Sinema bioskop (ilustrasi) | Unsplash/Denise Jans

Geni

Deretan Film yang Berhenti Syuting Akibat Mogok Kerja Para Aktor Hollywood

Pemogokan ini berdampak bagi produksi film layar lebar dan serial.

Film-film besar yang sedang diproduksi, termasuk sekuel Avatar dan Gladiator, tampaknya akan terpengaruh oleh aktor dan aktris Hollywood yang melakukan aksi mogok.

Acara promosi seperti pemutaran perdana red carpet juga akan terpengaruh, seperti film Disney Haunted Mansion, yang dirilis akhir bulan ini. Acara termasuk Emmy dan Comic-Con juga berpotensi dijadwalkan ulang atau diperkecil skala perhelatannya.

Ini merupakan penutupan industri terbesar selama lebih dari 60 tahun, sekitar 160 ribu artis berhenti bekerja pada tengah malam ini. Penjemputan akan dimulai pada Jumat pagi di luar markas Netflix, California, sebelum pindah ke Paramount, Warner Bros, dan Disney.

Pengumuman pemogokan mengikuti aksi pemogokan serupa dari Writers Guild of America (WGA) dan menghentikan sebagian besar produksi film dan TV Amerika Serikat.

Screen Actors Guild (SAG) meminta, para raksasa streaming itu menyetujui pembagian keuntungan yang lebih adil dan kondisi kerja yang lebih baik. Ia juga ingin melindungi artis agar tidak direbut oleh replika digital.

Serikat pekerja juga mencari jaminan bahwa kecerdasan buatan (AI) dan wajah serta suara yang dihasilkan digital tidak akan digunakan untuk menggantikan aktor dan aktris. Selama pemogokan berlangsung, aktor dan aktris tidak dapat tampil di film, bahkan mempromosikan film yang telah mereka buat. 

Produksi lain yang mungkin terpengaruh termasuk juga Beetlejuice Tim Burton dan film yang diadaptasi dari musikal Wicked. Tak hanya film layar lebar, serial TV “House of the Dragon” dari HBO akan terkena serangan tersebut, bersama dengan seri kedua dari Netflix “The Sandman and Family Guy” dan “The Simpsons” di Fox.

Kepala Eksekutif Asosiasi Sinema Inggris Phil Clapp mengatakan, pemogokan itu tidak akan menyebabkan terlalu banyak gangguan bagi penonton bioskop. “Mengingat tantangan yang dihadapi operator bioskop Inggris dalam beberapa tahun terakhir, semua akan khawatir dengan apa pun yang berpotensi mengancam pasokan film ke layar lebar dan sangat diharapkan bahwa akan ada resolusi cepat untuk masalah ini,” kata dia.

"Yang mengatakan, sudah ada daftar film yang kuat terkunci untuk pekan dan bulan yang akan datang, dimulai dengan Mission Impossible: Dead Reckoning Part One, Barbie, dan Oppenheimer, atau datang ke bioskop segera dengan judul utama lainnya membentang hingga 2024, menjanjikan untuk menghibur jutaan penonton bioskop,” ujar dia melanjutkan.

“Kecuali jika pemogokan saat ini berlarut-larut, kami yakin bioskop akan membuat sedikit perubahan jika ada gangguan pada masa mendatang,” kata dia mengakhiri. Aktor Cillian Murphy, Matt Damon, dan Emily Blunt juga meninggalkan pemutaran perdana Oppenheimer karya Christopher Nolan di London pada Kamis malam, saat pemogokan diumumkan.

Untuk film yang sedang diproduksi, pemogokan berarti sebagian besar produksi menjadi tidak mungkin dilakukan. Bahkan, dalam kasus di mana pembuatan film telah selesai, aktor tidak akan tersedia untuk pemotretan ulang dan elemen penting lainnya dari proses pembuatan film.

Acara TV yang masih difilmkan juga sebagian besar harus dihentikan, meskipun dalam beberapa kasus, kesepakatan sampingan dapat dibuat antara aktor, aktris, dan produser untuk memungkinkan pekerjaan dilanjutkan.

