Funscience, Eksperimen | Republika-KPM

Funscience

SCIENCE: Membuat Higrometer dengan Kertas Selofan

Adik-adik, sekarang kita bereksperimen yuk!

 

Pernahkah adik-adik berpikir bagaimana suatu tempat tersebut lembab? Bagaimana hal itu bisa terjadi? Lalu, apakah kita dapat membuat higrometer sendiri untuk mengetahui kelembapan suatu tempat? Tentunya membuat kalian penasaran, kan? Yuk, kita ikuti keseruan eksperimen Nala dan Ria berikut ini.

 

Apa tujuan dari eksperimen ini?

Eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelembapan suatu tempat.

 

Apa saja alat dan bahan yang disiapkan?

Adik-adik dapat menyiapkan; kertas plastik selofan, penggaris, pisau, jarum pentul, penjepit kertas, kertas kotak-kotak, karton, koin, dan isolasi

 

photo
Eksperimen - (KPM)
 
 
Bagaimana cara melakukan eksperimen ini?
 
photo
Langkah Percobaan - (KPM)
 
 
Mungkin kalian penasaran dengan hasilnya, kan? Mengapa itu bisa terjadi?

Kertas selofan akan memanjang jika ditaruh di tempat yang tingkat kelembapannya tinggi. Higrometer merupakan alat untuk mengetahui tingkat kelembapan di sekitar kita. Higrometer sederhana dapat kita dibuat saat kertas selofan menyerap air dan memanjang Sekarang kalian sudah mengerti, kan bagaimana membuat higrometer sederhana? Begitu penjelasannya adik-adik.

 

Bagaimana adik-adik?
 
Seru banget ya melakukan eksperimen ini? Sampai jumpa dengan eksperimen sains lainnya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat