|

Peristiwa

Tukang Ganjal di Jalur Mudik Nagreg

Mereka membantu mobil pemudik melintasi tanjakan terjal di kawasan ini.

BANDUNG -- Ada yang menarik setiap musim arus balik pada musim mudik lebaran di kawasan Nagreg Kabupaten Bandung. Kontur jalan yang menanjak memaksa kendaraan pemudik harus bekerja keras saat melintasi kawasan ini. Hal ini diperparah rata-rata kendaraan pemudik mengangkut penumpang dengan kapasitas penuh.

Untuk itu keberadaan tukang ganjal mobil di tempat ini memberikan berkah tersendiri bagi pemudik. Sebaliknya bagi para tukang ganjal musiman ini banyaknya kendaraan yang melintas memberikan sumber penghasilan tersendiri. 

Dengan alat yang dibuat khusus mereka beraksi membantu kendara-kendaraan melalui rintangan tanjakan. Bukan tanpa resiko, pekerjaan tukang ganjal ini harus selalui waspada akan terjadinya kecelakaan. 

Untuk sekali membantu mobil yang kesulitan menanjak ini tidak ada tarif resmi atas jasa mereka. Biasanya mereka memperoleh upah Rp 2000 hingga Rp 20 ribu, tergantung kerelaan dari penumpang dan sopir mobil yang mereka bantu.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat