Pemain Manchester United Marcus Rashford (10) melakukan selebrasi setelah mencetak gol keempat MU saat pertandingan Liga Primer Inggris melawan Chelsea di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, Jumat, (26/5/2023) dini hari WIB. | AP/Dave Thompson

Olahraga

MU Usir Liverpool ke Liga Europa, Dendam 0-7 Terbalas

Manchester United kini menatap final Piala FA melawan rival sekota.

MANCHESTER--Manchester United memastikan diri finis di empat besar, sekaligus mendapatkan tiket Liga Champions musim depan usai mengalahkan Chelsea 4-1, di Stadion Old Trafford, Jumat (26/5/2023) dini hari WIB.

Hasil ini juga memastikan Liverpool yang selama ini membuntuti MU di papan klasemen Liga Primer Inggris, absen di Liga Champions musim depan dan harus puas berlaga di Liga Europa. 

Kemenangan atas Chelsea membuat the Red Devils naik ke posisi tiga klasemen dengan raihan 72 poin. Sementara Liverpool yang mengoleksi 66 poin, berada di peringkat lima. Dengan satu pertandingan tersisa, Liverpool tidak akan bisa menggeser Newcastle United di posisi empat yang juga sudah mengunci tiket Liga Champions dengan raihan 70 poin.

Dalam laga di Old Trafford, Casemiro dan Anthony Martial membawa Setan Merah unggul 2-0 pada babak pertama. Setan Merah menambah dua gol lagi melalui Bruno Fernandes dan Marcus Rashford untuk membawa MU unggul 4-0. Adapun Chelsea hanya mampu memperkecil kekalahan menjadi 1-4 berkat gol Joao Felix pada satu menit jelang waktu normal usai.

photo
Pemain Manchester United Casemiro (18) mencetak gol pembuka saat pertandingan Liga Primer Inggris melawan Chelsea di Stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Jumat, (26/5/2023) dini hari WIB. - (AP/Dave Thompson)

Kesuksesan MU memastikan lolos ke Liga Champions yang juga membenamkan Liverpool di zona Liga Europa, seolah menjadi momen pembalasan dendam atas kekalahan telak pada 5 Maret. Kala itu, United dibantai 0-7 oleh Liverpool.

Gelandang Bruno Fernandes tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya karena bisa mengantar MU lolos ke Liga Champions musim depan. Ia juga tak menampik bahwa dirinya senang karena Liverpool tak lolos ke Liga Champions.

"Tentu, kami senang Liverpool tidak berada di sana (Liga Champions). Tapi bagi kami, ini bukan tentang itu. Ini tentang bagaimana melakukan hal yang terbaik untuk diri kita sendiri," kata Bruno Fernandes dilansir laman resmi MU, Jumat (26/5/2023).

Tentu, kami senang Liverpool tidak berada di sana (Liga Champions).

BRUNO FERNANDES, Gelandang MU 
 

Pemain asal Portugal itu cukup bersyukur atas raihan tim musim ini. Meski tidak bisa meraih gelar Liga Primer Inggris, the Red Devils bisa memenangkan trofi Carabao Cup dan finis di empat besar.

"Sekarang kami harus menyelesaikan liga dengan baik dan pergi ke Piala FA untuk memenangkannya," kata dia.

Bruno Fernandes tak lupa mengapresiasi para suporter yang selama ini mendukung para pemain. Menurut dia, kehadiran suporter menjadi faktor terbesar di balik perjalanan MU yang luar biasa. Pada musim ini, MU meraih 14 kemenangan dari 18 laga kandang.

"Mereka luar biasa bagi kami. Saya pikir, Anda bisa melihat betapa pentingnya kehadiran mereka bagi MU saat menjalani pertandingan," katanya.

Kemenangan MU atas Chelsea 'menumbalkan' dua pemain. Pemain depan United Antony dos Santos dan bek Luke Shaw mengalami cedera. Antony harus ditarik keluar pada menit ke-30 seusai berbenturan dengan pemain Chelsea Trevor Chalobah. Sementara Shaw ditarik seusai jeda babak pertama.

"Selalu sulit untuk mengatakan kondisinya langsung setelah pertandingan, tetapi ya, Antony serius (mengalami cedera). Luke Shaw, kami harus melihat (pemeriksaan lebih lanjut). Saya tidak berpikir itu terlalu buruk, tetapi kami harus menunggu 24 jam untuk pemeriksaan. Kami akan memiliki diagnosis dan kami akan tahu lebih banyak," kata pelatih Manchester United, Erik Ten Hag.

