Peserta upacara pingsan di Alun-alun Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat (21/10/2022). Upacara yang diikuti ratusan santri, pelajar serta masyarakat itu untuk memperingati Hari Jadi Pemkab Jombang ke-112 serta Hari Santri Nasional 2022 yang mengangkat te | ANTARA FOTO/Syaiful Arif

Medika

Kerap Datang tanpa Peringatan, Pingsan Bisa Mengancam Nyawa

Pingsan bisa jauh dari benar-benar jinak hingga mengancam jiwa.

Pingsan dapat terjadi pada siapa saja, termasuk orang sehat. Menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke, sinkop yang merupakan istilah medis untuk pingsan, terjadi ketika tiba-tiba terjadi perubahan aliran darah ke otak.

Menurut American Heart Association (AHA), ini biasanya terjadi ketika tekanan darah terlalu rendah dan jantung tidak memompa cukup oksigen ke kepala. "Pingsan adalah salah satu masalah paling umum yang dilihat dokter pengobatan darurat," kata Dr Torree McGowan, seorang dokter pengobatan darurat di Culver, Oregon, dan juru bicara American College of Emergency Physicians seperti dilansir dari laman Today, Ahad (23/7/2023).

Secara umum, McGowan melanjutkan, pingsan bisa jauh dari benar-benar jinak hingga mengancam jiwa. Jinak seperti Anda menjadi sedikit pusing ketika melihat darah dan mengancam jiwa seperti jantung Anda tidak berdetak dengan benar. “Saat kami melihat orang-orang di ruang gawat darurat, kami mencoba mencari tahu: Di bagian mana mereka berada?" ujar McGowan.

Apa pun penyebabnya, akibat pingsan tiba-tiba bisa parah, termasuk tengkorak retak dan cedera otak. Seorang wanita Tennessee menderita luka wajah yang menyakitkan dan bekas luka besar di dahinya ketika dia pertama kali jatuh tertelungkup ke lantai kayu keras di rumahnya.

photo
Pelari Sumatera Utara Pretty Sihite dievakuasi petugas medis karena pingsan setelah masuk finis dalam final nomor lari 5.000 meter putri cabang atletik PON Papua di Stadion Atletik Mimika Sport Center, Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (5/10/2021). Dalam final tersebut, pelari DKI Jakarta Odekta Elvina meraih medali emas, sementara pelari DKI lainnya Tryaningsih meraih medali perak dan pelari Sulawesi Selatan Fitri meraih medali perunggu. - (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom. )

Itu terjadi ketika dia mengalami reaksi buruk terhadap gummy THC delta-8 yang dia gunakan untuk menghilangkan rasa sakit, menyebabkan tekanan darahnya turun. Ketua departemen kedokteran di University of California, San Francisco, Robert Wachter, menjelaskan, dia pingsan saat mandi air panas.

Kemudian, kepalanya terbentur, dan mengalami pendarahan di ruang sekitar otaknya ditambah patah tulang leher rahim kecil. Dia men-tweet pada 12 Juli, bersama dengan foto wajahnya yang memar.

"Melangkah ke air panas saat Anda mengalami dehidrasi dan flu dapat menyebabkan pembuluh darah Anda membesar, menyebabkan penurunan tekanan darah yang berbahaya," tulis Wachter. "Saya terbangun di kolam berdarah di lantai kamar mandi saya."

 

photo
Petugas memberikan penanganan medis kepada santri yang pingsan seusai disuntik vaksin Covid-19 di Pondok Pesantren Persatuan Islam (Persis) Bandung, Jalan Pajagalan, Kota Bandung, Rabu (11/8). Sebanyak 2.500 santri dan masyarakat umum mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 sebagai upaya menanggulangi penyebaran Covid-19 sekaligus upaya percepatan program vaksinasi nasional untuk mempercepat herd immunity atau kekebalan kelompok. Foto: Republika/Abdan Syakura - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

 

Oleh karena itu, kenali tanda-tanda Anda akan pingsan:

Pingsan tanpa peringatan sama sekali jarang terjadi, tetapi ketika itu terjadi, dokter khawatir tentang masalah irama jantung, penyebab pingsan yang lebih serius. Kebanyakan orang akan mengalami gejala ketika mereka akan kehilangan kesadaran, catatnya. Mereka termasuk:

 

1. Merasa pusing, mual atau pusing.

2. Memiliki kulit yang dingin atau lembap dan berkeringat.

3. Mengalami perubahan visual, seperti penglihatan terowongan, penglihatan yang kabur atau menjadi gelap, atau melihat bintik-bintik. Orang-orang di sekitar Anda mungkin memperhatikan bahwa Anda memiliki pupil yang melebar.

4. Merasakan sensasi hangat. “Rasanya seluruh tubuhmu memerah,” kata Bri Clark, wanita asal Tennessee yang pingsan. 

5. Menjadi pucat.

6. Mengalami sesak napas.

Waspadai Hal yang Bisa Membuat Pingsan

Dokter pengobatan darurat di Culver, Oregon, dan juru bicara American College of Emergency Physicians, dr Torree McGowan mengatakan tiba-tiba pingsan bisa berbahaya bagi orang yang mengalaminya. Mereka juga bisa cedera bahkan memar di tubuh juga wajahnya.

Sebelum itu terjadi, kenali penyebab yang mungkin membuat Anda pingsan. Dilansir dari laman Today, Ahad (23/7/2023), McGowan membagikan beberapa penyebab pingsan.

1. Mengambil darah Anda atau melihat darah

Beberapa orang juga pingsan saat melihat jarum atau peralatan medis lainnya.

2. Makan atau minum terlalu sedikit

Dehidrasi adalah penyebab umum di musim panas. Berada di lingkungan yang panas dapat menyebabkan sinkop panas.

3. Merasa cemas atau gugup, pada hari pertama Anda bekerja, misalnya.

4. Pergi ke kamar mandi.

“Anehnya, ada refleks yang terjadi sehingga orang bisa pusing, terutama jika mereka buang air besar dan mengejan dengan sangat keras. Itu adalah alasan yang dijelaskan dengan baik untuk pusing dan pusing,” kata McGowan.

5. Batuk

Selama pandemi Covid 19, orang terkadang batuk sampai pingsan.

6. Gula darah rendah

Berdiri terlalu cepat, hipotensi ortostatik adalah penurunan tekanan darah yang terjadi ketika seseorang bangkit dari berbaring ke berdiri. Ini dapat menyebabkan pusing pada beberapa orang. Dalam sindrom takikardia ortostatik postural (POTS), pusing juga disertai dengan peningkatan detak jantung yang cepat.

7. Mengonsumsi obat atau suplemen yang dapat menurunkan tekanan darah.

8. Masalah ritme jantung

"Ini adalah penyebab pingsan yang jauh lebih serius, dan orang bisa pingsan tanpa peringatan," kata McGowan. Ini jauh lebih umum pada orang tua atau pasien dengan penyakit jantung.

 

Memulihkan dan Mencegah Pingsan

photo
Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) berpakaian hazmat membantu seorang warga yang pingsan saat simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pilkada 2020 di kantor KPU Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (21/11/2020). Simulasi yang diselenggarakan oleh KPU Kota Surabaya dan diikuti perwakilan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) tersebut bertujuan meningkatkan pemahaman serta kemampuan petugas dalam menerapkan protokol kesehatan pada pelaksaaan pemungutan dan penghitungan suara Pilkada 2020 untuk mencegah penyebaran Covid-19. - (MOCH ASIM/NTARA FOTO)

National Institute of Neurological Disorders and Stroke mengatakan hilangnya kesadaran dapat berlangsung selama satu atau dua menit sebelum orang tersebut perlahan-lahan kembali normal.

Cara mengatasinya pasien berbaring selama 10 hingga 15 menit di tempat yang sejuk dan tenang atau duduk dengan kepala di antara lutut. Menyeruput air dingin juga bisa membantu.

Namun, sebelum pingsan terjadi, sebaiknya cegah dengan cara berikut. Jika Anda mulai merasa akan pingsan, sebaiknya segera duduk atau berbaring jika memungkinkan. Itu membantu tubuh menjadi horizontal untuk memastikan aliran darah ke kepala dan melindungi otak, jelasnya. Ini juga meminimalkan kemungkinan cedera jika Anda kehilangan kesadaran.

Cara lain untuk mencegah pingsan saat Anda merasakan gejala datang adalah dengan mencoba ketegangan, teknik yang melibatkan otot tegang untuk meningkatkan tekanan darah Anda.

National Institute of Neurological Disorders and Stroke menyarankan Anda untuk mengepalkan tangan, menyilangkan kaki Anda, meremas paha Anda bersama-sama dan mengencangkan otot-otot di lengan Anda.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat