Kuku yang sehat dan mitos bintik putih di kuku (ilustrasi) | Unsplash/Chelson Tamares

Medika

Meluruskan Mitos Penyebab Bercak Putih Kuku

Banyak orang beranggapan penyebab bintik-bintik putih pada kuku dikarenakan kekurangan vitamin.

Memiliki bercak putih adalah salah satu masalah pada kuku yang paling umum, tapi sering disalahpahami. Misalnya, banyak orang beranggapan penyebab bintik-bintik putih pada kuku karena kekurangan vitamin. 

"Saya sangat sering memiliki pasien yang datang dan berkata, 'Oh, kekurangan kalsium,' tapi anggapan itu benar-benar mitos,” kata Dr Shari Lipner, seorang profesor dermatologi klinis di Weill Cornell Medical Center, dikutip Kamis (13/7/2023). 

Sementara, Dr Kristen Lo Sicco, profesor asosiasi di Ronald Departemen Dermatologi O Perelman Fakultas Kedokteran NYU Grossman, menjelaskan, ketika ingin mengetahui lebih jelas terkait penyebabnya, bisa diperhatikan jumlah bintik yang muncul.

photo
Merawat kuku dengan manicure dan pedicure (ilustrasi) - (Unsplash/Giorgio Trovato)

Munculnya beberapa bintik putih pada kuku mungkin disebabkan oleh masalah yang lebih kecil, sedangkan lapisan putih di bagian kuku bisa menandakan infeksi jamur. “Jika Anda menekan kuku yang terkena dan area putih masih terlihat, itu disebut leukonychia,” kata Lo Sicco.

Hal itu lebih sering dikaitkan dengan faktor eksternal, seperti kikir kuku yang agresif. Tetapi, jika area putih hilang saat menekan kuku, kemungkinan besar tanda pseudo-leukonychia, yang menunjukkan kulit alas kuku terkena dampak di bawahnya.

Itu bisa menjadi pertanda sesuatu yang lebih serius, bahkan beberapa kondisi kesehatan yang mendasarinya. Berikut beberapa penyebab sekaligus pengobatan bintik putih pada kuku.

 

1. Trauma

"Penyebab white spot yang paling umum adalah trauma," kata Lipner. Ketika trauma adalah penyebabnya, sering kali diakibatkan saat manikur. Filing, manikur gel, dan memotong serta mendorong kutikula semuanya dapat menyebabkan bintik-bintik putih pada kuku.

Perawatan: Bintik putih akibat trauma akan tumbuh dan hilang seiring berjalannya waktu. Tetapi, orang juga harus berhati-hati untuk melakukan kembali tindakan apa pun yang menjadi penyebab aslinya. Hindari filing yang agresif dan jangan mendorong atau memotong kutikula, menurut saran Lipner.

 

2. Infeksi jamur

Sering kali, infeksi jamur menyebabkan kuku berwarna kuning. Tapi, kadang-kadang, itu bisa menjadi jenis jamur yang sangat dangkal. “Itu bisa meninggalkan lapisan putih kecil semacam ini di kuku," kata Lipner.

Pengobatan: Infeksi jamur memerlukan pemeriksaan ke dokter kulit. Dokter akan mengambil sampel kuku untuk menguji keberadaan jamur dan jika ada infeksi, akan diresepkan obat antijamur untuk mengatasi masalah tersebut.

 

3. Granulasi keratin

Area kuku yang putih dan kering ini diperkirakan terjadi akibat terlalu lama membiarkan cat kuku, menurut Lo Sicco. Pada dasarnya, ini berkembang ketika kuku tidak terkelupas dengan baik dari cat kuku yang dibiarkan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Perawatan: Untuk granulasi keratin superfisial yang kecil, Anda dapat membiarkannya atau mencoba mengikirnya dengan lembut. Tetapi penting untuk berhati-hati saat melakukannya sendiri dan tidak terlalu agresif dengan kuku.

 

4. Onikolisis

Kondisi ini terjadi ketika kuku mulai terangkat dari alas kuku, yang mungkin meninggalkan bintik putih di sepanjang tepi kuku yang terpisah, menurut Lo Sicco. 

Pengobatan: Jika kondisinya disebabkan oleh trauma atau cedera, kemungkinan besar akan sembuh saat kuku tumbuh. Dan menjaga perawatan kuku dan manikur tetap lembut akan membantu mencegahnya terjadi lagi.

 

5. Keracunan arsenik

Kendati jarang terjadi, keracunan arsenik bisa menyebabkan bercak putih pada kuku. Keracunan logam berat dapat menyebabkan banyak gejala lain, termasuk masalah pencernaan, sakit tenggorokan, dan perubahan pigmentasi kulit, menurut Cleveland Clinic.

Pengobatan: Segera temui dokter jika mencurigai kondisi ini. Kemungkinan ada pengujian sistemik untuk melihat apa yang terjadi.

 

Kapan harus ke dokter?

Beberapa penyebab kuku putih mungkin lebih mudah diidentifikasi dan ditangani sendiri, seperti mengikir secara agresif atau membiarkan cat kuku terlalu lama. Membiarkan bercak putih hilang dengan sendirinya bisa menjadi proses yang lambat. Perlu waktu enam bulan untuk kuku jari tangan dan satu tahun atau lebih untuk kuku kaki tumbuh sepenuhnya.

Tetapi, jika tidak yakin penyebab pasti dari bintik-bintik putih pada kuku, sebaiknya segera periksakan diri ke ahlinya.

 

 
Penyebab white spot yang paling umum adalah trauma.
DR SHARI LIPNER, Profesor dermatologi klinis di Weill Cornell Medical Center. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Peran Indonesia di Tengah Meningkatnya Tantangan

ASEAN, di bawah kepemimpinan Indonesia, harus bermanuver melalui permadani geopolitik yang kompleks.

SELENGKAPNYA

QRIS tak Lagi Gratis, Pedagang Kembali ke Uang Tunai

Praktik di lapangan terdapat pedagang yang membebankan biaya QRIS kepada konsumen.

SELENGKAPNYA

Perantara Kebaikan

Memotivasi kita untuk menjadi perantara kebaikan,

SELENGKAPNYA