Menparekraf Sandiaga Uno bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (31/8/2022). | ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Kabar Utama

Dasco: Saya Dengar Sandi akan Jadi PPP

DPP Partai Gerindra belum menerima surat pengunduran diri Sandi.

JAKARTA—Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengaku mendengar kabar soal rencana bergabungnya Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Salahuddin Uno ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Dasco mengakui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu diisukan segera bergabung dengan partai Ka’bah. "Saya sudah mendengar kabar dari teman-teman Fraksi PPP bahwa Pak Sandi itu sebentar lagi sudah resmi menjadi anggota PPP," tutur Dasco di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (28/12).

Dasco menegaskan, jika Sandi benar-benar bergabung dengan PPP, tentu menjadi hak bagi partai berlambang Ka'bah itu mencalonkan Menparekraf tersebut di Pilpres 2024.

Apalagi, Sandi kerap menyatakan kesiapannya di forum yang digelar PPP. "Sehingga kalau sudah menjadi anggota PPP itu kewenangan dari Partai PPP untuk mencalonkan atau tidak mencalonkan. Kalau sudah memang resmi di PPP kan ya jangan ditanya ke Gerindra dong," ujar Dasco.

Kendati demikian, DPP Partai Gerindra belum menerima surat pengunduran diri Sandi. "Sepertinya belum," ujar Wakil Ketua DPR itu.

photo
Plt ketua umum PPP Muhammad Mardiono menunjukan nomor urut partai saat acara Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Tahun 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (14/12/2022). - (Republika/Prayogi)

Namun, rencana bergabungnya Sandiaga Uno ke PPP dibantah internal partai yang saat ini dipimpin Pelaksana tugas (Plt) Mardiono. Sekretaris Fraksi PPP DPR Achmad Baidowi membantah Sandi yang juga mantan calon wakil presiden dari Gerindra itu bergabung dengan PPP.

"Tidak ada (keinginan Sandiaga bergabung dengan PPP)," ujar Baidowi saat dikonfirmasi, Rabu (28/12).

Ia menjelaskan, Sandi memang kerap diundang PPP sebagai pembicara dalam acara yang digelar partai di berbagai wilayah. Baidowi menegaskan, terkait pernyataan kesiapan Sandi untuk maju di Pilpres 2024, konteksnya merupakan sebagai kader Partai Gerindra, bukan PPP.

"Untuk Pemilu 2024 apakah jadi calon presiden lagi, sebagai kader partai dia siap-siap aja kalau dicalonkan partai, maksudnya (dari) Partai Gerindra," ujar Baidowi.

"Kita tidak ada niat bajak-membajak itu, kita kan hanya untuk memastikan bahwa teman-teman di bawah undangnya beliau sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," sambung sosok yang akrab disawa Awiek ini menegaskan.

photo
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) dan Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani (kanan) bersiap menjadi pembicara pada Seminar Nasional dan Temu Tokoh Wanita Persatuan Pembangunan (WPP) di DPP PPP, Jakarta, Senin (31/10/2022). - (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Bantahan juga disampaikan Sandiaga sendiri saat ditemui di Istana Wakil Presiden, Jakarta. Sandiaga mengakui hingga saat ini belum ada rencana bergabung dengan PPP. Ini disampaikan Sandiaga terkait kedekatannya dengan PPP beberapa waktu terakhir yang memunculkan isu kepindahannya ke partai berlambang Ka’bah tersebut.

"Oh nggak, nggak sampai sejauh itu (pindah ke PPP), itu merupakan undangan dari PPP," kata Sandiaga saat ditemui di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (20/12).

Sandiaga menyatakan yang ada hanya pembicaraan mengenai visi dan misi membangun Indonesia. "Belum ada pembicaraan bergabung, hanya ada pembicaraan mengenai menyatukan visi misi untuk membangun Indonesia ke depan," ujarnya. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Layanan Ziswaf DD Diupayakan Makin Inovatif

Apa yang telah dilakukan DD selama ini bisa dijadikan model pemberdayaan antarlembaga pengelola zakat

SELENGKAPNYA

Depo Diubah Jadi Stasiun Tanah Abang Baru

Pemprov DKI bersama Kemenhub dan Kementerian PUPR membangun stasiun baru di Tanah Abang.

SELENGKAPNYA

Kisah Pilu di Balik Panggung Glamor Whitney Houston

Akting mengesankan dari para pemerannya patut diacungi jempol.

SELENGKAPNYA