Islam Makhachev of Russia racts after winning his fight against Alex Volkanovski of Australia during their lightweight title bout in the main event of UFC 284 at RAC Arena in Perth, Australia, Sunday, Feb. 12, 2023. | Richard Wainwright/AAP Image via AP

Peristiwa

Islam Makhachev Menang di Pertarungan UFC 284

Islam Makhachev menjadi petarung pound-for-pound terbaik di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, PERTH -- Islam Makhachev memenangkan pertarungan sengit melawan Alexsander Volkanovski pada UFC 284, di Perth, Australia, Ahad (12/2/2023). Kemenangan tersebut akan membuat Islam Makhachev menjadi petarung pound-for-pound terbaik di dunia seperti yang disandang mentornya Khabib Nurmagomedov.

photo
Alex Volkanovski (kanan) menerima pukulan Islam Makhachev (kiri) pada laga kelas Ringan UFC 284 di  RAC Arena, Perth, Australia, (12/2/2023). - (EPA-EFE/RICHARD WAINWRIGHT)

 

Makhachev mendapatkan ejekan dari beberapa penonton dalam pertarungan tersebut. Namun ia tetap bersikap tenang atas ejekan tersebut. Ia bahkan menunjukkan sikap ramah namun tegas setelah pertarungan yang dimenangkannya.

 

photo
Alex Volkanovski (kanan) menahan tendangan lutut Islam Makhachev (kiri) pada laga kelas Ringan UFC 284 di RAC Arena, Perth, Australia, (12/2/2023). (EPA-EFE/RICHARD WAINWRIGHT)

“Tolong, jangan lupakan saudara – saudara kita korban gempa Turki dan Suriah. Kami merindukan kalian semua,” kata Makachev sambil mengangkat tangan, wajah terluka, dan memegang penghargaan UFC kelas ringan.

photo
Alex Volkanovski (atas) melawan teknik ground Islam Makhachev (bawah) pada laga kelas Ringan UFC 284 di RAC Arena, Perth, Australia, (12/2/2023). (AAP/EPA-EFE/RICHARD WAINWRIGHT)

Makhachev merampungkan duel raja tersebut melalui kemenangan keputusan mutlak setelah bertarung selama lima ronde. Pertarungan keduanya tampil menarik. Makachev yang disebut-sebut raja grappling dan kuncian tampak memberikan serangan tendangan dan pukulan yang merepotkan lawan.Sementara Volkanovski yang akan dianggap kerepotan melawan serangan gulat Makachev justru mampu melayani permainan teknik ground lawan.

photo
Alex Volkanovski (kanan) bertarung dengan Islam Makhachev (kiri) pada laga kelas Ringan UFC 284 di RAC Arena, Perth, Australia, (12/2/2023).(EPA-EFE/RICHARD WAINWRIGHT )

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat