Speedcuber Abel Brata sukses mendesain instalasi mosaik Meg 2: The Trench dari kubus rubik di Plaza Senayan. Instalasi ini dibangun dalam rangka menyambut perilisan sekuel The Meg. | Republika/Gumanti

Geni

Kembalinya Teror Sang Hiu Raksasa Purba

Bintang laga Jason Statham kembali berperan dalam Meg 2: The Trench.

Jelang perilisan film "Meg 2: The Trench", Warner Bros. Pictures membangun instalasi mosaik kubus rubik di mall Plaza Senayan. Head of Theatrical Marketing WB Indonesia, Oscar Prajnaphalla, berharap instalasi ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Jakarta.

"Karena Meg identik dengan besar dan raksasa, maka kamu memiliki ide membangun instalasi yang menggambarkan daya tarik tersebut," kata Oscar di Plaza Senayan, Selasa (1/8/2023).

Oscar mengatakan, untuk membangun instalasi "Meg 2: The Trench", pihaknya bekerja sama dengan komunitas kubus rubik Jakarta Speedcubing. Instalasi yang mendapat rekor Mosaik Kubus Rubik Terbesar di Indonesia ini dapat dilihat di Plaza Senayan hingga 13 Agustus 2023. "Instalasi yang kami bikin ini juga bisa digunakan oleh penikmat film sebagai spot foto yang bagus," kata dia.

Film “Meg 2: The Trench” mengambil inspirasi dari meg atau megalodon, yakni hiu terbesar yang pernah ada, diperkirakan dengan berat mencapai 50 ton dan panjang lebih dari 60 kaki, menjadikannya sekitar tiga kali lebih besar daripada hiu putih besar saat ini. Mereka hidup antara 23 hingga 3,6 juta tahun yang lalu.

Film “Meg 2: The Trench” merupakan sekuel dari blockbuster tahun 2018, The Meg. Film kedua ini disebut bakal menjadi pemacu adrenalin pamungkas di musim panas ini. "Kami berharap semoga filmnya juga bisa memecahkan rekor box office," kata Oscar.

Bintang laga Jason Statham kembali berperan dalam sekuel ini, didampingi oleh kehadiran ikon aksi global Wu Jing. Mereka berdua akan memimpin tim peneliti yang berani dalam penyelaman eksplorasi ke kedalaman samudra terdalam.

Perjalanan mereka berubah menjadi kekacauan ketika operasi penambangan jahat mengancam misi mereka dan memaksa mereka ke dalam pertempuran berisiko tinggi untuk bertahan hidup. Diadu dengan Meg-Meg raksasa dan juga para penjarah lingkungan, para pahlawan ini, harus berlari lebih cepat, mengakali predator tanpa ampun mereka dalam perlombaan yang mendebarkan melawan waktu. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by The Meg Movie (@megmovie)

Pemeran lain yang bermain di film ini antaranya Sophia Cai, Page Kennedy, Sergio Peris-Mencheta, Skyler Samuels, dan Cliff Curtis. Film ini diproduksi oleh Lorenzo di Bonaventura dan Belle Avery, dan di kursi produser eksekutif ada Jason Statham, Cate Adams, Ruigang Li, Catherine Xujun Ying, Wu Jing, E Bennett Walsh, Erik Howsam, Gerald R Molen, dan Randy Greenberg.

Disutradarai oleh Ben Wheatley, film "Meg 2: The Trench" didistribusikan ke seluruh dunia oleh Warner Bros. Pictures dan akan tayang di bioskop-bioskop Indonesia mulai 2 Agustus 2023. Sementara itu, Lembaga Sensor Film (LSF) Indonesia memberikan rating 13+ untuk film "Meg 2: The Trench".

 

Serba-serbi Kubik Raksasa

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Warner Bros. Indonesia (@warnerbrosid)


Warner Bros Pictures Indonesia menggandeng komunitas pencinta kubus rubik, Jakarta Speedcubing, untuk membangun instalasi bertema "Meg 2: The Trench" di lantai dasar Plaza Senayan, Jakarta Pusat. Instalasi ini dibangun dalam rangka menyambut perilisan film laga petualangan "Meg 2: The Trench" mulai 2 Agustus 2023. 

Instalasi ini memiliki lebar 2,5 meter, panjang 5 meter, tinggi 3 meter, dan menggunakan 2.466 buah kubus rubik standar dan 780 kubus rubik kecil. Atas dasar penilaian tim Asosiasi Rekor Indonesia (ARI), instalasi kubus rubik "Meg 2: The Trench" berhasil memecahkan rekor Mosaik Kubur Rubik terbanyak di Indonesia, sekaligus tercatat sebagai rekor Mosaik Kubus Rubik Terbesar dengan bentuk ireguler.

"Kami melihat dan mempertimbangkan bahwa instalasi 'Meg 2: The Trench' yang terbuat dari kubus rubik ini telah memenuhi syarat untuk memecahkan rekor Mosaik Kubus Rubik Terbesar saat ini, jauh mengalahkan rekor sebelumnya yang menggunakan 1.700 kubus rubik," kata Ketua ARI Halim Sugiarto di Plaza Senayan, Selasa (1/8/2023).

Instalasi "Meg 2: The Trench" didesain oleh Abel Brata, seorang seniman dan speedcuber yang pernah memecahkan rekor dunia RHR dan rekor Indonesia versi MURI dan World Cube Association. Menurut Abel, proses perancangan dan pembangunan instalasi ini memakan waktu sekitar satu bulan. 

Sementara itu, dalam proses penyusunan gambar mosaiknya dilakukan oleh para speedcuber terlatih dari komunitas Jakarta Speedcubing selama kurang lebih 22 jam. "Kami mulai mengerjakan gambar mosaik instalasi ini pada 26 Juli dari pukul 12.00 sampai 21.00, dilanjutkan keesokan harinya mulai 12.00 siang hingga selesai pada pukul satu dini hari," kata Arif.

Dalam acara seremonial hari ini, (1/8/2023), sebanyak 20 orang speedcuber dari Jakarta Speedcubing, termasuk sang founder Abel Brata, melakukan sentuhan akhir dengan menyusun 100 kubus rubik terakhir bersama-sama.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Abel Brata - Visual Art (@abelbrata)

"Masing-masing dari kami memiliki kecepatan memecahkan rubik kubus rubik rata-rata di bawah 15 detik, jadi jika serentak melakukan solving, dapat menyelesaikan 100 buah cube tersebut kurang dari lima menit," kata Arif.

Film "Meg 2: The Trench" didistribusikan ke seluruh dunia oleh Warner Bros. Pictures dan akan tayang di bioskop-bioskop Amerika Utara pada 4 Agustus 2023, sementara di bioskop-bioskop Indonesia tayang mulai 2 Agustus 2023.

 

 
Instalasi ini memiliki lebar 2,5 meter, panjang 5 meter, dan tinggi 3 meter. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat