Eden Hazard | AP

Liga Spanyol

Mengembalikan Tuah Bernabeu

Eden Hazard dikabarkan siap merumput dalam laga kontra Celta Vigo.

 

Kekalahan 3-4 dari Real Sociedad dari babak perempat final Copa del Rey pada dua pekan lalu menjadi catatan terakhir penampilan Real Madrid di Stadion Santiago Bernabeu. Padahal, sebelum kekalahan tersebut, rekor kandang Madrid dalam semua ajang terbilang impresif dengan catatan tidak pernah kalah dari 15 partai.

 

Kekalahan dari Sociedad itu menjadi kekalahan perdana Madrid di Bernabeu pada musim ini. Lalu, untuk rekor buruk, kebobolan empat gol itu menjadi yang kali pertama terjadi dalam laga kandang musim ini. Kekalahan dari Sociedad tersebut kian menyakitkan karena Los Blancos kehilangan satu peluang raihan trofi pada musim ini, yaitu gelar juara Copa del Rey.

 

Tidak mengherankan jika pelatih Madrid Zinedine Zidane langsung meradang selepas kekalahan dari Sociedad tersebut. Pelatih asal Prancis itu menyebut, kesalahan kecil dari struktur pertahanan membuat mereka harus menanggung malu.

 

"Jelas, sesuatu terjadi di tim ini. Kami mesti bisa menganalisis penyebabnya dan apa yang menimpa kami dalam laga kandang," tutur Zidane seperti dikutip AS, beberapa waktu lalu.

 

Tekad untuk mengembalikan tuah Santiago Bernabeu ini akhirnya diusung Madrid kala menerima Celta Vigo, Senin (17/2) dini hari WIB, pada laga lanjutan La Liga Spanyol. Tuntutan kemenangan dalam laga ini kian besar karena Los Blancos tengah bersaing ketat dengan Barcelona dalam perebutan posisi teratas klasemen sementara La Liga.

 

Sekarang ini Madrid masih mengantongi keunggulan tiga poin di puncak klasemen dengan koleksi 52 poin dari 23 laga. Namun, tim asal Ibu Kota itu tentu mesti mewaspadai setiap upaya kebangkitan Blaugrana yang mulai menemukan performa terbaiknya.

 

"Tiap torehan tiga angka akan membuat kami makin dekat dengan target musim ini, yaitu raihan trofi La Liga. Kami mesti bisa bertahan di jalur ini," tutur gelandang Madrid Federico Valverde di laman resmi klub.

 

Tidak hanya soal rekor impresif pertemuan dengan Celta Vigo, yang tercatat tidak pernah kalah dari 11 bentrokan terakhir, Madrid memiliki modal lain, yaitu kembalinya Eden Hazard. Pemain yang didatangkan pada awal musim ini tersebut dikabarkan telah pulih dari cedera dan kembali berlatih. Mantan gelandang serang Chelsea itu dikabarkan siap merumput dalam laga kontra Celta Vigo.

 

Dari kubu tim tamu, bayang-bayang catatan minor performa dalam laga tandang di pentas La Liga terus menghantui tim berjuluk Celticos tersebut. Celta Vigo tercatat tidak pernah menang dalam 22 dari 23 laga tandang terakhir di pentas La Liga. Kendati begitu, Celticos memiliki motivasi lebih dalam lawatan ke Santiago Bernabeu.

 

Celticos tengah berusaha menjauhi zona degradasi. Berada di peringkat ke-17 dengan raihan 20 poin, Celta Vigo hanya terpaut dua poin dari zona merah. Pelatih Celta Vigo Oscar Garcia Junyent menegaskan, kemenangan 2-1 atas Sevilla pada akhir pekan lalu telah mengembali kan semangat anak-anak asuhnya.

 

Celtico, kata Oscar Garcia, tengah berada dalam momentum yang tepat untuk bisa bangkit. Apalagi, kemenangana atas Sevillla itu merupakan kemenangan perdana Celta Vigo dalam empat laga terakhir dari semua ajang.

 

"Pesan terbaik dari laga itu adalah ternyata kami mampu bersaing dengan cara kami sendiri. Dalam laga itu, kami yakin bisa keluar dari situasi sulit. Tentu kami berharap ini menjadi titik awal kebang kitan kami untuk bisa memperbaiki posisi di papan klasemen," kata Oscar Garcia seperti dikutip Faro de Vigo, awal pekan ini.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat