Novak Djokovic dari Serbia melakukan pukulan backhand ke Stefanos Tsitsipas dari Yunani pada final tunggal putra kejuaraan tenis Australia Terbuka di Melbourne, Australia, Ahad, (29/1/2023) dini hari. | AP Photo/Ng Han Guan

Peristiwa

Novak Djokovic Juara Australian Open 2023

Djokovic merebut gelar Australian Open ke-10 miliknya.

MELBOURNE -- Novak Djkovic berhasil menjuarai Australian Open 2023 dan menyamai rekor Rafael Nadal dengan mencatatkan 22 gelar turnamen mayor. Ia mencetak rekor ini usai mengalahkan Stefanos Tsitsipas, Ahad (29/1/2023).

photo
Novak Djokovic dari Serbia melakukan selebrasi setelah mengalahkan Stefanos Tsitsipas dari Yunani pada final tunggal putra kejuaraan tenis Australia Terbuka di Melbourne, Australia, Ahad, (29/1/2023) dini hari.(AP Photo/Ng Han Guan)


Djokovic merebut gelar Australian Open ke-10 miliknya setelah melalui perlawanan hebat dari unggulan ketiga asal Yunani Tsitsipas dengan menang 6-3, 7-6(4), 7-6(5) pada babak final di Rod Laver Arena.

photo
Novak Djokovic dari Serbia, tengah, merayakan bersama timnya termasuk ibunya, Dijana, kedua dari kiri, setelah mengalahkan Stefanos Tsitsipas dari Yunani pada final tunggal putra kejuaraan tenis Australia Terbuka di Melbourne, Australia, Ahad, (29/1/2023) dini hari. - (AP Photo/Asanka Brendon Ratnayake)

Kemenangan petenis berusia 35 tahun itu juga memastikan dirinya kembali ke peringkat satu ATP untuk pertama kalinya sejak Juni lalu, menurut laman ATP, dikutip Ahad.

photo
Novak Djokovic dari Serbia, tengah, merayakan bersama timnya termasuk ibunya, Dijana, kedua dari kiri, setelah mengalahkan Stefanos Tsitsipas dari Yunani pada final tunggal putra kejuaraan tenis Australia Terbuka di Melbourne, Australia, Ahad, (29/1/2023) dini hari. (AP Photo/Ng Han Guan)

Djokovic akan menggantikan Carlos Alcaraz di posisi teratas Ranking ATP tunggal putra setelah membukukan kemenangannya tersebut. Dominasi Djokovic terlihat sejak awal pertandingan, meskipun Tsitsipas meningkatkan permainannya pada set kedua dan ketiga.  

photo
Novak Djokovic dari Serbia mencium Norman Brookes Challenge Cup setelah mengalahkan Stefanos Tsitsipas dari Yunani pada final tunggal putra kejuaraan tenis Australia Terbuka di Melbourne, Australia, Ahad, (29/1/2023) dini hari. (AP Photo/Aaron Favila)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat