Presiden Joko Widodo (kedua kiri) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kedua kanan) bersama putra bungsu Kaesang Pangarep (kanan) dan menantu Bobby Nasution (kiri) memberikan keterangan kepada wartawan usai prosesi siraman calon pengantin di Sumber, Banjars | ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Kisah Dalam Negeri

Pesan Haru Jelang Ijab Kabul Kaesang- Erina

Persiapan akad nikah Kaesang-Erina sudah masuk pada tahap akhir.

OLEH FEBRIANO ADI SAPUTRO, SILVY DIAN SETIAWAN

Suara calon istri Kaesang Pangarep, Erina Sofia Gudono, terisak saat menyampaikan permohonan restu untuk menikah dengan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep. Sambil berupaya menahan haru, Erina mengucapkan terima kasih kepada ibunya Sofiatun Gudono yang sudah membesarkan dirinya.

"Pada kesempatan yang sangat bersejarah ini Erina mohon restu untuk memulai kehidupan baru, untuk menjalani kehidupan berumah tangga bersama Mas Kaesang," kata Erina, Jumat (9/12). Ia memohon maaf pula atas kesalahan yang pernah dilakukannya terhadap orang tuanya.

Mendengarnya, tangis Sofiatun Gudono pun pecah. "Tanpa terasa waktu begitu cepat berlalu. Masih berkesan perjalanan masa kecilmu yang lucu-lucu. Dan selalu membuat ibu sangat berbahagia dan terasa amat semangat menjalani hidup. Dan kini engkau mulai belajar hidup mandiri," ungkap Sofiatun.

Sofiatun mengaku bangga dengan Erina. Dia berikrar akan tetap menyayangi Erina hingga akhir hayatnya.

photo
Presiden Joko Widodo (kedua kanan), Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan), Kahiyang Ayu (kedua kiri) dan Bobby Nasution (kiri) keluar dari kediaman sebelum prosesi memasang bleketepe di atas gerbang kediamannya, di Jalan Kutai Utara, Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Jumat (9/12/2022). - (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

"Bukanlah untuk berpisah tetapi untuk tetap saling menyayangi berdampingan dalam kewajiban membina rumah tangga. Ibu bangga padamu Erina, yang selama ini banyak mengundang kebahagiaan dari mulai lahir sampai sekarang dan juga sampai akhir hayat. Mama tetap sayang padamu dan suamimu nanti sampai akhir hayat. Semoga terus menjadi keluarga yang bahagia, hidup rukun bersama saling membantu penuh dengan kasih sayang. Mama hanya berpesan jagalah shalat lima waktu dan on time terus beribadah kepada Allah SWT," katanya.

Bukan cuma Erina yang menerima pesan jelang pernikahannya. Presiden Jokowi juga memberikan wejangan kepada Kaesang saat prosesi sungkeman dan siraman di kediaman pribadinya di Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.

"Intinya kita sebagai orang tua mengharapkan dan juga mendoakan agar keluarga Mas Kaesang ke depan dapat menjadi keluarga yang sakinah mawadah warahmah," kata Jokowi, Jumat (9/12).

Jokowi mengatakan, rangkaian acara jelang pernikahan berjalan lancar. Tangis haru turut mewarnai suasana.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (jokowi)

"Alhamdulillah tadi prosesi untuk sungkeman dan prosesi untuk siraman sudah berjalan dengan baik lancar. Ibu Iriana dulu yang nangis trus Mas Kaesang ikut nangis, Mas Bobi yang nggak di-anu (siraman) saja ikut nangis," katanya.

Jokowi meminta doa atas pernikahanya putranya sekaligus memohon maaf bila acara pernikahan membuat masyarakat terganggu.

"Sekali lagi kami ingin memohon maaf dan sebesar-besarnya apabila dalam proses ini yang dimulai dengan tadi pagi sungkeman dan siraman dan nanti sampai di tasyakuran di Pura Mangkunegaran apabila ada yang terganggu kenyamanannya kami sekeluarga mohon maaf sebesar-besarnya. terutamanya kepada masyarakat Jakarta dan masyarakat kota Solo," katanya.

Hari ini, Kaesang dan Erina akan menikah di Pendopo Royal Ambarrukmo, Yogyakarta. Ketua Pelaksana Pernikahan Kaesang-Erina, Erick Thohir menjelaskan di Pendopo Royal Ambarrukmo hanya dilakukan prosesi akad nikah. Akad nikah hanya akan dihadiri sebagian besarnya oleh keluarga dan kerabat. 

photo
Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, mengacungkan jempol kepada awak media saat mengecek kesiapan resepsi pernikahannya di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Kamis (8/12/2022). - (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

"Di sini kan keluarga, 250 undangan mayoritas keluarga," ujar Erick, yang juga Menteri BUMN tersebut.  Meski begitu, ada beberapa tamu VVIP yang turut diundang. Seperti Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Berdasarkan pantauan Republika, beberapa tamu VVIP yang sudah berdatangan adalah Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, hingga Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman. Anwar terlihat datang bersama istrinya, Idayati, yang merupakan adik kandung Jokowi.

GM Royal Ambarrukmo Herman Courbois menyebut, persiapan akad nikah Kaesang-Erina sudah masuk pada tahap akhir. Jelang akad nikah, pihak hotel hanya perlu menyelesaikan dekorasi di Pendopo Royal Ambarrukmo.

"Tinggal finishing touch, dekornya karena memang bunga segar, memang kita harus menunggunya (pemasangan bunga) sampai titik terakhir, nanti sore sama nanti malam (dipasang). Besok pagi dibersihkan dan kita siap," ujar Herman, kemarin sore.

Picu Kontroversi, Ronaldo Dibela

Belum diketahui alasan Ronaldo tidak bergabung dengan pemain cadangan.

SELENGKAPNYA

Luis Enrique Bakal Tinggalkan Tim Matador

Spanyol tidak tampil menjanjikan saat Piala Dunia 2022 Qatar berlangsung.

SELENGKAPNYA

Ombudsman: Impor Beras Harus Sesuai Aturan

Pemerintah perlu memperhatikan penetapan waktu impor agar tak merugikan petani.  

SELENGKAPNYA