Tren rumah kontainer kini makin dilirik, khususnya karena harga yang lebih terjangkau (ilustrasi). | Unsplash/Hitesh

Gaya Hidup

Punya Rumah dari Kontainer Ternyata Banyak Untungnya

Rumah dari kontainer lebih hemat biaya daripada rumah konvensional.

Pada umumnya rumah memiliki tembok yang terbuat dari banyak jenis bahan, misalnya batako, batu bata, kayu, dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga rumah yang terbuat dari kontainer pengiriman baja. Rumah tersebut disebut rumah kontainer pengiriman.

Dilansir dari Masterclass, Ahad (18/6/2023), kontainer pengiriman adalah kontainer antarmoda besar yang dapat digunakan kembali untuk mengakut barang. Kontainer pengiriman tersedia dalam dua ukuran, yaitu 20 kaki x 8 kaki (sekitar 6,09 meter x 2,43 meter) atau 40 kaki x 8 kaki (sekitar 12,19 meter x 2,43 meter).

Kontainer 20 kaki (sekitar 6,09 meter) berukuran 160 kaki persegi (sekitar 14,86 meter persegi), sedangkan kontainer pengiriman 40 kaki (sekitar 12,19 meter) menawarkan ruang hidup seluas 320 kaki persegi atau sekitar 29,72 meter persegi. Pemilik kemudian dapat menggunakan kontainer itu sebagai rumah atau kantor pribadi yang berdiri sendiri, atau mereka dapat menggabungkan beberapa kontainer untuk membuat tempat tinggal bertingkat.

photo
Membangun rumah dari bahan kontainer pengiriman (ilustrasi) - (Unsplash/Jed Owen )

Rumah kontainer pengiriman, seperti rumah mungil, RV, atau rumah silo, kini makin populer karena calon pemilik rumah kini mencari solusi bangunan alternatif untuk rumah tradisional dengan banyak kamar tidur. Rumah kontainer pengiriman juga memiliki berbagai keuntungan.

Keuntungan yang pertama adalah rumah kontainer, rumah dari kontainer, keuntungan memiliki rumah dari kontainer.

Kedua, biaya pengiriman rumah kontainer bisa lebih hemat dari perumahan tradisional. Karena membutuhkan lebih sedikit bahan bangunan dan tenaga kerja untuk membangunnya. Anda bisa membeli rumah kontainer dengan harga 10 ribu dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 149,6 juta. Anda juga dapat menurunkan biaya dengan merenovasi tempat tinggal menggunakan keahlian sendiri. 

Ketiga, durasi membangun rumah kontainer pengiriman yang cepat. Beberapa kontraktor dapat membangun kontainer pengiriman dalam waktu kurang dari sebulan.

Namun, mempekerjakan seorang profesional untuk membangun rumah impian kontainer Anda bisa jadi mahal. Anda dapat membeli rumah kontainer prefabrikasi dari daftar perusahaan yang berkembang yang memiliki spesialisasi dalam membangun rumah prefab di luar lokasi.

photo
Konsep pembangunan rumah dari kontainer (ilustrasi) - (Unsplash/Hama Haki)

Keempat, rumah kontainer pengiriman adalah rumah modular. Rumah kontainer pengiriman mudah dimodifikasi. Anda juga dapat membangun rumah dengan campuran kontainer berukuran 20 kaki (sekitar 6,09 meter) dan 40 kaki (sekitar 12,19 meter).

Seseorang dapat menggabungkan beberapa kontainer untuk membuat rumah yang lebih besar dengan ruang tamu, ruang makan, kamar tidur ekstra, lantai dua, atau bahkan wisma kontainer. Kelima, rumah pengiriman kontainer juga tahan lama.

Rumah kontainer pengiriman yang terbuat dari baja tahan cuaca kemungkinan dapat menahan kondisi cuaca buruk lebih baik daripada perumahan tradisional. Keenam, rumah kontainer pengiriman bisa bersifat mobile. Anda dapat menggunakan layanan transportasi pengiriman khusus untuk mengambil dan memindahkan rumah kontainer tunggal yang tidak terhubung dengan utilitas yang dikelola publik di mana pun di dunia.

 

 
Rumah dari kontainer yang terbuat dari baja, lebih tahan cuaca buruk. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat