Gubernur Jabar Ridwan Kamil melepas dan meninjau Program Mudik Jabar Juara Sehat Selamat Tertib (Muara Hati) di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Ahad (16/4/2023). | Republika

Kabar Utama

Mudik Gratis Jabar Juara dari Pemprov Jabar

Pemprov Jabar akan memfasilitasi sebagian warganya yang hendak mudik pada lebaran tahun ini.

Fasilitas Mudik Jabar Juara Sehat Selamat Tertib (Muara Hati) berupa tiket bus dan kereta api.
KOTA BANDUNG – Menjelang Lebaran 2023, Pemerintan Provinsi Jabar Kembali menabur kebahagiaan bagi warganya yang hendak mudik melalui Program Mudik Jabar Juara Sehat Selamat Tertib (Muara Hati). Dalam program mudik gratis ini, Pemprov Jabar disiapkan sekitar 12 ribu tiket bus dan kereta api

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, Pemprov Jabar akan memfasilitasi sebagian warganya yang hendak mudik pada lebaran tahun ini. Setelah beberapa tahun Pandemi, akhirnya Pemprov Jabar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang ingin melepas rindu bersama keluarga melalui Program Mudik Gratis.

Lebih dari 12 ribu tiket mudik gratis, termasuk untuk tujuan Jateng dan Jatim, terdiri dari 6.501 tiket bus dan 5.954 tiket kereta api. Kang Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil, berharap semoga warga yang mudik diberi kelancaran dan selamat sampai tujuan.

photo
Pemprov Jabar akan memfasilitasi sebagian warganya yang hendak mudik pada lebaran tahun ini. - (Republika)


Kepala Dinas Perhubungan Jabar A Koswara menambahkan, mudik gratis akan diluncurkan 16 April 2023 di Terminal Cicaheum bagi pemudik dengan bus. Sementara bagi pemudik dengan kereta api dilepas di Stasiun Bandung.

"Hari ini diluncurkan di Cicaheum dan Stasiun Bandung. Juga di titik lain yang disiapkan seperti Bekasi, Cikarang dan Bogor,’’ ujar Koswara. Menurutnya, tidak ada syarat khusus untuk bisa mengikuti mudik gratis, cukup mendaftar melalui aplikasi Sapawarga, dan memilih titik keberangkatan serta tujuan akhir.

Untuk mudik gratis dengan KA, disediakan tiket KA Komuter dengan tujuan Purwakarta - Garut dan Bogor - Sukabumi. Setiap jam keberangkatan disediakan 100 tiket gratis untuk dua tujuan KA tersebut, hingga kuota habis dipesan. Keberangkatan mulai 15 April hingga 18 April.

Untuk masyarakat Jawa Barat yang akan mengikuti program mudik gratis dapat mengakses pendaftaran melaui website https://mudik-dishub.jabarprov.go.id. Adapun untuk KA lokal, pendaftaran melalui KAI akses dan akan dibuka sesuai ketentuan layanan reguler.

photo
Gubernur Jabar Ridwan Kamil melepas dan meninjau Program Mudik Jabar Juara Sehat Selamat Tertib (Muara Hati) di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Ahad (16/4/2023). - (Republika)

 

Untuk mudik gratis kali ini, Dishub Jabar tidak memesan/carter bus tetapi memesan tiket sesuai pendaftaran masyarakat. Dengan cara seperti ini, maka PO Bus reguler dapat diberdayakan lagi untuk kebutuhan arus mudik.

"Kami memberdayakan angkutan umum, bukan menyewa bus wisata. Agar PO Bus bisa kembali merasakan pendapatan saat arus mudik. Jika nanti tiket tidak habis, akan dikembalikan dananya ke APBD. Tetapi saya kira akan penuh," katanya.

Semua bus yang akan mengangkut pemudik dipastikan telah melalui pengecekan, baik fisik kendaraan dan juga awak kendaraannya. Bus yang digunakan memiliki 50 kursi per bus. Sementara para sopir bus akan dijamin kesehatan dan kebugarannya sehingga penumpang merasa aman dikemudikan. Ril

Advertorial

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat