Foto aerial antrean kendaraan saat arus balik libur lebaran 2023 di Gerbang Tol Cikampek Utama, Selasa (25/4/2023). | Republika/Thoudy Badai

Nasional

Sebanyak 1,8 Juta Kendaraan Telah Kembali ke Jabodetabek

Pergerakan kendaraan pada puncak arus balik periode kedua dinilai terkendali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 1.835.043 kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek sejak H+1 sampai dengan H+7 Hari Raya Idul Fitri 1444 H atau Sabtu-Ahad (22-30/4/2023).

Jumlah tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat gerbang tol (GT) utama, yaitu GT Cikupa (dari arah Merak), GT Ciawi (dari arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (dari arah Trans Jawa), dan GT Kalihurip Utama (dari arah Bandung).

Corporate Communication Jasa Marga Lisye Octaviana menyampaikan, total volume kendaraan yang kembali ke wilayah Jabotabek ini meningkat 45,56 persen jika dibandingkan dengan lalu lintas normal dengan total 1.260.693 kendaraan. Adapun bila dibandingkan dengan periode Lebaran 2022, total volume lalu lintas ini meningkat 3,93 persen dengan total 1.765.622 kendaraan.

"Distribusi lalu lintas kembali ke Jabotabek dari tiga arah yaitu dengan mayoritas sebanyak 1.038.875 kendaraan atau 56,61 persen dari arah timur (Trans Jawa dan Bandung), 446.629 kendaraan 24,34 persen dari arah barat (Merak), dan 349.539 kendaraan atau 19,05 persen dari arah selatan (Puncak)," kata Lisye dalam keterangannya, Senin (1/5/2023).

photo
Foto aerial antrean kendaraan saat arus balik libur lebaran 2023 di Gerbang Tol Cikampek Utama, Selasa (25/4/2023). - (Republika/Thoudy Badai)

Lisye menambahkan, jumlah kendaraan yang telah kembali ke Jabotabek tersebut telah mencapai 89,3 persen dari prediksi arus balik sebesar 2 juta kendaraan pada periode H+1 sampai H+8 Hari Raya Idul Fitri 1444 H di empat gerbang tol utama. Dengan melihat realisasi tersebut, masih ada 10,7 persen atau sekitar 219.929 kendaraan yang belum kembali ke Jabotabek.

Lisye kembali mengingatkan kepada pengguna jalan untuk memastikan kecukupan saldo e-toll untuk menghindari antrean di gerbang tol, selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu, dan ikuti arahan petugas di lapangan.

"Gunakan waktu dengan bijak dengan tidak berlama-lama di rest area dan selalu menerapkan protokol kesehatan. Tetap terhidrasi dan jaga kesehatan untuk mengantisipasi panas ekstrem dengan indeks ultraviolet tinggi yang diprediksi oleh Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG)," kata dia.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menilai pergerakan kendaraan pada puncak arus balik kedua, Senin (1/5/2023), terpantau ramai lancar dan terkendali. "Arus balik masih terkendali dengan baik dengan adanya contraflow serta one way. Kondisi di jalan relatif landai," ujar Menhub.

Menhub melakukan pemantauan melalui udara terhadap pergerakan kendaraan yang melewati jalur tol maupun arteri dari Jakarta hingga Cirebon. Setelah memantau arus balik melalui udara, ia juga memimpin rapat mengenai operasional pengendalian lalu lintas di Kantor Jasa Marga, Gerbang Tol Cikampek Utama Km 70.

"Sekalipun terjadi kenaikan pemudik yang tinggi, kecepatan kendaraan saat ini lebih baik dibanding tahun lalu. Angka-angkanya terukur dan dihitung dengan sistem yang canggih. Ini patut kita banggakan," ungkap Menhub.

photo
Kendaraan pemudik saat arus balik terpantau lancar di Jalan Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (25/4/2023). - (Republika/Wihdan Hidayat)

Berdasarkan data Jasa Marga, kecepatan rata-rata pada jalur Cawang sampai Semarang (Km 3-Km 414) pada arus mudik 2023 adalah 72,8 km/jam. Angka itu lebih cepat 15,9 persen dari arus mudik 2022 yang hanya 62,8 km/jam. Dari sisi waktu tempuh, pada arus mudik 2023 ini menjadi hanya 6 jam 4 menit (tanpa berhenti) atau lebih cepat 14 persen terhadap rata-rata arus mudik 2022, yakni 7 jam 2 menit.

Sementara itu, kecepatan rata-rata arus balik di jalur Semarang sampai Cawang (Km 414-Km 3) pada 22 April hingga 30 April 2023, yakni 77,81 km/jam atau lebih cepat 15,2 persen dari rata-rata arus balik 2022, yaitu 67,54 km/jam.

Waktu tempuh rata-rata dari Semarang hingga Cawang pada periode arus balik menjadi hanya 5 jam 49 menit (tanpa berhenti), lebih cepat 118 persen dari rata-rata arus balik 2022 yang mencapai 7 jam 7 menit.

"Kami terus melakukan pemantauan. Namun, dilihat dari volume kendaraan yang masih di bawah kapasitas jalan, maka pergerakan relatif lancar," kata Budi.

Menurut Budi, pengendalian pergerakan kendaraan yang jauh lebih baik daripada 2022 karena evaluasi dan upaya perbaikan terus dilakukan sejak periode mudik sebelumnya. Adapun dua lokasi krusial yang mendapatkan perbaikan utama yaitu kawasan Merak dan Cipularang.

"Di kawasan Merak, kami tambah pelabuhan, kami tambah kapal, perbaiki jalan masuk menjadi lebih besar, perbaiki rest area menjadi lebih besar. Sementara di Cipularang itu tahun lalu terjadi stuck, maka tahun ini ditambah jalur menjadi tiga dan empat jalur sehingga Korlantas bisa leluasa membuat contraflow yang membuat pergerakan dari Bandung ke Jakarta tidak tersendat dan lancar," ujar Menhub.

photo
Antrean kendaraan di Gerbang Tol Merak, Cilegon, Banten, Kamis (20/4/2023) dini hari. - (Republika/Thoudy Badai)

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menjelaskan, Korlantas Polri masih akan terus mengawal kelancaran puncak arus balik pada Senin sampai Selasa (2/5). "Kami masih menyiagakan personel untuk mengantisipasi terjadi lonjakan," kata Firman.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan A Purwantono menyampaikan angka kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan signifikan. Pada 2023, dari H-7 sampai dengan H+7 Lebaran, jumlah korban kecelakaan turun 25 persen, dari 8.949 orang pada 2022 menjadi 6.686 orang pada 2023. Korban kecelakaan yang meninggal dunia pun turun 40 persen dari sebelumnya 1.253 orang menjadi 755 orang.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Dikira Ahli Maksiat, Ternyata Gemar Beribadah dan Diberkahi

Orang-orang mengenalnya sebagai ahli maksiat, padahal ia telah melakukan amal yang diridhai Allah.

SELENGKAPNYA

Pesan Rasulullah: Jangan Mudah Memvonis Kafir

Memvonis sesama Muslimin sebagai kafir adalah perbuatan yang dikecam Rasulullah SAW.

SELENGKAPNYA

Ancaman Memutus Silaturahim

Terdapat pula ancaman yang berat bagi orang-orang yang suka memutus tali silaturahim.

SELENGKAPNYA