Mantan Presiden Donald Trump memberi isyarat sebelum menaiki pesawat pribadinya di Bandara Internasional Miami, Selasa, 13 Juni 2023. | AP Photo/Alex Brandon

Internasional

Trump Ngotot Tak Bersalah 

Trump bisa berkampanye sebagai terdakwa jika persidangan molor.

MIAMI --  Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bersikeras menyatakan nota tidak bersalah dalam persidangan di Miami, Florida, Selasa (13/6/2023) waktu setempat. Dalam sidang ia didakwa secara tidak sah menyimpan dokumen keamanan nasional AS dan berbohong kepada pejabat yang mencoba mengambil dokumen itu. 

Trump juga bertekad melanjutkan kampanyenya untuk mendapatkan kembali kursi kepresidenan dalam pemilihan November 2024.atas dakwaan federal yang menuduhnya menahan dokumen-dokumen nasional ketika ia turun jabatan dan berbohong pada petugas yang mencari dokumen-dokumen itu. 

Pernyataan tak bersalah itu disampaikan ke Hakim Federal AS Jonathan Goodman dalam sidang federal di Miami. Dalam sistem pengadilan Amerika Serikat, pengakuan ataupun penyangkalan atas dakwaan biasanya berdampak signifikan terhadap putusan hakim.

Permohonan ini tampaknya akan menjadi pertempuran hukum yang akan berlangsung selama berbulan-bulan. Di saat yang sama, Trump akan berkampanye untuk kembali ke Gedung Putih dalam pemilihan November 2024. Menurut pakar, sengketa hukum ini dapat berlangsung selama satu tahun atau lebih.

photo
Mantan Presiden Donald Trump berdoa bersama pendeta Mario Bramnick, di restoran Versailles sebelum menjalani persidangan di Miami, Florida, pada Selasa, 13 Juni 2023. - (AP Photo/Alex Brandon)

Trump yang mengenakan jas biru dan dasi merah, mengerutkan kening dan menyandar ke kursinya selama sidang yang berlangsung 47 menit itu. Ia tidak berbicara selama sidang.

Trump diizinkan meninggalkan pengadilan tanpa syarat atau larangan bepergian dan tidak ada jaminan. Goodman melarangnya berkomunikasi dengan orang-orang yang mungkin menjadi saksi dalam kasus ini. Setelah sidang, Trump terbang dari Miami menuju klub golf di New Jersey untuk berpidato.

Staf Trump, Walt Nauta juga didakwa dalam kasus ini. Ia datang bersama Trump tapi tidak mengajukan permohonan tak bersalah sampai 27 Juni karena ia tidak memiliki pengacara setempat. Ia juga dibebaskan tanpa jaminan dan diperintahkan tidak berbicara dengan calon saksi.

photo
Raul Menendez, dari Homestead, Florida, tiba berpakaian seperti mantan Presiden Donald Trump untuk bergabung dengan pendukung Trump di Tropical Park di Miami, Florida, Ahad, 11 Juni 2023. - (AP Photo/Gerald Herbert)

Di depan gedung pengadilan para pendukung Trump bersorak "Kami cinta Trump!" saat konvoi mobilnya meninggalkan gedung tersebut sekitar dua jam setelah ia tiba. Sidang ini merupakan sidang kedua yang Trump datangi dalam beberapa bulan terakhir.

Pada April lalu ia mengaku tidak bersalah atas kasus penyuapan seorang aktris film porno di New York. Trump merupakan mantan presiden pertama yang didakwa kejahatan federal. 

Mengingat penyerangan ke Capitol Hill pada 6 Januari 2021 lalu, pihak berwenang bersiap menghadapi kemungkinan kekerasan. Tapi Walikota Miami Francis Suarez mengatakan tidak ada masalah keamanan.

Pendukung Trump serbu gedung Capitol - (Republika)  ​

Trump berulang kali mengaku tidak bersalah dan menuduh pemerintah Presiden Joe Biden sengaja mengincarnya. Di media sosial Trump menuduh Jaksa Khusus Jack Smith yang memimpin tuntutan padanya sebagai "pembenci Trump."

Saat singgah di sebuah restoran Kuba, Versailles, usai sidang, Trump mengatakan Amerika Serikat "dicurangi", "korup", dan "merosot". "Pemerintahan kita sudah lepas kendali," kata Trump. Komunitas Kuba-Amerika di Florida merupakan pemilih Partai Republik di negara bagian yang kompetitif.

Dalam dakwaan yang diajukan ke juri yang dirilis pekan lalu Smith menuduh Trump membahayakan rahasia nasional dengan membawa ribuan ribuan dokumen sensitif saat ia meninggalkan Gedung Putih pada Januari 2021 lalu dan menyimpan dengan sembarangan di kediamannya Mar-a-Lago di Florida dan klub golfnya di New Jersey.

Dalam dakwaan tersebut tercantum foto-foto yang menunjukkan kotak-kotak dokumen di simpan di aula, kamar mandi dan berserakan di ruang penyimpanan. Dokumen-dokumen itu berisi informasi mengenai program nuklir AS dan kerentanan pada potensi serangan.

photo
Petugas paspamres berjaga di pintu masuk kediaman Mar-a-Lago di Palm Beach Florida milik mantan presiden AS Donald Trump, Senin (8/8/2022). - (AP Photo/Wilfredo Lee)

Dakwaan setebal 37 halaman itu menuduh Trump berbohong pada petugas yang berusaha mendapatkan dokumen-dokumen itu kembali.

Dakwaan juga menuduh Trump berkomplot dengan Nauta untuk menyimpan dokumen rahasia dan menyembunyikannya dari penyidik. Nauta bekerja untuk Trump baik di Gedung Putih maupun di Mar-a-Lago. 

Tak surut

Jajak pendapat Reuters/Ipsos yang dirilis Senin (12/6/2023) menunjukkan Trump masih lebih unggul dari calon kandidat presiden Partai Republik lainnya di pemilihan presiden 2024 mendatang. Sekitar 81 persen pemilih Partai Republik menilai dakwaan terhadap Trump bermotif politik.

Sebagian besar pesaing Trump mendukungnya dan menuduh FBI bias politis. Sebuah perubahan drastis dari Partai Republik yang biasanya pro-penegak hukum.

photo
Mantan Presiden AS Donald Trump berbicara kepada pendukungnya di Trump National Golf Club Bedminster, Selasa, 13 Juni 2023, di Bedminster, New Jersey. Ia melakukan itu sepulang menjalani persidangan di Miami. - (AP Photo/Alex Brandon)

Di depan gedung pengadilan yang menggelar sidang dokumen rahasia Trump di Miami, salah satu calon kandidat presiden Partai Republik Vivek Ramaswamy mengatakan ia akan mengampuni Trump bila terpilih.

Salah satu dakwaan yang dihadapi Trump adalah pelanggaran Undang-undang Spionase yang menghukum kepemilikan dokumen pertahanan secara tidak sah. Trump juga didakwa menghalangi proses penyelidikan yang hukuman maksimalnya mencapai 20 tahun penjara.

Bila terbukti bersalah ia akan menjalani masa hukumannya secara bersamaan. Pakar hukum mengatakan bukti pelanggaran yang dilakukan Trump sangat banyak. Jaksa Khusus yang memimpin tuntutan terhadap Trump, Jack Smith mengatakan sidang Trump akan berjalan "cepat."

Hakim yang ditunjuk menangani kasus ini, Aileen Cannon ditunjuk Trump pada 2020. Sebelum dibanding, keputusannya menguntungkan Trump selama penyelidikan tahun lalu. Hakim Federal  Jonathan Goodman yang memimpin sidang dokumen rahasia di Miami, pada Selasa diperkirakan tidak akan berperan seperti itu.

photo
Mantan Presiden AS Donald Trump berbicara kepada pendukungnya di Trump National Golf Club Bedminster, Selasa, 13 Juni 2023, di Bedminster, New Jersey. Ia melakukan itu sepulang menjalani persidangan di Miami. - (AP Photo/Alex Brandon)

Pakar mengatakan kompleksitas bukti penanganan dokumen rahasia dan manuver hukum pengacara-pengacara Trump dapat menunda persidangan selama lebih dari satu tahun. Sementara itu Trump dapat bebas berkampanye untuk pemilihan presiden dan dapat menang dan menjabat bila ia terbukti tak bersalah.

Trump menuduh pemerintahan Presiden Joe Biden dalang dari kasus federalnya untuk mencegahnya berkampanye. Biden menjaga jarak dari kasus Trump dan menolak memberikan komentar.

Dalam kampanye pemilihan presiden tahun 2016, Trump menyerukan agar saingannya dari Partai Demokrat Hillary Clinton dipenjara karena menggunakan email pribadi saat menjabat sebagai menteri luar negeri. Trump menciptakan sorakan "penjarakan dia" di kampanyenya. Direktur FBI saat itu James Comey mengkritik Clinton karena kecerobohan tapi tidak merekomendasikan dakwaan pidana. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Kekerasan Membayangi Sidang Bersejarah Donald Trump

Trump bakal hadir di Pengadilan Federal sebagai mantan presiden AS pertama yang didakwa pidana.

SELENGKAPNYA

AS Dibayangi Biden Versus Trump Jilid II

Survei menunjukkan warga AS tak ngin Biden dan Trump maju lagi.

SELENGKAPNYA

Trump Dihantam 34 Tuduhan Kejahatan

Untuk pertama kalinya mantan presiden AS didakwa kasus kriminal.

SELENGKAPNYA