Meski dengan hasil itu, Manchester United dipastikan lolos ke Liga Champions musim depan, tetapi The Red Devils harus membayar mahal dengan kehilangan dua pemain inti mereka. Pasalnya, Manchester United juga bakal melakoni pertandingan penting menghadapi rival sekota mereka, Manchester City di ajang final Piala FA pada 3 Juni mendatang.

“Sulit untuk mengatakannya. Mari tunggu selama 24 jam, kemudian kita akan tahu lebih banyak. Saya tidak tahu [tentang Antony]. Semua orang telah melihat dia ditarik keluar. Saya dapat memberi tahu bahwa dia mengalami cedera serius, tetapi kami harus menunggu minimal 24 jam, kemudian kami mungkin tahu lebih banyak tentang status cederanya," kata pelatih berkebangsaan Belanda itu.

Dengan masuknya Antony dan Shaw ke daftar pemain cedera, Manchester United telah banyak kehilangan pemain di skuad setelah sebelumnya nama-nama pemain, seperti Lisandro Martinez, Donny Van De Beek, dan Marcel Sabitzer masih mengalami cedera hingga saat ini. Manchester United selanjutnya akan menghadapi Fulham di laga pamungkas Premier League pada Ahad (28/5), dan dipastikan tidak akan diperkuat oleh beberapa pemain yang menjadi pilar di tim utama.

photo
Pemain Cesar Azpilicueta mencoba menghalau pemain Manchester United Anthony Martial dalam pertandingan Liga Primer Inggris di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, Jumat, (26/5/2023). - (AP/Dave Thompson)

Kekecewaan Salah

Penyerang Liverpool Mohamed Salah tak bisa menyembunyikan kekecewaannya setelah timnya dipastikan gagal finis di empat besar, sekaligus gagal mendapatkan satu tiket Liga Champions musim depan. Dengan demikian, untuk pertama kalinya sejak Salah bergabung dengan Liverpool 2017, timnya gagal ke Liga Champions.

Dalam cuitannya di media sosial, Salah mengungkapkan perasaannya yang sangat hancur. Ia mengatakan tak ada alasan yang perlu diungkapkan untuk masalah ini.

"Kami memiliki semua yang kami butuhkan untuk lolos ke Liga Champions tahun depan dan kami gagal. Kami adalah Liverpool dan lolos ke kompetisi adalah hal yang sangat minim," kata Salah dilansir ESPN.

Liverpool memenangkan tujuh pertandingan berturut-turut untuk menempatkan mereka kembali ke persaingan empat besar. Namun, hasil imbang 1-1 melawan Aston Villa pada akhir pekan kemarin secara perlahan mengakhiri harapan mereka tembus empat besar, sebelum Newcastle United dan MU mememastikan satu tempat di Liga Champions.

photo
Ekspresi kekecewaan pemain Liverpool Mohamed Salah saat laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions melawan Real Madrid pada 22 Februari 2023, yang berujung kekalahan 2-5 bagi Liverpool.
- (EPA-EFE/Peter Powell)

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp yang membawa Liverpool tiga kali ke final Liga Champions, mengakui timnya sudah cukup lama tidak baik-baik saja. Ia juga mengakui Liverpool harus menerima kenyataan harus tampil di Liga Europa.

"Kami akan menjadikannya [Liga Europa] kompetisi kami. Saya tidak manja. Bahwa kami sudah lolos ke Liga Europa luar biasa dengan semua tim di sekitar kami. Itu sangat sulit dan kami melakukannya, itu bagus,” ujarnya.

Pelatih asal Jerman tersebut menilai pertandingan di Liga Europa sudah cukup baik bagi Liverpool dalam kondisi kurang begitu baik saat ini. Oleh karena itu, ia meminta kepada publik Merseyside agar melihat apa yang bisa dilakukan Liverpool di turnamen tersebut.

Musim depan akan menjadi ujian bagi Klopp. Pasalnya, banyak pemain yang hengkang, seperti Roberto Firmino, Naby Keita, James Milner, dan Alex Oxlade-Chamberlain setelah kontrak mereka berakhir pada akhir musim.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

PSSI Bidik Peringkat 100 Dunia

Erick sudah melakukan pembicaraan tahap awal dengan Portugal, Brasil, dan Maroko untuk laga uji coba.

SELENGKAPNYA

Thailand Sanksi Perusuh di Final SEA Games 2023

Dua pemain Thailand dilarang memperkuat timnas selama enam bulan.

SELENGKAPNYA

Argentina Pastikan ke Indonesia, Erick Goda Warganet

Akun resmi Piala Dunia FIFA ikut meramaikan perbincangan tur Argentina ke Indonesia.

SELENGKAPNYA