Sinead O Connor mengenakan hijab saat pentas di konsernya di Akvarium Klub, Budapest, Hungaria, (9/12/2019). | MTI
Sinead O Connor resmi memeluk agama Islam pada 2018 dan mengubah namanya menjadi Shuhada Sadaqat. | MTI
Di sisi lain, kabar kematian Sinead yang disiarkan berbagai media sangat jarang memunculkan identitasnya sebagai Muslimah. | EPA-EFE/Marton Monus HUNGARY
Kisah mualaf Sinead telah lama menjadi inspirasi bagi banyak penggemarnya di berbagai belahan dunia. | EPA-EFE/Marton Monus HUNGARY

Peristiwa

Kematian Sinead O'Connor dan Identitas Muslim

Media Inggris sangat jarang memunculkan identitas O'Connor sebagai Muslimah.

JAKARTA -- Penyanyi Sinead O'Connor resmi memeluk agama Islam pada 2018 dan mengubah namanya menjadi Shuhada Sadaqat. Meski O'Connor membanggakan identitasnya sebagai Muslimah, berita kematian mengenai O'Connor kerap tak mencantumkan identitas yang dia banggakan tersebut.

"Saya bangga menjadi seorang Muslim," jelas O'Connor melalui sebuah cicitannya di Twitter pada 19 Oktober 2018, seperti dilansir AlJazeera.

Minimnya berita kematian yang menunjukkan identitas O'Connor sebagai seorang Muslimah menimbulkan pertanyaan seputar proses pemakaman yang akan diberikan kepada O'Connor. Sebagai seorang Muslimah, O'Connor tentu berhak untuk dimakamkan secara Islam.

Di sisi lain, kabar kematian O'Connor yang disiarkan berbagai media sangat jarang memunculkan identitas O'Connor sebagai Muslimah. Tak jarang, foto O'Connor yang dimuat dalam berita kematian merupakan foto lama saat O'Connor belum menggunakan hijab.

"Saya tak habis pikir mengapa media Inggris tak menggunakan foto Sinead O'Connor yang berhijab meski dia menunjukkan identitasnya secara terbuka sebagai Muslim," ujar seorang warganet, Unzela Khan Sheikh, melalui Twitter. 

Penulis asal Amerika Serikat, Khaled Beydoun, menilai fenomena ini merupakan upaya media-media besar di Barat untuk "menghapus" identitas O'Connor sebagai Muslim. Oleh karena itu, Beydoun mengunggah kabar kematian O'Connor buatannya sendiri yang menampilkan foto sang penyanyi dalam balutan hijab.

"Banyak outlet media besar mengabaikan atau menghapus identitas Muslim dari Sinead atau Shahuda," tulis Beydoun.

Kisah mualaf O'Connor telah lama menjadi inspirasi bagi banyak penggemarnya di berbagai belahan dunia. 

Selama berkarier, O'Connor juga aktif membela hak warga Palestina yang dijajah oleh Israel. Salah satu bentuk dukungan O'Connor terhadap Palestina tercermin saat wanita asal Irlandia tersebut menolak untuk tampil di Israel pada 2014.

"Orang yang waras, termasuk saya sendiri, pasti akan memiliki simpati untuk situasi buruk yang dihadapi warga Palestina," ujar O'Connor kepada Hot press.

  ';

Kematian Sinead O'Connor dan Identitas Muslim

Media Inggris sangat jarang memunculkan identitas O'Connor sebagai Muslimah.

SELENGKAPNYA

Menhan Israel Pernah Ancam Bunuh Sinead O'Connor

Menhan Israel pernah mengancam Sinead dan mengusirnya dari Yerusalem.

SELENGKAPNYA

Sinead, Sang Pencari Tuhan Itu, Wafat

Keluarga mengumumkan penyanyi Sinead O'Connor meninggal .

SELENGKAPNYA