Beberapa aktor dan aktris juga turun ke Instagram untuk menyuarakan dukungan mereka untuk pemogokan tersebut. Untuk mengatasi kekhawatiran tentang penggunaan AI, studio besar telah menawarkan apa yang mereka sebut ‘proposal terobosan’ yang akan melindungi kemiripan digital aktor dan aktris serta memerlukan persetujuan mereka saat replika digital digunakan dalam pertunjukan atau ada perubahan.

Namun, serikat pekerja menolak tawaran yang diajukan oleh Alliance of Motion Picture and Television Producers (AMPTP) itu. Direktur eksekutif nasional dan kepala negosiator SAG, Duncan Crabtree-Ireland, mengatakan, hal itu tidak dapat diterima. “Mereka mengusulkan agar latar belakang artis harus bisa dipindai, dibayar untuk gaji satu hari, dan perusahaan mereka harus memiliki pindaian gambar mereka, rupa mereka, dan harus dapat menggunakannya selama sisa keabadian. Jika menurut kalian itu adalah proposal terobosan, saya sarankan untuk berpikir lagi,” kata Duncan.

photo
Pengunjung memerhatikan poster film pendek karya sineas lokal Lombok di bioskop CGV, Mataram, NTB, Selasa (5/7/2022). Sebanyak empat film pendek karya sineas lokal Lombok diantaranya film berjudul Jamal dan Sepiring Bersama karya Muhamad Heri Fadli, Junaidi karya Hambali dan Pepadu karya Ming Muslimin ditayangkan pada kegiatan Sinema Akar Rumput di bioskop CGV guna mengangkat level film lokal. - (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Serikat pekerja ini secara resmi dikenal sebagai Screen Actors Guild-American Federation of Television and Radio Artists atau SAG-AFTRA. Selain pembayaran royalti yang lebih besar, salah satu tuntutan layanan streaming adalah aktor harus menerima gaji pokok yang lebih besar.

Pemogokan tersebut mencakup puluhan ribu aktor yang menerima bayaran yang jauh lebih rendah untuk bagian-bagian kecil daripada rekan-rekan A-list mereka. Pemogokan terpisah oleh 11.500 anggota Writers Guild of America atau WGA yang menuntut gaji dan kondisi kerja yang lebih baik telah berlangsung sejak 2 Mei 2023.

 

 
Kecuali jika pemogokan saat ini berlarut-larut, kami yakin bioskop akan membuat sedikit perubahan jika ada gangguan pada masa mendatang. 
 
PHIL CLAPP, Kepala Eksekutif Asosiasi Sinema Inggris. 
 
 

 

 

Deadpool 3 Stop Produksi

Film Deadpool 3 telah menghentikan proses syuting karena aktor dan penulis melakukan aksi mogok kerja. Ribuan anggota serikat artis Amerika, SAG-AFTRA, kini melakukan mogok kerja bersama Writers Guild of America, yang menandai penghentian produksi film terbesar di Hollywood sejak serikat artis dan penulis melakukan mogok kerja bersama pada 1960.

Film yang dibintangi Ryan Reynolds tersebut merupakan salah satu produksi besar pertama yang terkena dampak pemogokan dari aktor dan penulis, demikian seperti dilansir dari Film News, Sabtu (15/7/2023). Penangguhan produksi ini terjadi hanya beberapa hari setelah para penggemar disuguhi first look dari lokasi syuting, yang menunjukkan Reynolds sebagai Deadpool bersama Hugh Jackman dengan kostum kuning dan hitam sebagai Wolverine.

Baru-baru ini juga dilaporkan bahwa Jennifer Garner akan bergabung dengan proyek ini sebagai Elektra, karakter yang sebelumnya ia perankan di film Daredevil pada 2003 dan Elektra pada 2005.

Film Deadpool 3 juga akan dibintangi oleh Emma Corrin dan Matthew Macfadyen sebagai pendatang baru di franchise ini. Adapun para pemain lama yang masih akan bermain, di antaranya Karan Soni, Leslie Uggams, Morena Baccarin, Rob Delaney, dan Brianna Hildebrand.

Sekuel yang disutradarai oleh Shawn Levy ini saat ini memiliki tanggal rilis Mei 2024. Masih harus dilihat apakah tanggal tersebut akan bergeser sebagai akibat dari aksi pemogokan.

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat