Destinasi wisata sejarah Istana Maimun, Medan, Sumatera Utara, Kamis (9/2/2023). Istana Maimun merupakan istana peninggalan Kerajaan Deli dibangun di masa kejayaannya oleh Sultan Mamoen Al Rasyid. | Republika/Wihdan Hidayat

Peristiwa

Mengenang Kejayaan Kesultanan Deli di Istana Maimoon

Desain istana memadukan unsur-unsur budaya Melayu Deli, dengan gaya Islam, Spanyol, India, hingga Italia.

MEDAN -- Destinasi wisata sejarah Istana Maimun atau dikenal juga Istana Maimoon terletak di pusat Kota Medan, Sumatera Utara. Istana ini menjadi saksi sejarah kejayaan kerajaan melayu Deli. Bangunan ikonik di Medan ini dibangun atas perintah Sultan Deli, Sultan Ma'moen Al Rasyid.

photo
Pengunjung antre masuk ke dalam destinasi wisata sejarah Istana Maimun, Medan, Sumatera Utara, Kamis (9/2/2023). Istana Maimun merupakan istana peninggalan kejayaan Kesultanan Deli.  - (Republika/Wihdan Hidayat)

Bak bangunan megah Taj Mahal di India, istana ini pun menjadi bukti cinta sultan kepada permaisurinya, Siti Maimunah. Nama ini pula yang diabadikan menjadi nama istana.

photo
Lukisan potret Sultan Deli XIV, Seripaduka Baginda Tuanku Sultan Mahmud Aria Lamantjiji Perkasa Alam Shah terpasang di bagian dalam Istana Maimun, Medan, Sumatera Utara, Kamis (9/2/2023).  Sultan kelahiran tahun 1998 dinobatkan sebagai sultan pada saat berusia 8 tahun - (Republika/Wihdan Hidayat)

 

 

Pembangunan istana ini dimulai pada 1888 dan selesai pada 1891. Istana ini didesain oleh arsitek Capt. Theodoor van Erp, seorang tentara Kerajaan Belanda . Desain istana memadukan unsur-unsur warisan kebudayaan Melayu Deli, dengan gaya Islam, Spanyol, India, Belanda, dan Italia. 

photo
Destinasi wisata sejarah Istana Maimun, Medan, Sumatera Utara, Kamis (9/2/2023).  Pembangunan dimulai pada 1888 dan selesai pada 1891. Nama Maimun diambil dari nama permaisuri sultan yang bernama Siti Maimunah.  - (Republika/Wihdan Hidayat)

 

Kini Istana Maimun tidak lagi menjadi kediaman resmi Sultan Deli. Setelah beralihfungsi jadi museum, istana ini menjadi salah satu destinasi wisata edukasi sejarah Kerajaan Melayu di Medan.

photo
Pengunjung melihat daftar Sultan Deli yang berkuasa di Istana Maimun, Medan, Sumatera Utara, Kamis (9/2/2023). Kini Istana Maimun menjadi salah satu destinasi wisata edukasi sejarah Kerajaan Melayu di Medan. - (Republika/Wihdan Hidayat)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat