Mr Barber | Republika

Ekonomi

bjb Kredit Guna Bhakti, Wujudkan Bisnis BarberShop Milik ASN Kota Bandung

Bisnis barber yang dirintis selama tiga tahun ini sudah melahirkan lima cabang.
photo
Muhammad Eko Saputra - (bjb)

Muhammad Eko Saputra diangkat sebagai aparat sipil negara (ASN) di Pemerintah Kota Bandung pada 2019. Saat ini, pria berusia 28 tahun itu bertugas melayani masyarakat sebagai Staf di Kelurahan Ledeng, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung.

Dia merupakan ASN yang produktif dan inspiratif di mata kawan- kawannya. Bagi dia, tidak ada salahnya jika ASN memiliki kegiatan wirausaha. Asalkan, kegiatan wirausahanya tidak mengganggu tanggung jawab sebagai abdi negara.

Brand Mr Barber, Barbershop - (Republika)

  ​

Berawal ketika Pandemi Covid-19 melanda pada 2020, Eko berupaya mencari pundi-pundi penghasilan. Barbershop menjadi pilihan bisnisnya. "Saya hobi dan bisa memangkas rambut, bahkan setiap seminggu sekali. Makanya saya buka saja usaha ini," kata Eko.

Bisnis barber yang dirintis selama tiga tahun ini sudah melahirkan lima cabang. Lokasinya di Kecamatan Rancaekek tiga outlet dan di Kecamatan Jatinangor dua outlet. Dalam menjalankan bisnisnya, Eko merekrut enam karyawan.

Adapun bisnis  barber yang dijalankan Eko memiliki brand Mr Barber. Mr Barber memiliki  tagline 'Harga Rakyat Kualitas Pejabat'.  Eko menceritakan, awal kisah beridirnya Mr Barber sejak Eko masih berstatus sebagai pegawai honorer di salah satu sekolah.

photo
brand Mr Barber, Barbershop - (Republika)

Eko kerap tampil dendi, rapih dan elegan. "Banyak orang menyebut dan menyapa saya dengan panggilan mister," ujar Eko sambil tersenyum simpul.

Tarif yang diberlakukan di babershop miliki Eko ini berkisar Rp 20 ribu hingga Rp 150 ribu. Kriteria tarifnya, potong rambut anak dan dewasa Rp 20 ribu, potong rambut full services Rp 30 ribu, haircolor Rp 150 ribu dan biggen (basic hitam) Rp 50 ribu.

photo
brand Mr Barber - (Republika)

Ketentuan tarif itu sangat kompetitif, namun tetap dilengkapi fasilitas sangat memuaskan. Mr Barber beroperasi setiap hari pukul 09.00 WIB – 21.00 WIB. Khusus pada hari Sabtu dan Minggu, beroperasi pada pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Outlet utama Mr Barber terletak di Jalan Teratai Raya No. 25, Blok 6, Kelurahan Rancaekek Kencana, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung. Dalam mengelola barber tersebut, Eko mampu meraup omset hingga Rp 20 juta per bulan.

Pendapatan tersebut berasal dari jasa pangkas rambut dan penjualan beberapa produk-produk hasil racikannya sendiri. Eko sengaja meracik hairtonic, parfum, pomade, dan powder untuk dijual.

Untuk memuaskan costumer-nya, Eko setiap bulan mengadakan sesi potong rambut gratis, khususnya untuk masyarakat setempat. ‘’Kami sering mengadakan kegiatan cukur gratis agar keberadaannya sangat bermaanfaat di mata masyarakat,’’ tambah Eko.

photo
Mr Barber - (Republika)

Selain itu, Eko Juga memberikan pelatihan cukur kepada masyarakat dengan nama P2PM  atau Program Pengabdian Pada Masyarakat. P2PM dihadirkan selaras dengan awal pendirian Mr Barber pada 28 Oktober 2020 saat peringatan Sumpah Pemuda. Pada peringatan Sumpah Pemuda 2020, Eko ingin memotivasi generasi muda agar selalu semangat dan jangan pernah putus asa.

Perjalanan bisnis Eko tidak terlepas dari peran bank bjb. Bisnisnya lahir dari topangan modal dari bank bjb. ASN angkatan 2019 itu sempat melirik sekian bank. Namun, dirinya lebih memilih bank bjb. Alasannya, produk pinjaman bank bjb memiliki bunga yang sangat kompetitif.

Selain itu, proses pengajuannya juga relatif mudah. Kala itu, Eko mengajukan pinjaman ke bank bjb Kantor Cabang  (KC) Tamansari, Kota Bandung.  Kebutuhan pinjaman modal Eko selaras dengan produk yang dimiliki bank bjb.

Di bank bjb terdapat produk pinjaman yang mengakomodasi kebutuhan pinjaman pegawai berpenghasilan tetap. Nama produk kredit konsumer bank bjb itu, yakni bjb KGB (Kredit Guna Bhakti). bjb KGB merupakan skema kredit yang disiapkan bagi pegawai yang berpenghasilan tetap.

Dalam mendapatkan bjb KGB, Eko cukup mengagunkan surat keputusan pangangkatannya sebagai ASN. "Saya sangat terbantu oleh bank bjb. Terima kasih bank bjb yang telah menopang bisnis ini," tandasnya. 

 

bjb Kredit Guna Bhakti - (bjb)

  ​

Advertorial

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat