Tumpukan botol Minyakita untuk didistribusikan ke pedagang sembako di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Kamis (16/2/2023). Sebanyak 10 pedagang sembako di Pasar Beringharjo menerima pendistribusian Minyakita dari pemerintah. Setiap pedagang mendapat jatah tu | Republika/Wihdan Hidayat

Peristiwa

Distribusi Minyakita di Pasar Beringharjo Yogyakarta

Pasokan Minyakita ke pasar tradisional terganggu akibat nyasar ke pasar ritel modern dan aplikasi marketplace.

YOGYAKARTA -- Tumpukan botol Minyakita untuk didistribusikan ke pedagang sembako di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Kamis (16/2/2023). Sebanyak 10 pedagang sembako di Pasar Beringharjo menerima pendistribusian Minyakita dari pemerintah.

Setiap pedagang mendapat jatah tujuh krat atau 84 botol Minyakita dengan harga Rp 12.600 per liter. Pedagang diwajibkan menjual Minyakita kepada warga dengan harga Rp 14 ribu per liter. Selanjutnya pedagang akan mendapatkan pasokan Minyakita seminggu sekali.

Pasokan minyak goreng kemasan sederhana bersubsidi sempat menghilang dari pasaran. 'Hilangnya' minyak goreng rakyat ini menimbulkan keresahan karena harganya naik drastis dari harga semestinya.

Kenaikan dipicu oleh distribusi yang tidak merata sehingga langka di pasaran. Beberapa pasokan Minyakita alih-alih dipasarkan di pasar tradisional malah masuk ke pasar ritel modern dan pasar online. Akibatnya terjadi kelangkaan pasokan di pasar tradisional.

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat