ILUSTRASI Tidak semua sahabat Nabi SAW dapat hijrah dari Makkah ke Madinah. Dhamrah termasuk yang sempat tidak ikut, tetapi kemudian ingin menyusul Nabi SAW. | DOK REP MUSIRON

Kisah

Sahabat Nabi Wafat Saat Berhijrah

Dhamrah bin Ishaq akhirnya menyusul Nabi SAW hijrah ke Madinah, tetapi lebih dahulu wafat sebelum tiba di tujuan.

Kira-kira 13 tahun sesudah kenabian, Rasulullah SAW mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk memimpin kaum Muslimin berpindah. Perpindahan itu berarti keluar dari Makkah al-Mukarramah. Memang, situasi kota tempat beliau lahir dan menetap itu semakin hari kian meresahkan bagi orang-orang yang beriman. Elite Quraisy sebagai pihak penguasa tidak henti-hentinya menindas...

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Ragam Pekerjaan Kaum Muhajirin

Setelah berhijrah, kaum Muhajirin di Madinah mulai menata kembali penghidupan mereka. Sebagian besar memperoleh ragam pekerjaan.

SELENGKAPNYA

Kota Nabi Sebagai Model Tata Ruang

Sejak Nabi Muhammad SAW hijrah ke sana, Madinah menjadi kota yang berkembang pesat, baik pada aspek infrastruktur fisik maupun sosial.

SELENGKAPNYA

Sang Bapak Bangsa dari Muhammadiyah

Ki Bagus Hadikusumo turut merumuskan dasar negara dan undang-undang dasar negara Indonesia.

SELENGKAPNYA