumnya tidak dapat didaur ulang di Delaware. Pelajari lebih lanjut tentang program daur ulang di wilayah Anda untuk spesifiknya.

 

4. Buat kompos

Tahukah Anda sebanyak 25 persen barang di tempat sampah Anda berpotensi dibuang dari aliran sampah dan dijadikan kompos di halaman belakang rumah Anda? Sisa buah dan sayuran, kulit telur, ampas kopi, potongan rumput, dan daun Anda semuanya dapat dibuat kompos. 

Sementara pengomposan membutuhkan lebih banyak usaha daripada perubahan gaya hidup yang disebutkan sebelumnya, itu akan memberi Anda pengembalian yang bermanfaat atas investasi waktu dan usaha Anda. Bergantung pada kondisinya, Anda mungkin memiliki kompos dalam tiga hingga 12 bulan untuk digunakan di kebun Anda. 

Anda akan menghemat pupuk dan jika Anda menanam sayuran sendiri, kemungkinan besar Anda akan melihat hasil panen yang lebih baik. Bahan organik juga akan bertindak sebagai spons untuk menyerap lebih banyak air, yang berarti Anda mungkin tidak perlu menyirami tanaman terlalu banyak, menghemat uang dan waktu.

5. Hindari wadah dan peralatan makanan dan minuman sekali pakai

Sebisa mungkin, cobalah untuk menghindari cangkir kopi sekali pakai, peralatan sekali pakai, sedotan, dan serbet. Beberapa bisnis bahkan akan memberi Anda diskon untuk kopi Anda karena membawa mug sendiri. Simpan satu set peralatan perak di tempat kerja bersama dengan piring, mangkuk, dan cangkir yang dapat Anda cuci dan gunakan kembali. 

Lewati sedotan plastik sama sekali atau beli sedotan logam yang dapat digunakan kembali. Ingat, banyak dari barang-barang ini terbuat dari plastik, harus dikirim dengan truk dan akan berakhir di tempat pembuangan sampah begitu kita menggunakannya satu kali. Apa pun yang dapat kita lakukan untuk mengurangi penggunaan produk ini akan memberikan dampak yang besar.

6. Beli barang bekas dan sumbangkan barang bekas

Sebelum Anda pergi membeli sesuatu yang baru, pertimbangkan untuk membelinya bekas yang juga dapat menghemat banyak uang. Dengan membeli barang bekas, Anda akan mendukung badan amal lokal selain menyelamatkan barang agar tidak dibuang ke tempat pembuangan sampah.

7. Berbelanja di pasar petani lokal 

Berbelanja di pasar petani lokal Anda adalah win-win. Pertama, Anda akan mendukung petani lokal sambil juga mendapatkan bahan-bahan yang lebih segar daripada yang mungkin Anda temukan di toko kelontong besar. 

Makanan yang diproduksi secara lokal tidak harus dikirim jauh atau didinginkan dalam perjalanan. Petani lokal sering mengandalkan lebih sedikit kemasan dan banyak yang senang jika Anda mengembalikan keranjang berry atau karton telur pekan lalu untuk digunakan minggu depan. Anda juga dapat mengurangi limbah kemasan secara besar-besaran dengan berbelanja di toko yang menjual makanan dalam jumlah besar, tetapi Anda harus menyiapkan wadah sendiri.

 

8. Kurangi penggunaan kertas 

Di dunia digital saat ini, sebagian besar perusahaan menawarkan tagihan melalui e-mail dan beberapa bahkan menawarkan insentif untuk melakukannya. Lebih banyak toko juga menawarkan tanda terima elektronik, yang bagus karena lebih sulit hilang jika Anda perlu mengembalikannya. 

Pertimbangkan juga untuk berlangganan digital untuk majalah favorit Anda yang dapat Anda baca di tablet atau komputer. Langganan digital seringkali juga sedikit lebih murah daripada versi hard copy.

 

 
Dengan membawa air sendiri, Anda juga akan mengurangi peluang untuk membeli minuman yang lebih mahal saat bepergian.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat